//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Kronologi Kapal KM Paus Terbakar dan Meledak Di Kepulauan Seribu

Foto Korban Akibat Meledak Kapal Paus di Kepulauan Seribu

Sebuah Kapal bernama KM Paus milik Dinas Perhubungan DKI Jakarta terbakar dan meledak di di perairan Pulau Sekati Busung, Kepulauan Seribu, Jakarta. Akibat musibah itu 36 orang mengalami luka bakar. “Terjadi kebakaran kapal penumpang “Paus” milik Dishub. Korban Luka bakar 36 orang telah dievakuasi ke RSUD Pulau seribu,” kata Kasi SDK & Yankes Sudinkes. P.Seribu, Agus dalam keterangannya, Rabu (28/8/2014).

Kapal itu terbakar sekitar pukul 11.30 WIB. Menurut Agus, dari total seluruh korban, ada 4 orang yang mengalami luka bakar serius. “Korban luka bakar serius sedang diproses untuk rujukan ke RS di Jakarta menggunakan kapal ambulans,” jelas Agus yang disampaikan melalui BPBD DKI.

Polisi menyatakan sedikitnya ada 10 orang korban luka bakar akibat ledakan kapal tersebut. “Kapal meledak di bagian tengah sehingga menimbulkan korban kurang lebih 10 orang luka bakar. Saat ini dirawat di RS Pramuka,” kata Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Johanson Ronald Simamora kepada wartawan, Rabu (27/8/2014).

Johanson mengatakan, lokasi ledakan kapal ini berada sekitar 10 mil dari Pulau Pramuka atau ada di sekitar Pulau Busung. Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. “Kapal berangkat dari Dermaga Kali Adem sekitar pukul 08.30 WIB menuju Pulau Pari, Pulau Lancang, Pulau Pramuka dan Pulau Kelapa,” katanya.

Sementara itu, Kasi SDK & Yankes Sudinkes Pulau Seribu, Agus, menyatakan ada 36 orang yang terluka dan dievakuasi ke RSUD Pulau Seribu. Dari total seluruh korban, ada 4 orang yang mengalami luka bakar serius. “Korban luka bakar serius sedang diproses untuk rujukan ke RS di Jakarta menggunakan kapal ambulans,” jelas Agus yang disampaikan melalui BPBD DKI. Palang Merah Indonesia (PMI) pun segera ikut turun tangan memberi pertolongan. 5 Ambulans dikirim ke Muara Angke, Jakarta Utara.

Kronologi Meledaknya Kapal Paus

Korban kecelakaan kapal ini masih mendapatkan perawatan di RSUD Pulau Seribu. Polisi menyebut 10 orang mengalami luka bakar akibat kejadian ini, sedangkan BPBD menyatakan ada 36 orang yang mengalami luka bakar. Berikut ini adalah kronologi kecelakaan kapal tersebut versi kepolisian:

Pukul 08.30 WIB

Kapal Dishub dengan nama Paus ini berangkat dari Dermaga Kaliadem pukul 08.30 WIB. Kapal ini berangkat menuju Pulau Pari, Pulau Lancang, Pulau Pramuka dan Pulau Kelapa. Jumlah awal penumpang ada 62 orang dan ABK ada 11 orang sehingga total 73 orang di dalam kapal tersebut. Kemudian ada penumpang yang turun di Pulau Lancang sebanyak 14 orang dan ada yang naik sebanyak 3 orang di pulau tersebut. Kapal ini kemudian bergerak menuju Pulau Pramuka dan Pulau Kelapa.

Pukul 10.00 WIB

Ketika kapal Paus berada Pulau Busung menuju Pulau Pramuka tiba-tiba kapal ini meledak di bagian tengah. Hal ini membuat sedikitnya 10 orang mengalami luka bakar. Saat ini ini korban dirawat di RS Pramuka. Lokasi persis kecelakaan kapal ini terletak sekitar 10 mil dari Pulau Pramuka di sekitar Pulau Busung.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: