//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Lagi, Video ISIS Penggal Wartawan AS Kedua, Steven Sotloff

Foto Jurnalis AS Steven Sotloff Dieksekusi oleh ISIS

ISIS kembali merilis sebuah video eksekusi mati atau pemenggalan kepala seorang wartawan AS (Amerika Serikat), Steven Sotloff. Video bertajuk `Pesan Kedua untuk Amerika Serikat` itu memperlihatkan Sotloff dipenggal oleh seorang pria bertopeng yang diduga bernama John. Situs pelacak aktivistas kelompok teroris, SITE melaporkan, video pemenggalan ini diunggah ke internet hampir dua minggu setelah pemenggalan James Foley.

Sotloff membacakan teks yang ditujukan kepada Obama: “Anda telah menghabiskan miliaran dolar pembayar pajak AS dan kita telah kehilangan ribuan tentara kita dalam pertempuran melawan Daulah Islamiyah (Negara Islam), jadi di mana letaknya kepentingan rakyat dalam mengobarkan perang ini?” Sebelum mengeksekusi Sotloff, sang algojo yang dipercaya merupakan warga Inggris itu mengatakan kepada Presiden AS, Barack Obama: “Saya kembali, Obama, dan saya kembali karena kebijakan luar negeri arogan Anda terhadap Negara Islam.”

Algojo pemenggal Sotloff juga diyakini sebagai orang yang sama sebagai pemenggal Foley. Adegan pemenggalan Sotloff juga mirip dengan adegan pemenggalan Foley, di mana Sotloff dipaksa belutut sambil membaca pernyataan yang ditujukan kepada Obama.

“Obama, kebijakan luar negeri Anda dengan melakukan intervensi di Irak cuma untuk kepentingan Amerika Seikat. Jadi kenapa saya harus membayar harga atas kebijakan itu dengan nyawa saya? Apakah saya bukan warga negara Amerika?” Ujar Sotloff sebelum dieksekusi, seperti dikutip dari laman Mirror, Rabu (3/9/2014).

Video ini kemudian berakhir dengan ancaman bahwa ISIS bakal memenggal kepala seorang warga negara Inggris bernama David Cawthorne Haines. “Jika video tersebut asli, kami sangat muak dengan kebrutalan ini,” ungkap juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Jen Psaki. Lihat video Youtube di bawah ini.

Sotloff yang berusia 31 tahun dilaporkan diculik di Suriah pada tahun 2013. Keberadaannya diketahui terakhir kali saat wajahnya muncul di akhir video bulan lalu, bersama wartawan AS, James Foley yang telah dipenggal lebih dulu. (Baca: Beredar Video ISIS Penggal Kepala Jurnalis AS, James Foley)

Ketika itu disebutkan Foley, nasib wartawan AS Steven Sotloff tergantung pada langkah Presiden Obama selanjutnya. Setelah pembunuhan Foley, ibunda Sotloff mengajukan permohonan kepada pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi untuk tidak membunuh anaknya.

Siapa sebenarnya Steven Sotloff?

Dia adalah jurnalis lepas atau freelance berusia 31 tahun. Dia diketahui menjalankan pekerjaan jurnalis untuk majalah TIME dan Christian Science Monitor. Ihwal Sotloff bisa jadi tawanan ISIS dan akhirnya dipenggal, bermula dari aktivitas jurnalistiknya di Suriah. Ketika krisis Suriah pecah, Sotloff berangkat ke Suriah untuk melaporkan penderitaan rakyat Suriah yang jadi korban perang saudara.

Pada bulan Agustus 2013, Sotloff yang meliput di sekitar wilayah Aleppo, diberitakan hilang karena diculik militan. Keluarga Sotloff yang mendengar kabar itu, terus berupaya untuk menyelamatkannya. Sindonews,pada bulan lalu juga pernah mengulas usaha keluarga Sotloff untuk menyelamatkan jurnalis AS itu. Ibunda Sotloff, Shirley Sotloff, melalui video pernah menyampaikan permohonan khusus kepada pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi.

Seorang teman Sotloff, pembuat film AS, Matthew Van Dyke, mengatakan kepada BBC, “Ia adalah seorang yang sangat profesional dan tidak ada alasan hal ini harus terjadi kepadanya.” Sotloff diculik di dekat Aleppo di Suriah utara pada Agustus 2013. Ia telah bekerja untuk majalah Time, Foreign Policy, dan Christian Science Monitor dari Mesir, Libya, dan Suriah.

Editor Time, Nancy Gibbs, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ia “sangat terpukul dan sedih dengan laporan tentang kematian Steven Sotloff”. “Ia memberikan hidupnya sehingga para pembaca akan memiliki akses informasi terhadap sejumlah tempat-tempat paling berbahaya di dunia,” kata dia.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: