//
Anda membaca...
Teknologi

Samsung Resmi Luncurkan Galaxy Note 4, Apa Keunggulannya?

Bocoran Harga dan Spesifikasi Galaxy Note 4 Terbaru

Samsung secara resmi meluncurkan gadget terbarunya, Galaxy Note 4 dalam acara Samsung Unpacked 2014 yang diselenggarakan jelang pameran IFA 2014 di Berlin, Jerman, Rabu (3/9/2014). Smartphone ini menawarkan sejumlah fitur baru dan perbaikan fitur sebelumnya yang terdapat di Galaxy Note 3. Pertama, layarnya jauh lebih jernih, sehingga lebih enak digunakan untuk menonton video atau melihat foto.

Dengan ukuran 5,7 inci, layar Super AMOLED tersebut menawarkan resolusi 2.560×1.440 pixel. Meski Note 4 bukan perangkat pertama yang menawarkan resolusi setinggi itu, mereka mengklaim penggunaan teknologi Super AMOLED membuat produk Samsung lebih baik dibanding para pesaingnya. Salah satu produk yang sudah menggunakan layar 2K adalah LG G3 dan Oppo Find 7.

Dari sisi desain, Galaxy Note 4 masih terlihat mirip dengan Note 3, namun material bahannya jauh lebih baik. Misalnya, bodinya dibalut oleh premium metal frame, dan layar 2,5D yang menawarkan sudut pandang yang lebih baik. Dengan bobot 176 gram, dan ketebalan 8,5mm, Samsung Galaxy Note 4 akan tersedia dalam empat warna, yakni hitam, putih, emas, dan pink.

Dari sisi peranti lunak, Samsung mengubah penampilan antarmuka Galaxy Note 4 agar lebih nyaman dioperasikan. Mereka menambahkan fitur widget transparan, yang memungkinkan Anda melihat notifikasi aplikasi sembari tetap dapat melihat layar utama perangkat. Desain ini mirip dengan apa yang kita lihat di iOS 7 yang diperkenalkan Apple sejak kehadiran iPhone 5S.

Selain itu, ada juga fitur multi-window, yang memungkinkan Anda membuka dua aplikasi secara beramaan. Misalnya, membuka Facebook sambil ngobrol dengan teman melalui Google Hangouts.

Berbagai Fitur yang Canggih Ditawarkan

Fitur yang tak kalah penting dalam semua seri Galaxy Note adalah S Pen. Di Galaxy Note 4, Samsung berambisi membuat S Pen mampu memberikan pengalaman menulis seperti menggunakan pena sebenarnya kepada pengguna.

Lebih dari itu, S Pen juga kini lebih pintar karena bisa berfungsi layaknya mouse pada komputer. Ia bisa dipakai untuk klik dan drag teks atau gambar. Sebagai pelengkap S Pen, Samsung memperkenalkan fitur Smart Select. Smart Select dapat kita gunakan untuk memilih lebih dari satu gambar secara bersamaan, lalu membagikannya kepada orang lain melalui e-mail atau aplikasi lainnya.

Samsung benar-benar memaksimalkan S Pen agar pengguna tak perlu lagi menggunakan jarinya untuk mengoperasikan Galaxy Note 4. Mereka menyediakan beberapa aplikasi khusus yang terkait dengan S Pen, misalnya S Note.

Dengan S Note, Anda bisa memotret objek atau hal yang dianggap penting, lalu segera menandainya. Dalam video promosi Samsung, fitur ini terlihat digunakan seorang mahasiswa di ruang kuliah. Dia memotret papan tulis yang penuh dengan catatan penting, lalu menanadai bagian terpenting dengan warna tertentu.

Untuk urusan multimedia, Samsung tak lupa meningkatkan kualitas kamera Galaxy Note 4. Di bagian belakang, mereka menyematkan kamera beresolusi 16MP lengkap dengan Smart Optical Image Stabilizer, agar Anda bisa memotret objek saat bergerak dengan lebih baik. Sementara itu, di bagian depan terdapat kamera 3,7MP yang juga sudah dimaksimalkan untuk kebutuhan selfie. Samsung memulai tren selfie baru dengan menawarkan sudut pemotretan 90 derajat hingga 120 derajat.

Ini merupakan perubahan kecil, tetapi menarik dicermati karena Samsung sebenarnya hanya memindahkan fitur Panorama di kamera belakang ke kamera depan. Dengan sudut pandang seluas itu, Anda bisa selfie dengan lebih banyak teman, tanpa harus ada yang “terbuang” dari frame.

Terlepas dari semua keunggulan itu, Samsung Galaxy Note 4 tetaplah sebuah ponsel yang fungsi utamanya untuk menelepon. Untuk fungsi yang satu ini, Samsung menjamin Galaxy Note 4 bisa digunakan untuk menelepon dengan kualitas suara yang jernih. Anda juga dapat menjadikannya sebagai alat perekam suara yang andal karena Galaxy Note 4 dilengkapi tiga microphone dan bisa mengurangi suara noise dengan hanya fokus kepada suara dari sumber tertentu . Fungsi ini sangat cocok dipakai para jurnalis saat liputan atau wawancara dengan narasumber.

Untuk menjamin keamanan pengguna, Galaxy Note 4 masih dilengkapi pemindai sidik jari yang lebih baik. Yang tak kalah mengagumkan dari Galaxy Note 4 adalah konsumsi baterainya yang diklaim lebih irit. Sementara itu, proses pengisian ulang baterainya yang berkapasitas 3.220 mAh justru berlangsung lebih cepat. Anda bisa mengisi baterainya ke tingkat 50 persen hanya dalam waktu 30 menit. Sebagai perbandingan, Galaxy Note 3 membutuhkan waktu 55 menit untuk mengisi sampai kapasitas yang sama.

Samsung mengatakan, Galaxy Note 4 akan bisa dibeli pada Oktober nanti. Dalam paket penjualan, Samsung menawarkan S View Cover, Flip Wallet, S View Wallet, LED Cover dan cover istimewa hasil kerja sama dengan Swarovski.

Lihat teaser video Galaxy Note 4 di Youtube di bawah ini.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: