//
Anda membaca...
Hiburan

Lagu Loca Shakira Dianggap Menjiplak Karya Rapper Dominika

Lirik Lagu Shakira feat El Cata, Versi Spanyol

Lagu “Loca” yang dinyanyikan bintang pop Kolombia, Shakira dianggap menjiplak karya rapper Dominika Ramon Arias Vazquez dalam versi bahasa Spanyol dimana Shakira berduet dengan Edward Edwin Bello Pou atau lebih dikenal dengan El Cata yang dirilis pada 2010. Sementara itu, dalam versi Bahasa Inggris (ft Dizzee Rascal) justru bersih dari dugaan. Hal ini dinyatakan seorang hakim federal di New York menemukan salah satu lagu yang dipopulerkan oleh istri pesepakbola Spanyol, Gerard Pique ini melanggar hak cipta. Tapi lagu Loca versi bahasa Inggris “tidak menjadi bukti” di pengadilan.

Lagu Shakira telah terjual jutaan kopi sejak dirilis 2010 dan mencapai puncak tangga lagu di Amerika Latin. Dalam putusan pada hari Selasa, Hakim Hellerstein mengatakan lagu Shakira ini menjiplak lagu yang dinyanyikan pada tahun 2007 oleh rapper Dominika Eduard Edwin Bello Pou atau yang lebih dikenal sebagai El Cata, hakim juga mengatakan lagu ini telah dijiplak rekan senegaranya itu.

Dalam putusannya hakim menulis bahwa “tidak perlu lagi diperdebatkan bahwa lagu yang dinyanyikan Shakira adalah berdasarkan lagu Bello.” “Lagu Bello menjiplak Arias, jadi siapa pun yang menulis lagu Shakira ini secara tidak langsung telah menjiplak lagu Arias,” pungkasnya. Ramon Arias Vazquez menulis lagu Loca con su Tiguere pada 1990-an, namun Bello membantah telah menjiplaknya.

Sejauh ini belum ada tuntutan ganti rugi dari Mayimba Music yang memegang hak cipta Arias. Lagu Shakira didistribusikan oleh Sony di Spanyol dan Inggris, namun gugatan hak cipta ini lebih diutamakan pada lagu yang berbahasa Spanyol. Hellerstein menolak tuduhan, bahwa versi bahasa Inggris lagu Shakira dilanggar karena kurangnya barang bukti.

Keputusannya kemenangan berada ditangan penggugat, Mayimba Musik yang memegang hak kerja Arias dan menggugat Sony Corp of America dan beberapa unit Sony lainnya pada 2012. Hakim berpendapat, hanya dua dari mereka yang bertanggung jawab, yakni Sony/ATV Latin dan Sony/ ATV Discos atas penyebaran lagu Shakira.

Sony dan Mayimba menolak memberikan komentar kepada Reuters. Shakira mencapai puncak tangga lagu Billboard Latin lewat “Loca”, yang terjual lebih dari lima juta kopi di seluruh dunia dan mencapai puncak hits pada tahun 2010. Hellerstein mengatakan, lagu Shakira itu menyalin lagu rapper Dominika Eduard Edwin Bello Pou atau lebih dikenal dengan El Cata, yang juga disalin Arias dan didistribusikan oleh Sony.

Lagu Arias dan salinan berikutnya bercerita tentang cinta segitiga, dimana penyanyi yang miskin menentang saingannya yang kaya. Sedangkan dalam versi Shakira menggunakan kata “tigre” (harimau), bukan “tiguere” yang merupakan bahasa slang Dominika yang disebut Hellerstein berarti sama.

Tahap berikutnya dari kasus ini, akan menentukan kerugian Mayimba dan tuntutan perusahaan tersebut terhadap Sony, seperti yang diberitakan Reuters. Pada tanggal 13 Juli 2014, penyanyi Kolombia ini tampil pada penutupan acara Piala Dunia di Rio de Janeiro, Brasil.

Sementara lagu Loca Con Su Tiguere telah lebih dulu diciptakan oleh Arias di era 90’an. Mendengar tuduhan dirinya menjiplak lagu tersebut, El Cata membantah dengan tegas bahwa lagu tersebut merupakan hasil karyanya. Namun hingga saat ini Shakira belum memberikan tanggapan apa pun terkait kasus pelanggaran hak cipta ini. Lihat videoklip lagu Loca Shakira feat. El Cata di Youtube, di bawah ini.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: