//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Hina Bandung di Twitter, Ridwan Kamil Laporkan Pria Ini ke Polisi

Kicauan Kemal Septiandi di Twitter yang Hina Bandung

Karena dianggap menghina dan menjelekkan Kota Bandung seperti Florence Sihombing di Twitter dengan kata yang tidak pantas, seorang pria pengguna akun Twitter bernama Kemal Septiandi @kemalsept dilaporkan Walikota Bandung Ridwan Kamil ke pihak kepolisian.

“@kemalsept anda secara resmi sy laporkan ke kepolisian, utk twit2 penghinaan.psl 27 UU 11 thn 2008,” berikut isi cuitan pria yang biasa disapa Kang Emil itu seperti yang dikutip detikcom, Sabtu (6/9/2014). Kang Emil juga mem-posting screen capture dari cuitan @kemalsept tersebut dalam kicauannya. Tampak dari foto yang diunggah Emil, pemuda itu menyebut kota Bandung dengan kalimat-kalimat kasar.

Menurut Emil, kicauan @kemalsept telah melanggar Pasal 27 UU No. 11 Tahun 2008 tentang Internet dan Transaksi Elektronik (ITE).

Adapun isi pasal 27 UU nomor 11 tahun 2008 adalah Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan. Ancaman pidana pasal 45(1) KUHP. Pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah). Diatur pula dalam KUHP pasal 282 mengenai kejahatan terhadap kesusilaan.

Melalui akun Twitter-nya, @kemalsept, dia menghina Kota Bandung dengan sebutan kota yang penuh dengan pelacur. Tak hanya satu kali, Kemal tercatat melakukan empat kali kicauan berisi penghinaan terhadap Kota Bandung di akun Twitter-nya.

Selain penghinaan terhadap Kota Bandung, @kemalsept juga menyebut Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dengan kata “kunyuk”. “@olegunnnn UDAH P*R*K MAH P*R*K AJA SALAM F**K BUAT SI KUNYUK @ridwankamil YANG ABIS NG*W* SAMA ARIEL GAY CUIH LOL HAHAHA BANDUNG P*R*K,” tulis @kemalsept.

@olegunnnn BANDUNG KOTA P*R*K SAMPAH HAHHA”, “@olegunnnn BANDUNG KOTA P*R*K HAHAHA,” sambungnya dalam waktu yang sama. Tak berselang lama, akun @kemalsept kembali berkicau. Dalam kicauannya yang terakhir terkesan menantang. “BANDUNG SAMPAH KOTA P*R*K P*LAC*R SEMUA LOL HAHAHAHA LAPOR? BANCI ! SILAHKAN AJA KALO BERANI HAHAHAHAHAHA,” tulisnya.

Dianggap Mencari Sensasi Seperti Florence Sihombing

Namun sayangnya ketika akun @kemalsept tersebut coba dikunjungi detikcom tampaknya akun itu sudah dihapus. Belum jelas apa maksud dari pemilik akun tersebut dengan berkicau menjelek-jelekkan Bandung. Saat ditelusuri detikcom, Sabtu (6/9/2014), akun @kemalsept mendapat berbagai kecaman dari sejumlah akun Twitter lain. Sebagian besar dari mereka menyebut Kemal Septiandi @kemalsept, yang diduga mahasiswa UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) Bandung ini hanya mencari sensasi seperti Florence Sihombing yang tempo hari juga mendapat masalah serupa karena menghina Yogyakarta.

Akun @kemalsept pun langsung ramai diperbincangkan di media sosial Twitter. Tya Subiakto ikut berkomentar di akun Twitternya dengan menyebut @kemalsept ingin cari sensasi dengan meniru apa yang telah dilakukan Florence Sihombing yang menghina Yogyakarta beberapa waktu lalu. “@infoajrin : kayaknya @kemalsept mau ngikut2 Florence. Kasihan, orang gak punya keahlian tapi mau terkenal ya begini ini #ibakita,” tulis Tya dalam akun Twitter-nya @tya_subiakto.

Kecaman juga diungkapkan oleh pemilik akun @hizbulmalik. “Florence ada di jogja. Bandung ada Kemal Septiandi. Malu maluin almamater kalo bener dari UPI,” tulisnya.

@infoajrin : kayaknya @kemalsept mau ngikut2 Florence. Kasihan, orang gak punya keahlian tapi mau terkenal ya begini ini #ibakita,” tulis komposer Tya Subiakto dalam akun Twitter-nya @tya_subiakto.

Akun Twitter pendukung sepakbola Persib Bandung yaitu VikingPersib Club juga mengatakan @kemalsept mengikuti jejak Florence. Melalui akun Twitter @officialvpc, @kemalsept dianggap sebagai ‘Florence Part II’.

Florence Part II RT @kemalsept: BANDUNG S*MP*H KOTA P*R*K P*L*C*R SEMUA LOL HAHAHAHA LAPOR? B*NC* ! SILAHKAN KALO BERANI HAHAHAHAHAHA,” tulis @officialvpc.

Diskusi

Satu respons untuk “Hina Bandung di Twitter, Ridwan Kamil Laporkan Pria Ini ke Polisi

  1. Sebagian warga bangsa ini sudah tak punya etika, tak punya sopan santun, tak bermoral, termasuk dari kalangan perguruan tinggi ( mahasiswa/sarjana ). Perlu revolusi mental yg sebenarnya. Untuk level walikota bandung tak sepantasnya menanggapi kicauan orang tak bermoral ini, polisi harus aktif mencari dan melacaknya. Jangan menunggu dan pasif.

    Posted by hendi | September 8, 2014, 7:26 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: