//
Anda membaca...
Olahraga

Bantai Kuwait SC 6-1, Persipura Lolos Semifinal AFC Cup

Foto Pertandingan Persipura Vs Kuwait SC, Leg 2 AFC Cup

Persipura akhirnya mencetak sejarah dengan lolos ke babak final Piala AFC setelah membantai juara bertahan, Kuwait SC dengan skor 6-1 pada pertandingan leg kedua perempat final Piala AFC 2014 di Stadion Mandala, Jayapura, Selasa (26/8/2014). Hasil ini membanggakan karena Persipura mencetak sejarah sebagai tim pertama Indonesia yang lolos ke semifinal Piala AFC 2014. Mutiara Hitam meraih tiket semifinal dengan keunggulan agregat 8-4.

Kemenangan Mutiara Hitam berkat gol cepat Robertino Pugliara saat laga berjalan dua menit. Gol bermula dari sepak pojok Boaz Solossa yang berhasil dimanfaatkan Bio Paulin. Bio kemudian mengirimkan bola kepada Robertino yang disambut pemain asal Argentina tersebut dengan tendangan salto.

Setelah itu, Persipura mendapatkan tekanan dari kubu lawan. Beruntung, kiper Yoo Jae-Hoo tampil cemerlang dengan menepis sejumlah tembakan Kuwait SC. Sayang, Mutiara Hitam harus kehilangan bek terbaiknya, Bio Paulin, pada menit ke-17. Ia harus ditarik keluar karena mengalami cedera. Sebagai gantinya Bio, pelatih Persipura Jayapura, memasukkan Dominggus Fakdawer.

Di balik tekanan lawan, Persipura menyelipkan sejumlah ancaman. Pada menit ke-25, Gerald Pangkali berhasil melepaskan tembakan dari umpan yang dikirimkan Ruben Sanadi. Apes, tembakan Gerald masih melambung. Persipura coba berusaha mengendalikan permainan jelang turun minum. Boaz yang berdiri di dalam kotak penalti sempat memberikan umpan matang kepada Titus Bonai pada menit ke-35. Sayang, peluang tersebut gagal dimanfaatkan Tibo karena bola berhasil dibuang pemain lawan.

Namun, Boaz tak membuang peluang pada menit ke-42. Ia berhasil menciptakan gol indah dengan melepaskan tembakan dari jarak jauh saat melihat kiper lawan maju meninggalkan sarangnya. Robertino kembali mencatatkan namanya melalui gol pada masa injury time. Gol berawal dari kejelian Tibo mengirimkan umpan matang kepada Robertino di dalam kotak penalti lawan.

Robertino kemudian melepaskan tembakan mendatar yang tak mampu dibendung kiper Kuwait SC. Gol ini sekaligus memateraikan keunggulan Persipura dengan skor 3-0 pada babak pertama. Persipura mampu unggul 4-0 berkat gol Tibo pada menit ke-51. Gol berawal dari tembakan Boaz yang mampu ditepis lawan. Tibo kemudian menyambut bola rebound tersebut dengan sepakan keras yang berujung gol.

Namun, Persipura kebobolan oleh gol tandukan Khaled Al Kandari pada menit ke-65. Dua menit berselang, Persipura mencetak gol balasan melalui aksi Robertino, sekaligus memastikan hattricknya. Ia dengan skill individu luar biasa berhasil mengecoh tiga pemain lawan, sebelum mencetak gol. Gol ini membuat Persipura unggul 5-1.

Persipura semakin di atas angin setelah Kuwait SC bermain dengan 10 pemain. Reshidi diganjar kartu kuning kedua usai menendang kiper Yoo Jae-Hoo. Persipura baru bisa mencetak gol tambahan melalui aksi individu Ferinando Pahabol. Ia berhasil melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti lawan dan kemudian melepaskan tembakan yang tak mampu dibendung kiper lawan. Gol ini sekaligus memutup pesta gol Persipura.

Hingga pertandingan selesai tak ada gol tambahan. Persipura menang telah dengan skor akhir 6-1. Kesuksesan Persipura melaju ke babak semifinal Piala AFC ini menjadi yang pertama bagi klub asal Indonesia di sepanjang sejarah keikutsertaan di ajang itu. Persipura pernah lolos ke babak delapan besar pada tahun 2011, Arema Cronus melaju ke perempatfinal pada 2012. Sementara tahun lalu, giliran Semen Padang yang lolos ke babak delapan besar.

Kuwait SC sendiri memegang predikat sebagai tim tersukses di ajang Piala AFC. Mereka pengoleksi piala terbanyak di ajang ini dengan raihan tiga trofi. Di babak semifinal, Persipura masih menunggu pemenang laga antara klub asal Bahrain, Al Hidd, melawan klub asal Kuwait lainnya, Al Qadsia. Keduanya mempunyai kans sama besar ke semifinal sebab bermain imbang 1-1 di leg I.

Susunan Pemain:

Persipura: Yoo Jae hoon, Bio, Anis Tjoe, Ruben, Tinus Pae, Gerald, Imanuel Wanggai, Lim Jun Sik, Robertino, Tibo, Boaz

Kuwait SC: Al Kandari, Shaheen, L Jesus, Alenezi, Hammami, Jumah, Reza, R Bastos, Al Shammari, Al Sanea, Al Rashidi

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: