//
Anda membaca...
Otomotif

Tentang Mercedes Benz S600L, Mobil Untuk Presiden Jokowi

Harga dan Kelebihan Mercy S600L, Mobil Presiden Jokowi

Presiden terpilih Joko Widodo, Jokowi sudah menggunakan mobil kepresidenan, Presiden terpilih Joko Widodo sudah menggunakan kendaraan kepresidenan, Mercedez Benz S600L model W221, ketika menemui beberapa relawan di Kelapa Gading dan Ancol Jakarta Utara, Sabtu 23/08/2014. Mobil tersebut merupakan produksi tahun 2008 dan peninggalan dari SBY.

Jokowi mengatakan, salah satu pertimbangan dia mulai menggunakan kendaraan kepresidenan, karena seorang presiden disarankan untuk menggunakan kendaraan anti peluru. Itu sesuai dengan prosedur keamanan. Sedangkan untuk kendaraan Kijang Innova yang biasa digunakannya belum memenuhi standar keamanan untuk seorang presiden. Sehingga, mulai hari ini ia disarankan untuk menggunakan kendaraan Mercedez Benz yang sudah memiliki standar keamanan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). (Baca: Meski Dikawal Ketat Paspampres, Jokowi Tetap Ingin Blusukan)

Mobil yang berplat RI 1 ini menggunakan lapis baja dengan tingkat resistensi Eropa B6/B7. Dengan demikian, kendaraan ini mampu menahan ledakan yang ditimbulkan dari granat tangan, maupun bahan peledak ringan lainnya. Untuk keamanan, mobil ini dilengkapi ban run-flat, tangki bahan bakar 90L dan sistem pemadam kebakaran otomatis.

Ban yang digunakan adalah Michelin PAX 245-700 R470 AC. Kemudian sistem pengaturan udara segar darurat, sistem kontrol pneumatik darurat untuk membuka jendela (beroperasi secara tersendiri dari sistem elektronik), serta Panic Alarm System tambahan.

Di dalamnya juga terpasang tiga kamera yang diletakkan di belakang. Kaca bagian depan dan jendela depan juga tahan panas. Serta sistem adjutable doorhold yang digunakan di keempat pintu, di pintu belakang yang dapat ditarik dan menutup secara otomatis, serta tirai belakang listrik. Soal kecepatan, mobil pabrikan Jerman, mobil ini mampu berlari sampai 210 kilometer/jam dengan kekuatan mesin GVW seberat 4.200 kilogram.

S600L versi Pullman Guard, Mobil Baru Presiden Jokowi?

Menurut tips.autobild.co.id, ada beberapa isu yang menyebutkan bahwa Mercedes-Benz S600L versi Pullman Guard akan digunakan oleh Presiden RI 2014-2019. Mari kita tilik lebih jauh mengenai mobil termewah lansiran Mercedes-Benz ini. “Benteng Berjalan” adalah frasa yang paling tepat untuk menggambarkan kekuatan dan mobilitas Mercedes-Benz S600 Pullman Guard. Mercy S600 Pullman Guard menyajikan 2 pilihan wheelbase, yaitu short dan long. Untuk long wheelbase, Mercy memberi komposisi kursi 2+2+2. Ada kemungkinan tipe long wheelbase inilah yang akan digunakan presiden terpilih nanti.

Sebagai benteng berjalan, tentu isi kabinnya harus menghadirkan kemewahan dan kenyamanan bagi sang petinggi negara. Jika dulu S600L masih memiliki cukup banyak bahan plastik, lain halnya dengan Pullman Guard yang didominasi bahan yang lebih mewah, yaitu kayu, kulit dan logam.

Kini demi kenyamanan penumpangnya, S600 Pullman Guard menyediakan dua layar yang dapat menampilkan navigasi dan merepresentasi secara grafis kecepatan kendaraan yang berbentuk analog. Sayangnya tidak ada perubahan dari tampilan konsol tengah S600 yang menjadi wadah bagi kontrol AC dan DVD player untuk hiburan. Sisi keamanan menjadi hal utama untuk kendaraan kepresidenan. Sistem keamanan pada S 600 Pullman ini bukan tambahan atau dibuat setelah mobil meninggalkan pabrik. Tapi telah dirancang sejak awal sebagai standar.

Secara umum mobil ini memiliki kemampuan untuk pertahanan dari serangan militer dengan sertifikasi tertinggi yang ada saat ini yakni VR6/VR7. Tak hanya itu jika ada serangan dari darat berupa ranjau atau api, mobil ini mampu memadamkan api di kolong mobil dengan otomatis.

Fitur keamanan tambahan lainnya ialah masih berfungsinya ban meski dalam keadaan tanpa tekanan sama sekali karena desain pelek dan ban yang terintegrasi. Lalu untuk menghindari tangki bahan bakar dari ledakan, sistem tangki dibalut material khusus yang dapat menutup lubang dengan otomatis agar bbm tetap terjaga dari ledakan dan mobil tetap dapat melaju.

Uniknya mobil ini memiliki teknologi Pre-safe yang berguna di saat terjadi accident dengan menutup semua jendela dan sunroof ketika terjadi serangan. Pre-tensioner seat belt pun disematkan agar dapat menyesuaikan ketinggian secara otomatis pada semua bangku.

Dengan bodi cukup besar, mobil ini menggunakan unit V12 berkapasitas 5.513 cc turbo yang menghasilkan tenaga 517 dk dan torsi 830 Nm. Namun diperkirakan kecepatan maksimum tak terlalu tinggi, hal ini di karenakan adanya penambahan bobot. Dikabarkan Mercedez Benz S600L model W221 memiliki harga sekitar 920.000 Euro. Menurut anda, apakah mobil lapis baja ini sudah cocok untuk Presiden Jokowi?

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: