//
Anda membaca...
Olahraga

Final Liga Champions 2016 Akan Digelar di San Siro

Foto Stadion San Siro, Kandang AC Milan dan Inter

Liputan6.com

UEFA akhirnya secara resmi mengumumkan tempat yang akan menggelar pertandingan final Liga Champions tahun 2016 yaitu Stadion San Siro atau Giuseppe Meazza. Seperti kabar yang telah beredar luas, federasi sepakbola Eropa menunjuk markas FC Internazionale dan AC Milan ini untuk menjadi tempat dihelatnya partai prestisius tersebut.

Kabar mengenai penunjukkan San Siro sebenarnya telah beredar cukup lama, namun penundaan dalam proses administrasi dan pembenahan yang diperlukan stadion diyakini menghambat munculnya pengumuman resmi, hingga hari ini.

“Stadion Giuseppe Meazza atau dikenal juga sebagai San Siro telah dipilih untuk menjadi tuan rumah final Liga Champions UEFA 2016,” bunyi pernyataan resmi UEFA seperti dilansir situsUefa.com, Jumat, 19 September 2014. Komite Eksekutif UEFA telah menetapkan Stadion San Siro sebagai tuan rumah lewat pertemuan di Nyon pada Kamis waktu setempat.

Dengan demikian, ini akan menjadi kali keempat San Siro menyelenggarakan final turnamen nomor satu antarklub Eropa itu, setelah gelaran 1965, 1970, dan 2001, sekaligus menandai kampanye kesembilan Liga Champions yang pertandingan pamungkasnya digelar di Italia.

Sementara final tahun ini akan dihelat di Olympia stadion Berlin, Jerman, pada 6 Juni 2015. Sementara itu, final Liga Europa untuk tahun 2016 juga telah ditentukan, yaitu St Jakob Park, Basel. Berikut ini fakta-fakta menarik Stadion San Siro:

-Stadion tersebut dibangun untuk AC Milan pada tahun 1925 dan memiliki nama sesuai dengan lokasi, San Siro.

-Hari ini, Jumat, 19 September 2014, tepat 88 tahun yang lalu Inter mengalahkan Milan dengan skor 6-3 dalam pertandingan pembukaan stadion.

-AC Milan menjual hak milik stadion ke pemerintahan setempat pada tahun 1935, sebelum pemugaran stadion dengan menambah kapasitas tempat duduk hingga lebih dari 50 ribu kursi pada 1939.

-Inter pindah ke stadion yang sama pada 1947, dan melakukan perombakan pada pertengahan 1950-an dengan menambah kapasitas kursi menjadi lebih dari 100 ribu.

-Pada tahun 1965, Inter memenangkan final Liga Champions (dulu Piala Eropa) pertama yang dihelat di San Siro, diikuti Feyenoord pada 1970, dan Bayern Munchen pada 2001.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: