//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Ruhut: Tak Ada Tanda Tangan Demokrat di Koalisi Merah Putih

Foto Ruhut Sitompul dan Istrinya, Diana Lovita

Politisi Partai Demokrat, Ruhut Sitompul mengatakan partainya tidak berada di dalam Koalisi Merah Putih karena tidak ada tanda tangan partai tersebut di dalam perjanjian koalisi yang disebut sebagai permanen tersebut. “Coba tafsirkan jika kami memihak koalisi permanen (merah putih). Tanda tangan saja tidak. Kalau enggak tanda tangan, otomatis enggak ikut koalisi itu,” ujar Ruhut usai menghadiri acara relawan yang bertajuk “Doa Jokowi Untuk Negeri” di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Minggu (24/8/2014) malam, seperti yang dirilis tribunnews.com

Terkait keberadaan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat DKI Jakarta Nachrowi Ramli dalam acara deklarasi Koalisi Merah Putih beberapa waktu lalu, Ruhut menyebut hal tersebut atas nama pribadi. “Syarif Hasan (Ketua Harian Demokrat) bilang itu Nachrowi datang atas nama pribadi,” ujar Ruhut.

Ruhut meminta kepada semua pihak untuk mendukung pemerintahan yang baru. Masyarakat harus tetap memberikan kontribusi dalam pemerintahan Jokowi-JK. “Semua kebijakan Jokowi-JK yang sesuai kehendak rakyat kita dukung, Atau kementerian yang kerjanya tidak sesuai silahkan dikritisi,” ucap Ruhut. (Baca: Dianggap Lebih Setia, Jokowi Disarankan Pilih Demokrat Daripada Golkar)

Ia mengatakan, hingga saat ini Demokrat tetap pada posisi netral. Menurutnya, jika ada kader yang menyatakan Demokrat menjadi oposisi pada pemerintahan baru nanti, itu merupakan pernyataan yang tidak benar. “Kalau ada yang bilang Demokrat itu berada di oposisi, itu tidak ada,” ujar Ruhut.

Ruhut: Ingin Gabung Jokowi-JK, Demokrat Tunggu Arahan SBY

Jokowi menyebut ada peluang Demokrat masuk koalisi. Namun, hingga kini belum ada kepastian partai berlambang bintang mata tiga itu merapat ke kubu Jokowi-JK. “Kita tunggu Ketua Umum kita Susilo Bambang Yudhoyono,” kata juru bicara Demokrat Ruhut Sitompul di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Minggu (24/8/2014) malam.

Ruhut mengatakan hingga kini posisi partainya masih netral. Ia pun meminta semua pihak tidak melihat Demokrat condong ke koalisi permanen. “Semua tahu partai kita netral. Kawan-kawan enggak usah lagi ngomong akan ke koalisi permanen,” katanya. Ruhut meminta kader Demokrat untuk bijak dimana partainya tidak mengenal istilah oposisi. Saat ini, sikap Demokrat masih menjadi penyeimbang pemerintahan.

“Kalau memang ada pememrintah yang beliau pimpin tidak sesuai silakan dikritisi. Saya rasa semua kebijakan Jokowi-JK kehendak rakyat kita harus mendukung. Tidak ada Demokrat oposisi,” imbuhnya. Ruhut kembali menegaskan Demokrat tidak masuk dalam koalisi permanen yang diisi partai-partai pendukung Prabowo-Hatta.

“Kok masih ada seolah-olah, tafsirkan dong ke koalisi permanen, tanda tangan saja tidak. SBY itu cair. Selama kepentingan rakyat, beliau mendukung. Dengan tidak tanda tangan, kan sudah menandakan kita tidak gabung,” ungkap Anggota Komisi III DPR itu.

Suaedy: Arah Demokrat Merapat ke Jokowi

Sekretaris Komisi Pengawas Partai Demokrat Suaedy Marasabesy membenarkan bahwa Partai Demokrat akan merapat ke kubu pasangan presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo-Jusuf Kalla. “Memang kelihatannya arahnya ke sana,” ujar Suaedy ketika dihubungi Tempo, Ahad, 24 Agustus 2014.
Menurut Suaedy, saat ini dirinya hanya memantau pergerakan Partai Demokrat dari luar karena sedang fokus dalam tim relawan Jokowi. “Menurut saya, saat ini tinggal bagaimana mempertemukan aspirasi itu,” ujar dia.

Suaedy sendiri berharap partai berlambang Mercy tersebut bergabung dalam pemerintahan mendatang. Sebab, banyak program dan kebijakan pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono yang dapat dilanjutkan oleh Joko Widodo-Jusuf Kalla. “Untuk saling membantu,” kata dia menambahkan.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: