//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Ahok dan Lulung Akrab dan Cipika-Cipiki di Lebaran Betawi

Foto Kearaban Ahok dan Haji Lulung di Lebaran Betawi

Wakil Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan Wakil DPRD Abraham Lunggana (Haji Lulung) tampak akrab dan bercipika-cipiki pada acara Lebaran Betawi di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (14/9/2014). Bolehlah ‘panas’ di media massa, tapi kalau ketemu langsung haruslah tetap mesra.

Lulung terlambang datang di perayaan Lebaran Betawi dan tiba kira-kira pukul 10.00. Kursi Lulung berada di posisi paling kanan. Adapun kursi Basuki beserta istrinya, Veronica Tan, berada di tengah. Lulung menyalami satu per satu pejabat yang ada pada kursi yang dilewatinya. Ia mulai bersalaman dengan mantan Ketua Badan Musyawarah Betawi Nachrowi Ramli, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Saefullah, dan mantan Wakil Gubernur DKI Edie Nalapraya.

Pewarta menunggu-nunggu apakah Lulung akan bersalaman dan turut memeluk Basuki seperti ia memeluk tamu-tamu lain. Veronica langsung berinisiatif berdiri dan menyalami kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu. Basuki menyusul menyalami Lulung dan menepuk bahu Wakil Ketua DPRD DKI itu. Kedua tokoh yang mengenakan baju tradisional Betawi warna hitam itu tampak akrab dan tertawa satu sama lain.

Lulung tampak berbisik kepada Basuki dan keduanya terlibat pembicaraan selama beberapa saat. Para pewarta pun mengabadikan momen itu seraya melontarkan celetukan tentang keakraban mereka. “Ciyeeee… Pak Haji (Lulung) sama Pak Wagub mesra banget,” kata seorang wartawan.

Setelah mendapati tempat duduknya, Lulung hanya tertawa mendengar celetukan para pewarta dan pengunjung yang memadati lapangan Monas. “Biang kerok nih wartawan semua,” kata Lulung tertawa sambil menatap Basuki di sisi kirinya. Saat ditanya, Lulung tidak berkata banyak. Dirinya hanya mengisyaratkan dengan tangan bahwa nanti saja berbicaranya. “Nanti aja,” elak Lulung di lokasi. Setelah itu, mereka duduk di tempat masing-masing. Jarak tempat duduk Ahok dan Lulung berjarak 5 kursi.

Ahok Izin Pidato, Lulung Menjawab ‘Siap, Pak Gubernur’

Pertemuan Ahok dan Abraham Lunggana alias Lulung di Lebaran Betawi di Monas menjadi daya tarik sendiri. Sebelum acara penutupan dimulai, keduanya cipika-cipiki. Ketika Ahok hendak berpidato, Lulung menyebut Ahok sebagai ‘Pak Gubernur’.

Kisah ini bermula saat Ahok didaulat pembawa acara untuk naik ke atas panggung guna memberikan sambutan penutupan Lebaran Betawi yang berlangsung 13-14 September. Ahok bangkit dari kursinya, lalu menyalami para pengunjung di pinggir panggung. Dalam perjalanan menuju panggung, dia melewati Lulung yang duduk di kursi undangan.

Ahok yang hadir mewakili Gubernur Jokowi ini meminta izin kepada wakil ketua DPRD dari PPP itu. “Izin, Bos,” ujar Ahok lalu berjalan naik ke atas panggung, Minggu (14/9/2014). Mendengar perkataan Ahok, Lulung berdiri dan tersenyum. “Siap, Pak Gubernur,” jawab Lulung yang mengenakan baju adat Betawi warna hitam.

Bukan Ahok bila tak mampu mencairkan hubungannya yang sedikit panas dengan Abraham Lunggana alias Lulung. Pidatonya yang secara khusus menyebut nama Lulung membuat hadirin tertawa. Hal itu terjadi saat Wagub DKI itu mewakili Gubernur Jokowi memberikan pidato penutupan Lebaran Betawi di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (14/9/2014).

Dalam sambutannya, Ahok berterima kasih ke beberapa pihak. Nah, tak lupa dia berterima kasih ke Lulung. “Yang terhormat Wakil DPRD Haji Lulung. Temen baik saya, partner terus,” ujar Ahok disambut tawa dan tepuk tangan pengunjung.

Penampakan keduanya di acara ini tentu menyedot perhatian. Hal ini menyusul statemen keras Ahok tentang DPRD terkait penolakannya terhadap pilkada via DPRD. Tersinggung atas ucapan Ahok terhadap DPRD, Lulung sesumbar untuk membinasakan karier politik Ahok dengan menjegalnya dari kursi gubernur menggantikan Jokowi. Semoga saja Lebaran Betawi menjadi momen terbuka yang mendamaikan hubungan keduanya. (Baca: Haji Lulung: Ahok Gila, Karirnya Harus Dibinasakan)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: