//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Ada Pertemuan Jokowi dan Hatta Rajasa di Rumah Surya Paloh

Foto Hatta Rajasa Berkunjung ke Rumah Surya Paloh

Ada apa gerangan maksud pertemuan Jokowi, presiden terpilih dengan Hatta Rajasa di rumah Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh? Apakah PAN akan bergabung dengan koalisi Jokowi yang pada Pilpres 2014 kemarin menjadi rivalnya? Pertemuan tertutup itu berlangsung di Jalan Permata Berlian, R 20, Permata Hijau, Jakarta Selatan, Senin (1/9/2014) malam, yang mulai ramai dengan mobil pengawalan Paspampres.

Jokowi, yang terlihat mengenakan kemeja berwarna putih, pergi meninggalkan rumah dinasnya di Jalan Taman Suropati, Jakarta Pusat, sekitar pukul 19.20 WIB. Ia didampingi Deputi Tim Transisi Hasto Kristiyanto yang mengenakan batik berwarna gelap. Keduanya pergi dengan satu mobil yang sama, Mercy berwarna hitam dengan nomor polisi B 1190 RFS. Mobil tersebut kini terparkir di halaman rumah Surya Paloh.

Agenda pertemuan ini sempat ditutup-tutupi oleh Pasukan Pengamanan Presiden. Para pewarta dilarang mengikuti iring-iringan mobil presiden ketujuh Republik Indonesia tersebut. Mengenai Hatta, belum diperoleh konfirmasi terkait kehadirannya malam ini, sebelum Tim Transisi menemui Wakil Presiden Boediono, Selasa (2/9/2014) besok.

Saat hendak dikonfirmasi terkait pertemuan ini, Hasto tak menjawab sambungan telepon. Kehadiran Hatta diketahui tanpa sengaja. Sekitar pukul 20.30 WIB, mantan Menko Perekonomian itu sempat keluar dan berdiri di halaman rumah Surya Paloh. Ia hanya keluar sekilas di teras rumah namun langsung berjalan masuk saat melihat wartawan. Hatta nampak mengenakan baju berwarna gelap.

Namun, Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional itu langsung kembali ke dalam saat mengetahui banyak pewarta yang menunggu di luar rumah. Kehadiran Hatta sempat terekam kamera salah satu media televisi swasta.

Sekretaris Jenderal DPP Partai Nasdem Patrice Rio Capella membenarkan adanya pertemuan tersebut. Rio mengatakan, pertemuan itu untuk menyamakan persepsi antara keduanya. Jokowi meninggalkan rumah Paloh pada pukul 21.50 WIB. Ia hanya berkomentar singkat kepada wartawan. “Besok, besok, besok,” ujar Jokowi dari dalam mobil.

Surya Paloh pun tak berkomentar usai mengantar Jokowi. Ia hanya melambaikan tangan ke wartawan dan berjalan masuk ke rumahnya. Secara terpisah, salah satu menyatakan pertemuan itu hanya dihadiri oleh Jokowi, Hasto dan Surya Paloh. Ia mengaku tak mendapatkn informasi tentang keberadaan Hatta Rajasa dalam pertemuan itu.

“Pertemuannya hanya pak Surya Paloh, presiden terpilih dan pak Hasto. Pak Hatta saya tidak dapat informasi tentang itu,” ujar Ketua Media Center NasDem, Charles Meikiansyah.

Jokowi: Penjajakan dengan Demokrat, PPP dan PAN Alot

Presiden terpilih Jokowi mengungkapkan pembicaraan dengan partai koalisi Prabowo-Hatta untuk mengalihkan dukungan kepada dirinya berjalan cukup alot. Meski begitu, komunikasi kepada 3 partai yaitu Demokrat, PPP dan PAN yang santer akan merapat ke kubu Jokowi, masih terus berjalan.

“Terus. Tapi kan belum selesai. Ketemunya gampang, tapi kan dalam pertemuan ada alotnya. Nanti makin alot kalau saya sebutkan,” ujar pria bernama lengkap Joko Widodo itu di Balai Kota, Jakarta, Senin (1/9/2014).

Penjajakan koalisi yang hingga kini ini masih berjalan, lanjut Jokowi, adalah dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Meski PPP menegaskan dukungannya untuk tetap di koalisi Merah Putih, Jokowi menyebutkan PPP sampai kini masih melakukan proses pembicaraan bergabung dalam barisan pendukungnya. “Ya ini kan semuanya masih proses. Kalau sudah rampung baru saya sampaikan,” ucap Jokowi.

Terkait kehadiran elite PPP Suharso Monoarfa dalam Muktamar PKB, Jokowi mengaku enggan menjawab apakah kedatangan Suharso itu menandakan PPP akan merapat dalam barisan koalisinya. “Tanyakan (Pak Suharso). Kemarin saya langsung pulang. Datang ke PKB, berikan materi, langsung pulang,” pungkas Jokowi.

Diskusi

Satu respons untuk “Ada Pertemuan Jokowi dan Hatta Rajasa di Rumah Surya Paloh

  1. apa yang terjadi kita lihat saja nanti. Tapi memang kalau berita ini benar, tentu ada apa-apanya.

    Posted by ghobro | September 1, 2014, 8:58 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: