//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Dahlan Iskan Tak Pernah Nikmati Gaji dan Fasilitas Menteri

Foto Mobil Listrik Dikemudikan Dahlan Iskan Kecelakaan

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengakui dirinya tak pernah menikmati gaji dan fasilitas menteri seperti mobil dan rumah dinas untuk jabatan tersebut. Pada 20 Oktober 2014 nanti, seluruh menteri Kabinet Indonesia Bersatu II akan mengakhiri masa jabatannya. Saat masa jabatan berakhir, para pejabat negara tersebut harus mengembalikan fasilitas yang diterima.

Seperti yang diberitakan detik.com, Dahlan, Eks Direktur Utama PT PLN (Persero) mengaku tidak perlu repot-repot mengembalikan fasilitas negara seperti rumah dan mobil dinas. Pasalnya, sejak dipercaya menjadi menteri pada 2011, pria asli Magetan (Jawa Timur) ini tidak pernah menikmati fasilitas menteri. Ia selalu beraktivitas memakai kendaraan pribadi yaitu mobil Mercedes-Benz S Class dan tinggal di kediaman pribadi di daerah Sudirman Central Business District, Jakarta.

Bahkan, Dahlan mengaku tidak pernah menikmati gaji Rp 19 juta sebagai seorang menteri karena telah menyumbangkannya kepada salah seorang ahli mobil listrik. “Saya tidak perlu berbenah-benah karena saya tidak menempati rumah dinas. Tidak perlu ada rumah yang diambil, AC yang dicopot. Mobil juga tidak perlu saya serahkan karena tidak pakai mobil kantor,” kata Dahlan usai rapim BUMN di kantor pusat Djakarta Lloyd, Cikini, Jakarta, Kamis (18/9/2014).

Sementara di ruang kerja menteri lantai 19 Gedung Kementerian BUMN, Dahlan tidak merasa harus segera membereskan tempat kerjanya untuk diisi pejabat baru. Ia menyebut ruang kerjanya hanya dipenuhi oleh koleksi buku-buku pribadi yang mudah dibereskan.

Sementara perabotan di kantor yang berada di lantai 19 Gedung Kementerian BUMN, Dahlan Iskan mengungkapkan tidak ada hal-hal penting yang harus diangkut dari ruangan tersebut.

“‎Tidak ada dokumen pribadi di kantor, kecuali buku. Buku itupun akan saya sumbangkan ke madrasah, ada sekitar 2.000 buku di kantor, kebanyakan buku agama,” pungkasnya. Seperti‎ diketahui, Dahlan belakangan santer terdengar namanya menjadi salah satu kandidat kuat untuk menjadi Menteri Perindustrian dalam jajaran Kabinet pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

Bahkan mulai hari ini, Dahlan Iskan telah ditunjuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjadi at interim Menteri Perindustrian mengingat MS Hidayat sedang mendampingi Presiden SBY‎ kunjungan ke beberapa negara di Benua Amerika.

Gaji Dahlan Diberikan untuk Ricky Elson, Pencipta Mobil Listrik

Sudah 2 tahun lebih, gaji Dahlan Iskan sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) setiap bulannya diberikan kepada Ricky Elson salah satu pencipta mobil listrik nasional. Total gaji yang diberikan Dahlan kepada Ricky sebesar Rp 19 juta per bulan.

“Saya terima gaji menteri sebagai PNS. Beliau punya gaji Rp 19 juta per bulan,” kata Ricky Elson kepada detikFinance, Senin (14/4/2014) Ricky mengaku menerima gaji yang diperoleh Menteri BUMN sejak Mei 2012. Pria yang lama berkarya di Jepang ini telah memperoleh gaji rutin. “Bulan besok tepat 2 tahun,” sebutnya.

Ricky merupakan salah satu anggota Pendawa Putra Petir pencipta teknologi mobil dan sepeda listrik. Karya Ricky antaralain prototype atau purwarupa mobil listrik bernama Selo dan Gendhis. Ia juga menjelaskan awal mula hingga Dahlan berkomitmen menyerahkan semua gaji yang diterima sebagai Menteri BUMN kepadanya. Pada tanggal 30 April 2012, Ricky dipanggil Dahlan.

Saat itu terjadi pembicaraan tentang pengembangan mobil listrik di Indonesia. Usai diskusi, Dahlan berjanji menyerahkan semua gajinya kepada Ricky sebagai apresiasi karena Ricky bersedia kembali dari Jepang untuk mengembangkan mobil listrik nasional. “Pada bulan 5 saya langsung menerima gaji Menteri BUMN,” sebutnya.

Meskipun menerima gaji rutin Rp 19 juta per bulan, Ricky mengaku uang tersebut tidak digunakan untuk hal yang aneh-aneh. Justru gaji rutin Menteri BUMN dipakai untuk melatih anak muda di dalam mengembangkan teknologi mobil listrik dan teknologi listrik energi terbarukan pembangkit listrik kincir angin di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: