//
Anda membaca...
Olahraga

Lolos 16 Besar AG 2014, Indonesia Kalahkan Maladewa 4-0

Foto Suasana Laga Indonesia Vs Maladewa, Asian Games 2014

Tim nasional Indonesia U-23 berhasul lolos babak 16 besar setelah mengalahkan Maladewa dengan skor 4-0 pada pertandingan lanjutan penyisihan Grup E cabang sepak bola Asian Games 2014, di Incheon Football Stadium, Kamis (18/9/2014). Gol pertama Indonesia dicetak Rizki Ramdani Lestaluhu di menit ke-13.

Pelatih timnas Indonesia U-23, Aji Santoso, mempertahankan tim utama yang di laga pertama menang telak 7-0 atas Timor Leste. Tercatat hanya satu pemain yang diganti, yaitu Syakir Sulaiman. Posisi yang ditinggalkan pemain Sriwijaya FC itu diisi oleh Fandi Eko Utomo.

Masuknya striker Persebaya itu membuat Aji Santoso menerapkan formasi 4-4-2, di mana anak kandung dari mantan pemain timnas Yusuf Ekodono berduet dengan Ferdinand Sinaga, yang mencetak quattrick di laga pertama.

Pemain berusia 23 tahun itu menjawab kepercayaan yang diberikan pelatih. Fandi memberikan umpan matang dengan melob bola ke area kotak penalti, yang mengarah kepada Ramdani Lestaluhu. Berhadapan langsung dengan kiper, pemain Persija itu menendang bola masuk ke gawang. Pada babak pertama, beberapa kali Fandi mengancam gawang Maladewa. Namun, sayang belum ada gol yang diciptakan mantan pemain Persela Lamongan itu.

Ramdani memiliki peluang menciptakan gol kedua pada menit ke-26. Alfin berhasil melakukan tusukan dari sisi kiri pertahanan Maladewa. Pemain Persebaya Surabaya tersebut kemudian memberikan umpan tarik kepada Ramdani. Sayang, pemain Pemain Persija tersebut terlalu terburu-buru melepaskan tembakan sehingga bola melambung di atas mistar lawan.

Setelah itu, tim besutan Aji Santoso ini kesulitan menciptakan peluang. Maladewa terlihat kokoh membangun lini pertahanannya. Tak hanya itu, Maladewa juga terlihat percaya diri menguasai bola. Bahkan, Maladewa nyaris mencetak gol balasan melalui tandukan Hamza Mohamed pada menit ke-40. Beruntung, kiper Andritany masih sigap menepis bola. Penyelamatan Andritanya sekaligus mengunci keunggulan Garuda Muda dengan skor 1-0 pada babak pertama.

Ferdinand Sinaga menggandakan keunggulan saat babak kedua belum genap empat menit. Gol bermula dari terobosan di sisi kanan yang diterima Alfin Tuasalamony. Bek Persebaya ini lantas masuk ke dalam kotak sebelum melepaskan umpan ke tiang jauh. Ferdinand Sinaga yang sudah menunggu, mengecoh satu pemain belakang lawan sebelum menceploskan bola melewati hadangan kiper Maladewa.

Bayu Gatra mengubah skor jadi 3-0 di menit 56. Gol Bayu tak lepas dari peran Ferdinand. Kedua pemain ini melepaskan umpan satu-dua yang lantas dieksekusi Bayu jadi gol ketiga Indonesia. Ferdinand mencetak gol keduanya di laga itu untuk membuat skor jadi 4-0 di menit 80. Gol kedua Ferdinand ini dicetak dari titik putih.

Hukuman penalti diberikan wasit setelah Alfin Tuasalamony diganjal di dalam kotak terlarang. Ferdinand menendang bola ke arah kanan kiper. Kiper Maladewa, Mohamed Jazlaan hanya melihat arah bola tanpa berusaha melompat. 4-0 untuk Indonesia U-23.

Namun, Indonesia harus kehilangan Andritany pada menit ke-62. Kiper Persija Jakarta tersebut harus ditandu keluar lapangan seusai berbenturan dengan Mohamed Muslih. Aji Santoso memilih memasukkan Teguh Amiruddin untuk menggantikan posisi Andritany. Di sisa pertandingan tidak ada gol tambahan, timnas U-23 menang empat gol tanpa balas.

Dengan kemenangan ini, Merah Putih otomatis lolos ke babak 16 besar setelah sementara menjadi juara grup E dengan mengoleksi enam poin dari dua pertandingan. Selanjutnya, Indonesia akan melawan Thailand pada pertandingan penyisihan grup E, Senin (22/9/2014). Laga nanti untuk menentukan juara dan runner-up grup.

Lihat semua gol yang dicetak Indonesia ke gawang Maladewa pada video Youtube di bawah ini.


Susunan Pemain

Maladewa: 1-Mohamed Jazlaan; 2-Ahmed Numaan, 3-Samdhooh Mohamed, 4-Amdhan Ali, 13-Shafiu Ahmed; 6-Mohamed Arif, 12-Hassan Shifaz, 14-Hamza Mohamed, 15-Moosa Yaamin, 16-Mohamed Irufaan; 10-Asadhulla Abdulla
Pelatih: Dargo Mamic

Indonesia: 12-Andritany Ardhiyasa; 3-Dany Saputra, 4-Victor Igbonefo, 12-Manahati Lestusen, 26-Alfin Tuasalamony; 23-Bayu Gatra, 15-Achmad Jufriyanto, 7-Ramdani Lestaluhu, 11-Dedi Kusnandar; 8-Fandi Eko Utomo; 17-Ferdinand Sinaga
Pelatih: Aji Santoso

Wasit: Al Qaysi Ali Sabah Adday

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: