//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Kronologi dan Penyebab Kecelakaan Maut di Pintu Tol Suramadu

Foto Honda Jazz Hancur pada Kecelakaan Suramadu

Inilah kronologi dan penyebab kecelakaan maut yang terjadi di pintu loket Tol Suramadu, sisi Madura, Jawa Timur, kemarin, Selasa siang (23/9/2014) yang memakan beberapa korban. Selain satu orang tewas yang merupakan sopir Honda Jazz berwarna pink, diketahui satu orang kritis, dan satu luka ringan dalam insiden yang terjadi sekitar pukul 10.15 WIB itu.

Seperti berita yang dirilis merdeka.com, kejadian yang melibatkan lima kendaraan yaitu, Isuzu Elf Nopol M 7667 UA, Izusu Elf Nopol M 7219 UG, Truk Fuso Nopol DK 9541 GI, Honda Jazz Nopol N 1568 GU, dan Dump Truk Nopol L 8074 DJ pengangkut sirtu (pasir batu), itu terjadi saat empat kendaraan yang berada di depan Dump Truk tengah antre di loket masuk.

“Saat itu, empat kendaraan tengah antre di gardu pertama dari empat gardu yang dibuka. Tiba-tiba dari arah belakang muncul Dump Truk dengan kecepatan tinggi dan menabrak empat mobil di depannya. Dugaannya remnya blong,” kata Penjaga Gardu 4, Wiwit di lokasi kejadian.

Dia mengatakan, akibat kejadian itu satu orang meninggal dunia, yaitu sopir Honda Jazz, Samsul Arifin warga Sumenep, yang berada di urutan empat atau tepat berada di Dump Truk yang diduga mengalami rem blong. Sedangkan sopir Dump Truk sendiri, dalam kondisi kritis dan sudah dievakuasi ke rumah sakit.

Sementara satu orang mengalami luka ringan, adalah penjaga Gardu Loket 1, bernama Fiki Rahmat. Wiwit kembali menceritakan, ketika Isuzu Elf yang diketahui dikemudikan Samuki, hendak membayar karcis di Gardu Loket 1, di belakangnya lagi ada Isuzu Elf yang juga menunggu giliran, kemudian Truk Fuso di urutan tiga.

Tepat di belakang ketiga kendaraan itu, datang Honda Jazz warna pink melaju perlahan dan menuju Gardu Loket 2. Dan saat itulah, Dump Truk pengangkut pasir batu melaju dengan kecepatan sekitar 80 Km/jam menghantam Honda Jazz dengan keras.

“Tiba-tiba dari belakang Dump Truk melaju dengan kecepatan tinggi dan menghantam Honda Jazz dari belakang hingga terdorong ke depan lalu menabrak beton pengaman di depan loket 2,” kata Wiwit. Setelah menabrak Honda Jazz, Dump Truk langsung oleng ke kanan dan menabrak Truk Fuso, kemudian menabrak dua mobil Elf yang berada di Gardu Loket 1. “Untuk Elf yang berada di paling depan, selesai membayar tiket,” ucapnya lagi.

Sementara itu, hingga pukul 12.30 WIB, meski proses evakuasi belum berakhir, arus lalu lintas di Jembatan Suramadu sudah mulai sedikit lancar. Untuk Dump Truk sendiri yang terguling, sudah berhasil diberdirikan, dan kendaraan lainnya sudah dipinggirkan. “Korban tewas (pengemudi Honda Jazz) dan luka sudah dibawa ke rumah sakit terdekat,” tandas dia.

Rem Truk Fuso Blong, Penyebab Tabrakan Beruntun di Suramadu

Kecelakaan beruntun di pintu tol jembatan sepanjang 5,4 kilometer yang terjadi Selasa (23/9/2014), sekitar pukul 11.00 WIB itu, melibatkan empat kendaraan bermotor, yakni minibus, mobil Honda Jazz berwarna merah muda, dan dua truk. Akibat kecelakaan ini, mobil Honda Jazz remuk tak berbentuk sementara pengemudinya tewas tergencet mobil.

Dari hasil olah tempat kejadian perkara, polisi menyebutkan bahwa kecelakaan beruntun ini bermula saat truk fuso dalam kondisi rem blong dan berada di belakang sejumlah kendaraan yang sedang antre membeli tiket di loket Tol Suramadu (baca juga: Kecelakaan di Pintu Loket Suramadu, Honda Jazz “Pink” Remuk).

Truk fuso itu menabrak truk yang ada di depannya hingga kemudian menabrak mobil Jazz berwarna merah muda yang ada di depannya. Mobil tersebut lalu menabrak minibus yang ada di antrean paling depan. Akibat kecelakaan ini pula, sopir truk dan penumpang minibus mengalami luka-luka. Namun, sebagian korban luka sudah diperbolehkan pulang.

“Kalau sopir truknya luka-luka dan telah dirujuk ke rumah sakit,” kata Kanit Laka Lantas Polres Bangkalan Iptu Puji Purnomo. Sebelumnya, Polda Jatim langsung mengirimkan unit Traffic Analysis Accident (TCC) ke lokasi kecelakaan di pintu jembatan Suramadu sisi Madura untuk mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan yang dinilai menonjol.

Wakil Direktur Lalu Lintas (Wadirlantas) Polda Jatim, AKBP Yusuf, mengatakan bahwa pihaknya ketika mendapatkan laporan terjadinya kecelakaan di pintu jembatan Suramadu langsung memerintahkan tim TAA Polda Jatim untuk membantu olah TKP. “Mengingat jembatan Suramadu sebagai ikon nasional jadi sangat penting diketahui apa penyebab kecelakaan sebenarnya di situ secara detail,” kata Yusuf di Mapolda Jatim.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: