//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Siapa Kemal Septiandi @kemalsept Yang Hina Bandung di Twitter?

UPI Bandung Bantah Kemal Septiandi Mahasiswa Angkatan 2011

Siapakah sebenarnya sosok Kemal Septiandi yang menggunakan akun Twitter @kemalsept yang menghina Kota Bandung dan Wali Kota Ridwan Kamil dengan kata-kata provokatif lewat kicauanya? Identitas pria ini memang sedang dicari tahu banyak pihak. Emil, sapaan akrab untuk Ridwan Kamil mengaku sudah mendapatkan informasi siapa pemilik akun twitter tersebut dan masih mencari keberadaannya.

Karena itu, Emil secara resmi melakukan laporan ke polisi seperti yang disampaikannya dalam twitternya. “(laporan) Resminya belum, sedang dicari dulu lokasi orangnya. Ada yang menyampaikan informasi maka sedang di cek,” ujar Emil saat ditemui usai menghadiri pembukaan 16th Asiana Parachuting Championship & indonesia International Open 2014 di Lanud Husein sastranegara Bandung, Jalan Pajajaran, Sabtu (6/9/2014).

Pemilik akun twitter @kemalsept disebut-sebut merupakan mahasiswa sebuah perguruan tinggi negeri di Kota Bandung. Informasi tersebut diterima oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang kemudian berusaha mencari tahu kebenaran dan keberadaannya. “Menurut informasi yang saya terima sih katanya mahasiswa UPI angkatan 2011,” ujar Emil.

Namun Emil belum bisa memastikan informasi yang didapatnya itu sampai pelakunya benar-benar sudah diketahui. “Sedang dicari dulu lokasi orangnya. Ini dicek dulu,” katanya. Jika benar @kemalsept adalah seorang mahasiswa, Emil makin menyesalkan. Karena seharusnya mahasiswa bisa memberikan contoh baik. “Kata-katanya kasar dan kalau katanya itu mahasiswa kan itu kurang baik,” tutur Emil.

Berdasarkan penelusuran detikcom, akun @kemalsept yang sebelumnya melontarkan hinaan dan cacian itu menghilang karena telah dihapus oleh pemiliknya. Namun Emil telah menyimpan sejumlah screenchoot kicauan akun tersebut.

Bantahan UPI

Mendengar kabar tersebut, UPI Bandung langsung mengklarifikasi dengan berujar “Berdasarkan data yang ada untuk angkatan 2011 ILKOM UPI tidak ada mahasiswa yang bernama KEMAL SEPTIANDI,” tulis @InfoUPI.

Bahkan InfoUPI kembali menulis klarifikasi setelah mendapat informasi lanjutan. “[email protected] bukan hanya 2011 ilkom, tapi utk seluruh mhs aktif UPI semua angkatan & prodi tdk ada nama tsb (data Pak Asep Wahyudin, dir TIK).” InfoUPI meretweet akun @yudiwbs, Sabtu (6/9/2014) pagi.

Seperti yang diberitakan di beberapa akun twitter jika Kemal Septiandi merupakan mahasiswa angkatan 2011. “@olegunnnn Kemal septiandi a.k.a @kemalsept mahasiswa Fakultas MIPA jurusan ILKOM di UPI 2011 cenah mah,” tulis akun @SL_Mylo yang kemudian banyak diretweet.

Tudingan terhadap orang yang diduga si pemilik akun sudah berlangsung sejak Jumat. Namun belum ada kepastian tentang si Kemalsept. Seorang mahasiswi yang fotonya ikut terpampang bersama seorang pria memberi klarifikasi bahwa dia adalah mahasiswa PTN di Jakarta bukan UPI. Pemilik akun itu juga memasang foto kartu mahasiswa yang disertai foto. Namun soal tokoh pria dalam foto akun Kemalsept yang marak beredar di twitter hingga kini masih misteri. Mahasiswi itu mengaku foto dia dan si pria yang adalah kekasihnya dibajak seseorang.

Akun twitter @Kemalsept akhir – akhir ini membuat heboh masyarakat Bandung akhirnya ditutup tanpa ada keterangan apapun. Namun ancaman Wali Kota Bandung Ridwan Kamil terhadap pemilik akun dan ‘kecaman massal’ netizen diduga sebagai penyebab ditutupnya akun twitter tersebut.

Lewat akun twitter, Ridwan Kamil menyebut sudah mengantongi identitas si penyebar keributan itu. Selain penghinaan terhadap Kota Bandung, @kemalsept juga menyebut Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil dengan kata “kunyuk”. (Baca: Hina Bandung di Twitter, Ridwan Kamil Laporkan Pria Ini ke Polisi)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: