//
Anda membaca...
Bisnis, Hukum dan Peristiwa

Diprotes Starbucks, Akhirnya Pecel Lele Lela Ganti Logo

Gambar Logo Pecel Lele Lela Yang Lama dan Baru

Akhirnya Pecel Lele Lela mengganti logo secara perlahan di setiap gerainya karena diprotes Starbucks Coffee Company sejak Desember 2011 lalu karena dianggap memiliki persamaan pada pokoknya dengan logo milik Starbucks dalam bentuk dan warna. Seperti yang diberitakan Kompas.com, kuasa hukum Starbucks Lenny Huang dari kantor hukum Suryomurcito & Co mengatakan, pihaknya sebelumnya sudah mengirim surat peringatan pertama kepada Rangga, pemilik Pecel Lele Lela. Dilanjutkan dengan pembicaraan via telepon dan tatap muka.

Lantas sebelum perkara tersebut sempat bergulir di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat, Rangga menunjukkan sikap kooperatif dan itikad baik. Dimana setelah melakukan mediasi hampir dua bulan, akhirnya Rangga setuju mengubah brand logo miliknya. Inilah sebabnya masalah ini tidak sampai ke ranah hukum.

Persetujuan tersebut ditandatangani Rangga pada 1 Januari 2012 lalu. “Waktu itu kami sepakat bahwa Pak Rangga akan mengubah semua logo gerai pecel lele miliknya dan mitranya selama enam bulan sejak adanya agreement tersebut,” ujar Lenny kepada Rabu (17/9/2014).

Namun karena gerai franchise Pecel Lele ini cukup banyak yakni 87 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia dan di Malaysia, maka proses pengubahan logo pun molor hingga bulan September 2014. Dalam proses itu, Lenny bilang Rangga juga telah kembali mendaftarkan logo barunya ke Direktur Jenderal Hak Kekayaan Intelektual dan menghapus pendaftaran logo lama yang menyerupai logo Starbucks.

Tapi realisasi pergantian logo di lapangan berjalan lambat karena beberapa mitra enggan mengubah logo karena masih baru buka usaha. “Jadi para mitranya berpikir kalau cepat mengubah logo bisa dianggap tidak serius oleh konsumen,” terangnya. Lenny melanjutkan, perubahan logo gerai terakhir dilakukan pada Senin, 15 September 2014 pekan ini di gerai daerah Serpong dan Margonda, Depok. Perubahan tersebut dilakukan oleh PT Dong Han Indonesia asal Jakarta.

Terkait perubahan logo tersebut, Rangga telah menyampaikan pernyataan tertulis pada bulan Agustus 2014 lalu. Dalam pernyataannya tersebut, ia menegaskan telah memiliki logo baru. Hal itu dilakukan setelah melakukan mediasi dengan pihak kuasa hukum Starbucks karena logo lama miliknya memiliki kesamaan dengan logo Starbucks.

“Pecel Lele Lela secara resmi mengumumkan peluncuran logo baru yang telah direvisi,” ujar Rangga seperti dikutip dari pernyataan tertulisnya. Terkait hal ini, sudah mencoba menghubungi nomor telepon Rangga namun tidak aktif.

Lele Lela Dianggap Numpang Logo Biar Cepet Kaya

Pecel Lele Lela, sejak kemarin hingga hari ini Jumat (19/9/2014) menjadi sorotan masyarakat karena masalah kemiripan logonya dengan logo kedai kopi global asal Amerika Serikat, Starbuck Coffee Company. Sebenarnya pihak Starbuck telah memprotes Pecel Lele Lela sejak akhir 2011.

Kabar tersebut pun langsung menjadi perbincangan masyarakat di linimasa Twitter. Para Tweeple menganggap Starbuck yang telah memiliki nama besar ini potensial logonya ditiru oleh para pebisnis makanan maupun minuman, termasuk Pecel Lele Lela.

Di linimasa Twitter, para Tweeple bahkan menanyakan kabar pemberitaan Pecel Lele Lela ke akun Rangga Umara @RanggaUmara selaku pemilik Pecel Lele Lela. Seperti yang diungkapkan akun @AdieFC, ia mempertanyakan logo yang mirip dengan Starbuck kepada Rangga “Logo pecel lele lela digugat, apakah ini akibat Blunder Strategi Amati Tiru & Modifikasi?? @RanggaUmara.”

Lalu akun @sastraBALI yang membuat ciapan bahwa nggak apa-apa meniru untuk mengikuti kesuksesan Starbuck “yaa..numpang biar cepet kaya, bole lah.” Adapula akun @herafebriani yang menanyakan logo terbaru Pecel Lele Lela kepada Rangga “@RanggaUmara @Hamdan_SK skrg logo baru pecel lele lela gimana kang?.” Lalu ditanggapi oleh ‏@RanggaUmara dengan menjawab “Msh yg gambar ‘Lele Naik Daun’ (dengan memberikan emoticon tersenyum).”

Namun, sejak 2012 hingga September 2014 Pecel Lele Lela secara bertahap mengganti logonya di 80 gerai waralabanya termasuk yang di Malaysia. Pada Senin, 15 September 2014 perubahan logo terakhir pun dilakukan pada gerai di daerah Margonda Depok dan Serpong.

Saat ini, Pecel Lele Lela mengubah logonya dari bundar menjadi kotak dengan memadukan warna hijau dan kuning serta gambar lele tertawa di atas piring. Perubahan tersebut dilakukan setelah Starbuck memprotes logo Pecel Lele Lela pada Desember 2011 karena Pecel Lele Lela dianggap memiliki logo yang serupa dengan Starbuck.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: