//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Polisi: Kami Kejar Pemilik Akun @kemalsept Sampai Dapat!

Foto Diduga Pemilik Akun@Kemalsept Yang Beredar di Twitter

Polisi optimistis bisa mengungkap pemilik akun Twitter @kemalsept tersebut dan akan mengejar sosok sebenarnya. “Kami akan kejar sampai yang bersangkutan (pemilik akun @kemalsept) dapat,” ucap Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Mashudi kepada wartawan di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Minggu (7/9/2014).

Saat ini akun @kemalsept tidak bisa diakses. Pemilik akun sempat disebut-sebut sebagai salah satu mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), namun secara tegas pihak UPI membantahnya. Mashudi mengaku belum mengantongi identitas pemilik akun @kemalsept. Dia menyebut, tim khusus dan personel bagian IT Satreskrim Polrestabes Bandung sedang berupaya melacak.

“Kalau foto yang tampil dalam akun itu (@kemalsept) belum pasti orangnya. Kami menghormati azas praduga tak bersalah. Tapi intinya, kami terus menelusuri pemilik akun tersebut,” tutur Mashudi. Isi cuitan bernada kasar yang ditulis @kemalsept menuai kecaman publik Bandung. Akun itu dinilai menghina Bandung dan mencaci Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Meski belum menerima laporan resmi dari Pemkot Bandung serta pihak lain yang merasa dirugikan dengan postingan akun @kemalsept, Mashudi memastikan pihaknya tetap bergerak mengusut. “Kami akan telusuri sejauh mana motif pemilik akun tersebut membuat tulisan yang dinilai masyarakat sudah mencemarkan nama baik Kota Bandung,” ucap Mashudi.

Tim khusus dan personel bidang IT diterjunkan guna melacak jejak pemilik akun @kemalsept. “Meski belum ada laporan resmi, kami tetap tindaklanjuti. Tim sudah bergerak menelusurinya,” kata Mashudi. (Baca: Hina Bandung di Twitter, Ridwan Kamil Laporkan Pria Ini ke Polisi)

Sebagai warga bermukim di Bandung, Mashudi geram membaca sejumlah cuitan berisi kalimat tidak sopan yang ditulis @kemalsept via situs mikrobloging twitter. Cacian kasar @kemalsept itu berujung melukai masyarakat Bandung, serta membuat Wali Kota Bandung Ridwan Kamil tersinggung. “Nama baik Bandung jadi tercoreng dan tercemar. Saya di sini berbicara sebagai masyarkat Bandung. Saya gerah dan kecewa dengan pemilik akun tersebut,” tutur Mashudi bernada tegas.

IP @kamalsept Terdeteksi Asal Jakarta

Tim IT Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) ikut turun tangan melakukan penelusuran terhadap akun twitter @kemalsept. Langkah itu diambil untuk meluruskan kicauan penghinaan terhadap Kota Bandung dan Wali Kota Ridwan Kamil yang dilakukan akun tersebut yang diduga mahasiswa UPI. (Baca: Siapa Kemal Septiandi @kemalsept Yang Hina Bandung di Twitter?)

Namun berdasarkan hasil penelusuran, IP address akun tersebut berasal dari wilayah Jakarta. “Pelacakan tim IT, (akun) itu kontak IP address-nya bukan di Bandung. Di Jakarta,” ujar Koordinator Publikasi dan Dokumentasi Media, Humas UPI Andika Dutha Bachari saat jumpa pers di Gedung University Center, Jalan Setiabudi, Bandung, Sabtu (6/9/2014).

Namun Andika enggan menjelaskan lebih lanjut hasil penelusuran yang dilakukan karena masih dalam proses. Keperluan UPI untuk ikut melakukan penelusuran yaitu untuk memastikan siapa orang yang melakukan penghinaan dan siapa yang pertama kali menyebarkan bahwa @kemalsept adalah mahasiswa UPI. “Kami menilai ada tendensius, ingin merusak,” katanya.

Ia bahkan menyatakan, jika memang pelaku mahasiswa UPI maka tak segan akan langsung dipecat. Namun sebaliknya, jika tak terbukti maka UPI akan menuntut dan melaporkan pihak yang telah menuduh dan mencemarkan nama baik UPI dengan mengaitkan kasus ini dengan identitas UPI. “Kami akan melaporkan pencemaran nama baik, sama halnya dengan wali kota,” katanya.

Kini pertanyaannya siapakah pemilik akun tersebut. Akun @kemalsept sendiri sudah tidak dapat diakses, mungkin karena adanya kecaman dari netizen serta langkah hukum dari Ridwan Kamil. Tinggal tunggu saja pihak kepolisian mengungkap kasus ini.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: