//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Ridwan Kamil Juga Laporkan Akun @_prima_7 dan @ErwinPartII2

Kicauan Akun Twitter, Cristiano Prima @_prima_7 Hina Bandung

Tidak hanya @kemalsept, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil (RK) juga melaporkan pemilik akun @_prima_7dan @ErwinPartII2 terkait penghinaan terhadap dirinya di Twitter. Namun RK enggan menanggapi panjang lebar soal kicauan @_prima_7. Dia lebih banyak memberi jawaban santai.

Dalam kicauannya, @_prima_7 menantang Ridwan Kamil dan menjelek-jelekan Kota Bandung. “Ayo mengadu cari saya kalo anda ke temu hahahah anda itu wali kota an*ing ahahah,” tulis akun tersebut Minggu (7/9).

Dia juga menulis, “Bandung anji* la kotor kotanya ditambah wali kotanya hahah kotor seperti kotoran an*in* hahahahah,” tulisnya. Akun @_prima_7 tersebut dibuat April 2012. Namun, baru menulis sekira 62 pesan. Akun Christiano Prima baru memiliki sekira 162 follower, sampai pukul 11.40 WIB, 9/9/2014.

Sebelumnya dunia twitter Bandung juga dihebohkan dengan akun @kemalsept. Akun tersebut menghina kota Bandung. Saat ini Polrestabes Bandung tengah memburu pemilik akun tersebut. Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Mashudi, menegaskan, saat ini anggota Satreskrim masih menelusuri jati diri pemilik akun tersebut. “Tentu kami akan usut dan telusuri‎ siapa pemilik akun yang sebenarnya. Meski belum ada laporan resmi kami tetap tindaklanjuti,” tegas Mashudi.

Dia menegaskan, pihaknya akan memburu pelaku sampai dapat. “Kami akan kejar sampai dapat,” tegasnya. Menurut dia, penyelidikan ini harus hati-hati. Foto avatar @kemalsept yang sempat beredar di dunia maya bisa saja bukan pemilik asli akun tersebut.

“Sudah, sudah dibaca (tweet @_prima_7). Mungkin dia lelah, kurang piknik,” ucap RK saat dihubungi melalui telefon genggamnya, Selasa (9/9/2014). Soal langkah yang akan diambil pada @_prima_7, RK belum memikirkannya lebih jauh. Saat ini, dia fokus mengusut @kemalsept.

“Intinya fokus satu-satu saja, apa yang ada di depan mata,” ungkapnya. Sementara untuk langkah hukum terhadap @kemalsept, RK menyebut akan melanjutkannya. Namun soal sanksi, akan dipikirkan kemudian apakah memberikan sanksi sosial atau bentuk lainnnya.

Dia kembali menegaskan, jika langkah yang diambil terhadap pemilik akun @kemalsept hanya sebagai contoh kepada orang lain agar tidak melakukan tindakan serupa. Sebab, orang yang mencaci maki di media sosial menurutnya banyak, bukan hanya @kemalsept dan @_prima_7. “Yang seperti ini tuh jumlahnya puluhan,” pungkasnya. (Baca: Hina Bandung di Twitter, Ridwan Kamil Laporkan Pria Ini ke Polisi)

“Memang ada beberapa akun tapi kami fokus ke akun yang @kemalsept yang telah menjadi perhatian publik,” jelas Kasat Reskrim Polrestabes Bandung, AKBP Nugroho Arianto, Selasa (9/9/2014). Nugroho menambahkan, jika RK telah kembali ke Kota Bandung pihaknya baru akan membuat berita acara pemeriksaan (BAP). “Pasal yang kami tetapkan sementara adalah Pasal 27 Ayat (3) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE dan/atau Pasal 311 KUHP,” terangnya.

Polisi: Pemilik Akun @kemalsept Diindikasikan Perempuan

Polisi menemukan indikasi bahwa pemilik akun Twitter @kemalsept di media social yang Kota Bandung dan wali kotanya adalah perempuan, setelah aparat kepolisian Bandung bergerak melakukan upaya penyelidikan kasus ini. “Ada indikasi pelakunya (pemilik akun) perempuan,” kata jelas Kapolda Jabar, Irjen Pol Mochamad Iriawan di Mapolda Jabar di Jalan Soekarno-Hatta, Bandung, Selasa (9/9/2014).

Indikasi tersebut diperolehnya setelah mendapatkan informasi dari Kepala Polres Bandung Kombes Pol Mashudi pada Senin (8/9/2014) kemarin. “Saya dapat info (indikasi) itu saat nelpon Kapolrestabes (Bandung),” kata Iriawan, seperti yang diberitakan kompas.com.

Saat ini kepolisian masih mendalami identitas tersebut. Bahkan tim dari Ditreskrimsus dan Cyber Crime Polda Jabar akan diturunkan untuk membantu penyidik Polrestabes Bandung. “Ini sebagai pembelajaran bagi pelaku. Bahwa berkomentar dalam media sosial itu ada undang-undang yang mengaturnya,” ucapnya.

Iriawan mengatakan, jika kasus tersebut tidak segera ditangani maka dikhawatirkan akan meluas mengingat banyaknya masyarakat terutama warga Kota Bandung yang geram dengan pemilik akun @kemalsept. “Masyarakat yang berkicau di Twitter harus hati-hati jangan sampai menghasut. Saya juga mengimbau bagi masyarakat agar tetap tenang menyikapi hal ini dan serahkan semuanya pada kami,” tutupnya.

Ditanya keberadaan pelaku, Iriawan engga menjelaskannya lebih jauh. “Kita masih selidiki, lihat saja hasil pengembangan nanti,” pungkasnya. Diberitakan pemilik akun Twitter @kemalsept menghina Kota Bandung dan juga Wali Kota Bandung Ridwan Kamil melalui media sosial. Akun @kemalsept menyebutkan bahwa Bandung kota sampah dan kota pelacur. Selain itu, @kemalsept juga menghina Wali Kota Ridwan Kamil dengan sebutan “si kunyuk”.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: