//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Apa Alasan Ahok Pilih Nachrowi Ramli Jadi Wagub DKI?

Foto Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta Nachrowi Ramli

Kompas

Apa sebenarnya alasan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pilih Nachrowi Ramli sebagai Wakil Gubenur DKI Jakarta? Apakah beliau serius dengan pernyataan sebelumnya? Ahok merasa ada kecocokan dengan cawagub Fauzi Bowo itu di Pilgub 2012 lalu.

“Oke ini (Nachrowi) orang, Jenderal bintang dua. Saya sama Pak Nachrowi baik (komunikasinya), semenjak saya jadi Wagub sudah tiga kali makan bareng dengan beliau,” ucap Ahok di kantornya, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (15/9/2014), seperti berita yang dirilis Detik.com.

Selain itu, Ahok menilai Nachrowi sebagai sosok yang baik yang bisa mendampinginya memimpin Jakarta. Pilihan terhadap Nachrowi dirasa pas, karena berpengalaman. “Kan orang tanya sama saya ingin siapa. Saya ingin Dian Sastro sama Raisa diketawain. Kan kalau boleh pilih, Pak Nachrowi itu kan wakilnya Pak Fauzi Bowo. Saya nggak mungkin dong ngajak Pak Fauzi Bowo jadi wakil, nah Pak Fauzi lebih baik nasihatin kita, nah kalau memang mau mewakilin mereka ya Pak Nachrowi saja yang jadi wakil,” papar Ahok.

Saat ini yang menjadi persoalan adalah, restu dari Gerindra dan PDIP agar mau memilih Nachrowi yang merupakan politisi Demokrat itu sebagai Wakil Gubernur DKI. Menurut Ahok, Nachrowi yang sesama militer mungkin bisa berkomunikasi dengan Prabowo agar memberikan izin.

“Saya pikir itu tugas Pak Nachrowi untuk melobi Partai Gerindra. Karena dia militer, mungkin dengan Pak Prabowo juga dekat mungkin akan bisa lebih mudah,” ucap Ahok. Sebelumnya, Ahok yang bakal mengisi kursi Gubernur DKI itu menyapa Nachrowi Ramli dengan ‘calon wagub’.

Hal itu dikatakan Ahok ketika memberi sambutan dalam penutupan acara Lebaran Betawi di Monas. Ahok mengucapkan penghargaan satu per satu kepada tokoh undangan yang hadir. Saat penghormatan untuk Nachrowi diucapkan, Ahok menyebut lawan politiknya saat Pilgub DKI 2012 lalu itu sebagai calon wagub DKI.

“Yang saya hormati calon wagub DKI Nachrowi Ramli,” ujar Ahok kepada Nachrowi yang pada Pilgub 2012 maju sebagai cawagub mendampingi Fauzi Bowo, Minggu (14/9/2014).

Nachrowi: Alhamdulillah, Tuhan Izinkan Saya Dampingi Pak Ahok

Ketua DPD Demokrat DKI Jakarta Nachrowi Ramli tampak semringah mengetahui Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyebutnya sebagai calon wakil gubernur DKI kelak. Bahkan, dia optimistis bakal dicalonkan meskipun bukan berasal dari PDI Perjuangan dan Gerindra.

“Alhamdulillah. Terima kasih, Tuhan. Terima kasih, Pak Ahok (panggilan Basuki), Tuhan mengizinkan saya membangun Jakarta mendampingi Pak Ahok,” kata pria yang akrab disapa Nara itu sesumbar, di Lapangan Silang Monas Timur, Jakarta, Minggu (14/9/2014).

Untuk diusulkan menjadi calon wakil gubernur, lanjut dia, akan ada beberapa prosedur yang harus dilalui. Terlebih lagi, ia menduduki posisi penting di Partai Demokrat. Penentuan calon wakil gubernur harus sesuai dengan kesepakatan dua partai. Selain itu, Basuki juga harus menyetujui dua nama tersebut. Setelah itu, dua nama calon Wagub DKI diusulkan dan dipilih melalui voting anggota DPRD DKI Jakarta.

Meski kalah dalam Pilkada DKI 2012, Nachrowi yang sebelumnya menjadi calon wakil gubernur DKI pendamping Fauzi Bowo itu mengklaim selalu mendukung program unggulan Pemprov DKI. Oleh karena itu, ia sangat siap jika Partai Gerindra ataupun PDI-P mengusulkannya sebagai calon wagub DKI.

“Sekali lagi, untuk kemajuan Jakarta, saya siap (menjadi wagub DKI). Hubungan saya dengan Pak Ahok alhamdulillah baik, dengan Pak Taufik (Ketua DPD Gerindra DKI) baik, Pak Prabowo (Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra) baik, dan dengan Pak Prasetyo (Wakil Ketua DPD PDI-P DKI) juga baik,” kata Basuki. Dahulu, hubungan Basuki dengan Nachrowi pernah terangkat saat acara debat kandidat. Saat itu, Nachrowi menyapa Basuki dengan sapaan khas ala Tionghoa, “Haiya Ahok”.

Menanggapi hal itu, Nachrowi menganggap ucapan tersebut hanya masa lalu. Saat Jokowi-Basuki dilantik menjadi gubernur dan wakil gubernur DKI, Nachrowi mengklaim ia bersama Bamus Betawi terus mendukung Pemprov DKI. “Memang yang boleh (mengusulkan cawagub) hanya Gerindra dan PDI-P, Pak Ahok yang meneken usulan itu. Tidak ada yang tidak mungkinlah di dunia ini,” seloroh Nachrowi.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: