//
Anda membaca...
Olahraga

Bandung, Jakarta dan Palembang Kota Penyelenggara Asian Games 2018

Foto Menpora Roy Suryo Beri Keterangan Pers Soal Asian Games 2018

Tiga kota di Indonesia terpilih menjadi tuan rumah penyelenggara Asian Games 2014 yaitu Bandung, Jakarta dan Palembang. Rencananya, upacara pembukaan akan digelar di Jakarta dan penutupan di Palembang.

“Alhamdulillah sudah ada kepastian Indonesia menjadi host country. Ada tiga kota yang jadi penyelenggara yaitu Jakarta, Palembang (Sumsel) dan Bandung (Jabar),” kata Menteri Pemuda dan Olahrga Roy Suryo, Minggu (21/9/2014). Keputusan tersebut, lanjut Roy, ditetapkan lewat penandatanganan nota kesepahaman di Incheon, Korea Selatan, tepat sebelum pembukaan Asian Games XVII, Jumat (19/9/2014).

Hadir dalam penandatanganan itu, sebut Roy, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dan Wakil Gubenur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. “Perwakilan Jawa Barat sayangnya tidak bisa hadir karena berhalangan,” kata Roy dalam konferensi pers di Bandara Soekarno Hatta itu.

Roy menambahkan, Dewan Olimpiade Asia (OCA) membuat aturan bahwa Jakarta harus menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan dalam hajatan itu. “Stadion Utama Gelora Bung Karno akan jadi tempat pembukaan, sedangkan penutupan akan digelar di Stadion Jakabaring, Palembang,” kata dia.

Penentuan tiga kota penyelenggara merupakan pertimbangan karena Komite Olimpiade Asia (OCA) tidak memperkenankan Indonesia untuk membangun venue baru, terkecuali bisa selesai paling lambat pada 2016. Alasannya yakni karena proses penilaian oleh perwakilan OCA atas venue atau area yang akan digunakan dimulai pada 2016 sehingga disarankan tidak membangun venue baru.

“Ini untuk menghindari kejadian di Incheon di mana wali kota sebelumnya sangat mendukung acara Asian Games, tapi wali kota yang saat ini menjabat tidak begitu mendukung acara ini sehingga banyak venue yang terbengkalai. Makanya OCA sudah wanti-wanti agar Indonesia tidak membangun venue baru,” ujarnya.

“Oleh karena itu pula GBK akan direnovasi dan dipastikan sudah selesai pada 2016,” kata Menpora. Dia mengatakan DKI Jakarta dipastikan akan membangun satu velodrome untuk arena balap sepeda. Arena itu juga dipastikan akan rampung sebelum 2016. Sementara Palembang yang berpengalaman menjadi tuan rumah SEA Games 2011 dan Islamic Solidarity Games 2013 akan berbenah diri.

“Kalau di Bandung, Stadion Gedebage atau Bandung Lautan Api akan dibangunintersection dengan ujung tol Padalarang-Cileunyi. Itu juga sudah ditinjau, jadi mudah-mudahan lancar,” ujarnya.

KPK Akan Kawal Pelaksanaan Asian Games 2018

Dewan Olimpiade Asia (OCA) meminta Indonesia mempersiapkan semua venue hingga tahun 2016. Namun, menurut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo, OCA melarang Indonesia membuat venue baru yang akan digunakan di Asian Games 2018. OCA khawatir kalau pembangunan venue baru akan berdampak negatif.

Agar masalah tersebut tidak muncul selama proses persiapan, Menpora atas nama pemerintah akan meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar mengawal pelaksanaan perhelatan olahraga terbesar di kawasan Asia tersebut.

“Jangan sampai even yang sangat baik ini dikotori oleh niat-niat untuk malah hanya ingin suksesnya penyelenggaraan, termasuk pembangunan venue,” kata Menpora. “Bahkan, untuk pembangunan venue saja, COA sudah merekomendasikan agar tidak melakukan pembangunan, dan harus selesai pada 2016.”

Menpora menganggap masalah persiapan ini harus dilakukan secara serius. Roy tidak mau kejadian pada penyelenggaraan Asian Games tahun di Incheon, Korea Selatan, terulang di Indonesia. Mereka menyediakan arena pertandingan seadanya. “Incheon pun jika masih ada waktu akan ditarik, namun karena tidak ada lagi waktu, dan tak ada yang mau menggantikannya maka tetap dilangsungkan,” kata Menpora.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: