//
Anda membaca...
Olahraga

Kalahkan Besiktas 1-0, Arsenal Lolos ke Fase Grup Liga Champions

Foto Alexis Sanchez Cetak Gol ke Gawang Besiktas

Arsenal akhirnya lolos ke Fase Grup Liga Champions setelah menang tipis 1-0 (agregat 1-0) atas Besiktas (Turki) pada leg kedua kualifikasi Liga Champions, di Emirates Stadium, London, Rabu (27/8/2014) yang dipimpin oleh wasit Pedro Proenca (Portugal). Meski main dengan 10 pemain di babak kedua, gol tunggal Alexis Sanchez cukup mempertahankan keunggulan The Gunners.

Alexis yang kembali ditempatkan sebagai penyerang utama mencetak gol semata wayang beberapa detik sebelum turun minum. Sanchez menaklukkan kiper Tolga Zengan dengan tendangan kaki kiri dari tengah kotak penalti, memanfaatkan umpan hasil kerja sama Jack Wilshere dan Mesut Oezil. Itu adalah gol perdana Sanchez sejak direkrut Arsenal dari Barcelona, pada Juli 2014.

Dengan begitu, Arsenal memperpanjang rekor selalu memenangi babak play-off Liga Champions, menjadi tujuh kali. Arsenal juga memperpanjang rekor selalu tampil di Liga Champions dalam 17 tahun terakhir. Arsenal mendominasi pertandingan dan tampil efektif. Mereka menekan dari berbagai sisi lapangan dan mampu menyelesaikan banyak serangan dengan tembakan terukur, baik dari dalam maupun luar kotak penalti. Namun, Zengin mampu menutupi kelengahan rekan-rekannya.

Jalannya Pertandingan

Arsenal langsung menekan sejak menit awal pertandingan ini demi mendapat gol yang memuluskan jalan ke babak grup. Di menit 8 peluang pertama hadir untuk Arsenal ketika Jack Wilshere merebut bola liar yang lepas dari kaki Alexis Sanchez. Wilshere kemudian masuk ke kotak penalti dan melepaskan sepakan kaki kiri, namun bola masih menyamping.

Setelah itu Arsenal masih mendominasi jalannya laga namun mereka kesulitan menembus pertahanan Besiktas. Gol yang ditunggu publik Emirates Stadium akhirnya muncul di masa injury time babak pertama dan Sanchez menciptakan gol perdananya dalam seragam Arsenal. Bola sapuan yang kurang sempurna jatuh di kaki Wilshere yang melakukan umpan satu dua di depan kotak penalti. Bola kemudian mengarah ke Sanchez yang dengan sekali sepak mengarahkannya ke dalam gawang Besiktas. Lihat video Vine di bawah ini.

Masuk di babak kedua, Arsenal kian bernafsu bikin gol untuk memastikan Besiktas tak mampu mengejar keunggulan mereka. Di menit 49 Santi Cazorla melepaskan sepakan ke arah gawang, namun arahnya melebar dari sasaran dan Sanchez yang hendak menggapai bola liar itu telat sepersekian detik untuk mencocornya ke dalam gawang.

Dua menit kemudian lini pertahanan Besiktas dengan mudahnya ditembus oleh Alex Wilshere yang melakukan tik-tak dengan Sanchez. Namun sepakan jarak dekat Sanchez bisa ditepis oleh Tolga Zengin. Sejam laga berjalan Arsenal dapat peluang lagi. Free kick Oezil dari sisi kanan mengarah ke tiang jauh yang disambut tandukan Mathieu Debuchy tapi bola masih menyasar sisi gawang.

Besiktas mendapat peluang terbaiknya di menit 63 ketika Demba Ba mendapat ruang tembak di kotak penalti. Sayang bola hasil sepakannya malah mengenai bagian luar kanan gawang Wojciech Szczesny. Di menit 74 Arsenal lagi-lagi buang peluang ketika Alex Oxlade-Chamberlain mendapat bola sodoran Cazorla, namun sepakan jarak dekatnya tepat mengarah ke Zengin.

Semenit sesudahnya Arsenal kehilangan Debuchy yang diusir keluar usai menerima kartu kuning kedua. Semenit jelang waktu normal habis Ba sekali lagi punya kesempatan bikin gol namun tembakan pemain Besiktas itu menyamping. Skor 1-0 bertahan hingga laga usai dan Arsenal berhak lolos ke fase grup Liga Champions untuk 17 musim beruntun.

Susunan Pemain

Arsenal: 1-Wojciech Szczesny; 2-Mathieu Debuchy, 4-Per Mertesacker, 6-Laurent Koscielny, 18-Nacho Monreal; 10-Jack Wilshere, 11-Mesut Oezil (21-Calum Chambers 76), 15-Alex Oxlade-Chamberlain, 19-Santi Cazorla, 20-Mathieu Flamini; 17-Alexis Sanchez
Pelatih: Arsene Wenger

Besiktas: 29-Tolga Zengin; 3-Ismail Koybasi, 19-Pedro Franco, 22-Adem Gulum, 31-Motta Ramon; 8-Veli Kavlak (20-Necip Uysal 76), 13-Atiba Hutchinson, 15-Oguzhan Ozyakup; 9-Demba Ba, 10-Olcay Sahan (7-Gokhan Tore 63), 11-Mustafa Pektemek (23-Cenk Tosun 87)
Pelatih: Slaven Bilic

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: