//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Jokowi Akan Rombak Kemendikbud, Kementan dan Kelautan?

Foto Pertemuan Jokowi dengan Forum Pemred di Jakarta

Presiden terpilih Jokowi dikabarkan akan merombak beberapa kementerian seperti Kemendikbud, Kementerian Pertanian (Kementan), dan Kelautan dimana jumlah kementeriannya bersama Jusuf Kalla tetap seperti saat ini (pemerintahan SBY), yakni 34 kementerian.

Pertemuan Jokowi dan Tim Transisi selama satu jam di Kantor Transisi, Jalan Situbondo 10, Menteng, Jakarta Pusat, menghasilkan keputusan untuk mempertahankan jumlah kementerian yang ada saat ini. Beberapa kementerian akan dipertahankan namun tak sedikit yang akan di lebur. Ini merupakan kali pertama Jokowi membahas postur kabinet setelah Tim Transisi menyerahkan lima opsi kabinet.

Deputi Tim Transisi bidang Arsitektur Kabinet, Andi Widjajanto menyatakan ada 19 kementerian yang akan dipertahankan oleh Jokowi. 3 Di antaranya yang memang wajib ada berdasarkan UU yakni Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Pertahanan.

Selain itu Andi menyebut Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Agama dan Kementerian Keuangan yang juga akan dipertahankan oleh Jokowi JK. Andi mengatakan, jika pemerintah ingin mengubah ketiga kementerian itu harus mendapat persetujuan dari DPR. Dari 34 kementerian yang rencananya akan dibentuk, beberapa kementerian ada yang digabung dan dipisah. Andi menyebut adanya penggabungan Kementerian Pertanian, Kelautan dan Dirjen Perkebunan menjadi Kementerian Kedaulatan Pangan.

Kemendikbud adalah salah satu kementerian yang akan dirombak oleh Jokowi menjadi 2 bagian yakni pendidikan dasar dan menengah dan pendidikan tinggi dan riset. “Pendidikan tinggi, riset dan teknologi, kalau dalam logika UU Kementerian negara, dia turunan ristek dan pengetahuan, pendidikan dasar dan menengah,” ujar Andi usai rapat dengan Jokowi, Selasa (2/9/2014) malam.

Jokowi juga membahas opsi pembuatan Kementerian Maritim dari Kementerian Kelautan dan Kementerian Sarana dan Prasarana, yakni gabungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Transportasi. Perubahan struktur kabinet ini menurut Andi tidak akan menimbulkan anggaran baru. Anggarannya akan menggunakan anggaran badan sebelumnya.

Pembahasan struktur kabinet ini akan terus berlanjut antara Tim Transisi dan Jokowi hingga seluruh formula kabinet pemerintahan selesai dibentuk. Penetapan 34 kementerian ini juga menutup perbedaan pendapat antara Jokowi dan JK tentang jumlah kementerian ideal nantinya. Setelah pembahasan kementerian selesai, barulah Jokowi-JK menetapkan siapa saja yang duduk di kursi menterinya.

Jokowi: Menteri Pertanian Mesti Orang Lapangan

Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) membayangkan menteri pertanian di kabinetnya ialah orang lapangan. Sang menteri, kata Jokowi, harus mengerti manajemen pertanian. “Kalau yang bikin kebijakan banyak. Jangan sampai dia bisa bikin kebijakan tapi pelaksanaannya kedodoran,” ucap Jokowi saat bertemu Forum Pemimpin Redaksi (Pemred) di Restoran Kunskring, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (2/9/2014).

Jokowi akan memberi target menteri pertanian untuk mencapai swasemada beras, gula, dan kedelai. Target itu mesti dicapai dalam tiga tahun. “Langkah-langkahnya sudah kita siapkan,” pungkasnya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: