//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Mundur dari DPR, Lukman Hakim Jadi Menteri Kabinet Jokowi-JK?

Lukman Hakim Bantah Dapat Posisi Menteri dari Jokowi

Dengan alasan memilih menyelesaikan tugasnya sebagai Menteri Agama yang tinggal 1 bulan 17 hari lagi, Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Lukman Hakim Saifuddin memilih mundur dari penetapan sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat terpilih 2014-2019. Mantan Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat itu rela melepaskan jabatan sebagai anggota DPR yang akan dia pegang selama 5 tahun.

Apakah bertahannya Lukman sebagai Menteri Agama karena ada tawaran menjabat kembali dari Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) – Jusuf Kalla? “Enggak, enggak bukan sama sekali tidak ada itu (tawaran menteri),” kata Lukman usai membuka acara Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) di Jambi, Rabu (3/9/2014).

Putra mantan Menteri Agama Saifuddin Zuhri itu mengatakan, salah satu alasan mundur dari anggota DPR terpilih adalah murni karena tanggung jawab atas amanah yang telah diberikan kepadanya yakni, sebagai amirul atau pemimpin Haji 2014. “Karena saya harus melaksanakan tugas, ini amanah yang harus tuntas. Amanah yang dari Presiden harus tuntas saya selesaikan, apalagi ini jamaah haji apalagi saya menjadi amirul haji,” jelasnya.

Saat disinggung kembali soal deal politik terkait keputusannya tersebut, Lukman membantahnya. “Enggak ada, engga ada,” tegasnya lagi. Lukman memilih terus menjadi Menag hingga periode massa jabatannya selesai Oktober mendatang. Dia tidak ingin merangkap jabatan, menjadi Menag juga menjadi anggota DPR. Surat pengunduran dirinya sudah disampaikain, ke KPU hari Selasa (2/9) kemarin.

Sebelumnya, Lukman menjadi satu-satunya nama yang disebut Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) untuk menjadi menteri agama dalam pemerintahan Jokowi-JK. Lukman dianggap mampu memimpin kementerian tersebut di tengah krisis setelah Suryadharma Ali yang mundur setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi haji. Lukman dilantik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 9 Juni lalu. Sebelumnya, dia menjadi Wakil Ketua Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR).
(Baca: Muktamar, Skenario PPP Merapat ke Kubu Jokowi-JK?)

Menteri yang Terpilih Jadi Anggota DPR Mundur Serempak 25 September

Sebelumnya Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono memastikan bahwa ada tujuh menteri akan mengundurkan diri dari Kabinet SBY-Boediono. Alasannya mereka akan dilantik menjadi anggota DPR pada 1 Oktober nanti. Menurut Agung surat pengunduran diri mereka akan diajukan pada 25 September mendatang.

Menteri yang saat ini terpilih sebagai anggota DPR antara lain Menteri ESDM Jero Wacik, Menteri Perhubungan EE Mangindaan, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar, Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Syarief Hasan, Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Helmy Faisal, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, dan Menteri Komunikasi dan Informatikan Tifatul Sembiring.

“Tapi saya akan mengundurkan diri tanggal 25 (September). Katanya sama-sama semuanya bareng-bareng sehingga SK (mungkin surat keputusan) mundur juga sekaligus,” ujar Menhut Zulkifli Hasan, di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Jakarta, Selasa (2/9/2014). Menkop UKM Syarif Hasan juga mengatakan akan mengajukan pengunduran diri pada bulan ini. Setelah itu, akan ada menteri ad interim yang akan melanjutkan sisa tugas mereka.

“Kira-kira pertengahan September atau kurang lebih sekitar segitu,” ujar Syarif di lokasi yang sama. Namun Sayrif tidak mengetahui siapa yang akan menjadi menteri ad interim ketika para menteri KIB jilid II mundur. Sebab hal itu merupakan kewenangan presiden. “Tergantung pasti presiden dan pasti harus ada ad interim,” sambungnya

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: