Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa, Kesehatan

Sakit Kanker Paru-Paru, Ketua Umum Gerindra Suhardi Koma di RSPP

Foto Kondisi Ketum Gerindra Prof Suhardi Kritis di ICU RSPP

Akibat penyakit kanker paru-paru, Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra Suhardi sedang dalam kondisi kritis di Ruangan ICU, Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta. “Saat ini Pak Suhardi koma. Masih menungu perkembangannya,” ujar Wakil Ketua Umum DPP Gerindra Fadli Zon saat dihubungi wartawan, Selasa (26/8/2014).

Ketua DPD Gerindra M Taufik mengatakan, saat ini kondisi Suhardi terbaring kritis di RSPP. Suhardi dilarikan ke RSPP siang tadi. “Betul, Pak Suhardi sedang kritis di RSPP. Masuknya siang tadi,” kata Taufik saat dikonfirmasi terpisah. Suhardi telah menjalani opname di dua RS selama sekitar 3 pekan. Kondisi Suhardi sempat membaik, tapi kondisinya kembali memburuk. “Ada masalah paru-paru, ada lendir dalam paru-paru,” tutur Fadli.

Kuasa Hukum Tim Prabowo-Hatta, Habiburokhman mengatakan, sebelumnya Suhardi sudah sempat dirawat di RSPP beberapa pekan lalu. Namun siang tadi sekitar pukul 13.00 WIB, Suhardi kembali dilarikan ke RSPP karena kondisi kesehatannya menurun. “Sebelumnya beliau sudah sembuh, sudah pulang ke rumah. Lumayan sudah pulih. Terus drop lagi. Terus jam 13.00 WIB dilarikan ke sini. Sampai di sini langsung menggunakan alat bantu, nggak bisa komunikasi. Sulit untuk berbicara,” ujar Habiburokhman di RSPP, Jakarta Selatan, Selasa (26/8/2014).

Tidak Merokok dan Kanker Paru-Paru Stadium 4

Habiburokhman mengatakan, sakit kanker paru-paru yang diderita Suhardi sudah masuk ke tahap stadium empat. Pengacara ini mengaku heran, karena diketahui Suhardi menjalani pola hidup yang sehat.

“Beliau sakit kanker paru-paru. Saya bingung, beliau tidak merokok. Makan dan minumnya sehat. Tapi benar mungkin orang bilang, kanker genetik lebih cepat timbulnya dari merokok. Bulan Maret kemarin beliau sudah batuk-batuk, sampai ngecek ke rumah sakit. Belakangan ketemu ternyata sudah stadium empat kankernya,” jelas Habiburokhman.

Sebelumnya, sore tadi Ketua Dewan Pembina Gerindra telah menjenguk Suhardi di RSPP. Prabowo berharap ada mukjizat untuk kesembuhan Suhardi. “Habis magrib tadi kader Gerindra dan Pak Prabowo datang ke sini. Keadaan Pak Suhardi cukup kritis. Medis bilang sangat sulit untuk bisa bertahan, tapi 08 (Prabowo-red) berharap ada mukjizat dan ada proses pemulihan,” ujar Habiburokhman.

Akbar Tandjung: Pihak Medis Sudah Maksimal

Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar, Akbar Tandjung, menjadi salah satu yang ikut membesuk Ketum Gerindra, Suhardi, yang saat ini tengah koma di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP). Menurut Akbar, penanganan tim medis di rumah sakit tersebut terhadap Suhardi telah dilakukan secara maksimal. “Medis sudah maksimal, secara medis sudah sangat susah juga,” kata Akbar kepada wartawan di RSPP, Jakarta Selatan, Selasa (26/8/2014).

Menurut Akbar, dokter sempat mengatakan bahwa kondisi kesehatan Suhardi telah menurun sejak bulan Juli yang lalu. “Dokter bilang mulai bulan Juli sudah kelihatan, dropnya juga cepat. Juli sakit langsung drop,” kata Akbar.

Ketika membesuk di RSPP, Akbar juga sempat bertemu dengan istri dan ketiga anak Suhardi. Kondisi Suhardi yang sudah sedemikian kritis menyebabkan pembesuk tak dapat lagi berkomunikasi dengannya. “Hanya bertemu dengan keluarga saja, tadi saya komunikasi di dalam. Beliau sudah tidak bisa komunikasi. Di situ ada istrinya, dua putranya dan 1 putrinya mendampingi,” jelas Akbar.

Amien Rais dan Tokoh Gerindra Jenguk Suhardi

Pantauan detikcom, Selasa (26/8/2014), puluhan kader Gerindra dengan menggunakan kemeja warna putih lengan pendek tampak silih berganti memasuki gedung IGD RSPP. Adapun halaman depan gedung IGD RSPP juga dipenuhi kader Gerindra.

Setelah pukul 21.30 WIB, tampak beberapa tokoh, kerabat dan kader Gerindra datang ke RSPP. Beberapa tokoh yang telah silih berganti menjenguk Suhardi yakni Ketua Dewan Penasehat Partai Golkar Akbar Tandjung, Waketum Partai Gerindra Fadli Zon, Mantan Panglima TNI Djoko Santoso, Ketua Majelis Pertimbangan PAN Amien Rais, sekjen Gerindra Ahmad Muzani dan politikus Gerindra Ario Djojohadikusumo.

Diketahui Suhardi dilarikan ke RSPP tadi siang pukul 13.00 WIB. Sampai di RSPP, Suhardi langsung menggunakan alat bantu pernafasan dan tidak dapat berkomunikasi. Hingga saat ini, informasi terakhir kondisi Suhardi masih koma. Adapun keluarga yakni istri beserta 3 anak Suhardi kini telah berada di ICU RSPP.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: