//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

PDIP Jatim Ogah Usung Risma Lagi di Pilwalkot Surabaya 2015

Foto Walikota Surabaya, Tri Rismaharini Diwawancara Wartawan

kompas.com

PDIP Jawa Timur kemungkinan besar ogah atau tidak mau lagi mencalonkan Risma sebagai calon wali kota Surabaya pada Pilwakot (Pemilihan Walikota Surabaya) 2015 karena menganggap Risma tak mengindahkan perintah DPP PDIP. Kabar ini memang mengejutkan karena Tri Rismaharini sangat populer dan banyak melakukan terobosan serta namanya sudah terkenal secara nasional, bahkan jadi kandidat menteri dalam kabinet Jokowi-JK.

Risma dinilai tidak menjalankan perintah DPW PDIP hingga kini untuk menjalin komunikasi tiga pihak dalam menjalankan pemerintahan, yakni pihak eksekutif partai dalam hal ini DPC PDIP, anggota legislatif dari PDIP, dan wakil wali kota. “Perintah selalu berkoordinasi tripartid itu tidak pernah dijalankan wali kota yang diusung PDIP. Artinya, ya berat jika akan mencalonkannya kembali dalam Pilwali 2015 mendatang,” kata Bambang DH, Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Timur, di DPRD Surabaya, Selasa (2/9/2014).

Menurut Bambang DH, PDIP tidak akan tergantung kepada Risma. Bahkan, jika Risma ingin mundur dari PDIP maka pintu terbuka lebar. Hanya saja, PDIP akan bersikap profesional dengan tidak akan menghentikan masa bakti Wali Kota Surabaya sebelum habis. Dengan demikian, setelah nanti masa baktinya berakhir, Tri Rismaharini dipersilakan diusung oleh partai lain untuk menjadi cawali 2015-2020.

“Yang jelas, PDIP besar kemungkinan akan mengusung cawali dan cawawali dari kader sendiri,” tutur Bambang DH. Bambang DH meyakini, saat ini banyak kader internal PDIP yang dinilai cukup layak dan mumpuni untuk diusung menjadi calon wali kota dan calon wakil wali kota Surabaya dalam Pilwalkot 2015. Di antaranya Ketua DPC PDIP Surabaya Whisnu Sakti Buana yang memiliki tingkat keterpilihan cukup tinggi.

“Itu yang terjadi, tapi semuanya nanti terserah dari keputusan Ketua Umum DPP PDIP yang selalu mendengarkan suara dari bawah,” ucap Bambang DH seusai memberi pembekalan kepada 15 anggota FPDIP DPRD Surabaya. Bambang DH menyatakan, PDIP akan menggelar survei sebelum menentukan nama-nama yang bakal diusung dalam Pilwalkot Surabaya 2015. Sebelum memasuki tahapan tersebut, terlebih dahulu akan dibuka pendaftaran secara terbuka.

Dari nama-nama yang masuk tersebut akan dipilih dan diseleksi oleh tim yang khusus dibentuk dalam menjalankan proses menuju Pilwalkot dan disetorkan dalam Rapat Kerja Cabang Khusus (Rakercabsus) yang digelar PDIP. “Tahapan itu harus dijalankan, jika tidak lolos, ya dipastikan tidak akan diusung menjadi cawali dan cawawali PDIP,” tandas Bambang.

Risma: Saya Serahkan kepada Tuhan

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini belum memberi kepastian apakah dirinya akan kembali maju dalam pemilihan wali kota pada tahun depan. Wali kota perempuan pertama Surabaya itu hanya mengatakan bahwa dirinya tidak pernah meminta-minta jabatan. “Saya tidak pernah meminta jabatan itu dan saya serahkan sepenuhnya kepada Tuhan,” katanya seusai melantik sejumlah pejabat Pemkot Surabaya di Balaikota Surabaya, Senin (25/8/2014) sore.

Wali kota yang diusung PDIP itu hanya bercanda saat ditanya mengenai kemungkinan dorongan untuk maju kembali dari masyarakat pendukungnya. “Bagaimana caranya masyarakat meminta saya,” ujar Risma sambil tertawa.

Risma dilantik menjadi wali kota pada 2010 lalu didampingi Bambang Dwi Hartono, mantan wali kota sebelumnya. Pada 2013, Bambang DH memilih mundur dari wakil wali kota karena maju sebagai cagub Jatim yang diusung PDIP. Posisinya digantikan Ketua DPC PDIP Surabaya Wisnu Sakti Buana, yang akan mendampingi Risma hingga 2015.

Namun, bursa pendamping Risma sudah bermunculan. Beberapa waktu lalu, seorang pengusaha dan politisi Partai Demokrat, Alim Basa Tualeka, mengaku bersedia mendampingi Risma untuk memimpin Surabaya hingga 2020. Nama Risma juga disebut-sebut masuk dalam jajaran menteri kabinet Jokowi-JK. Apakah Risma kelak akan memilih jalur independen atau akan digaet partai lain untuk maju dalam Pilwalkot Surabaya tahun depan?

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: