//
Anda membaca...
Olahraga

Timnas U-23 Takluk 1-4 dari Korea Utara di Asian Games 2014

Foto Aksi Pak Kwangryong Bobol Gawang Indonesia

Kompas

Tim Nasional (Timnas) Indonesia tidak berdaya menghadapi Korea Utara dan takluk 1-4 sehingga tidak lolos ke babak perempatfinal cabang sepak bola Asian Games 2014. Gol-gol Korut itu dilesakkan oleh Pak Kwangryong di menit 19, Jo Kwang di menit 39, dan Jong Ingwan pada menit 41. Berlangsung di Ansan Wa Stadium, Jumat (26/9/2014), dipimpin oleh wasit Al Marri Khamis Mohammed SA, Indonesia sebetulnya tampil dengan kekuatan penuh demi memastikan tiket perempat final.

Sepanjang paruh pertama laga, tim besutan Aji Santoso itu tak mencatatkan sepakan ke gawang Korut. Sementara itu, Korut mampu melepaskan percobaan 15 kali, enam kali tepat sasaran. Timnas U-23 sempat membalas satu gol lewat Fandi Eko Utomo di babak kedua, tapi Ingwan kembali mampu membawa Korut menjauh.

Dengan kemenangan ini, Korut berhak lolos ke babak perempatfinal. Raihan ini membawa mereka membukukan diri melaju ke babak delapan besar untuk empat kali berurutan. Korut akan berhadapan dengan Uni Emirat Arab pada babak perempatfinal, yang di laga sebelumnya memetik kemenangan 3-1 atas Vietnam.

Sementara di kubu Indonesia raihan terbaik yang pernah didapat adalah medali perunggu saat gelaran Asian Games 1958. Raihan babak 16 besar kali ini merupakan ulangan saat berlaga di Asian Games 2006 saat berlaga di Qatar.

Jalannya Pertandingan

Andritany Ardhiyasa, Dedi Kusnandar, dan Ramdani Lestaluhu yang sebelumnya cedera, ditampilkan pada pertandingan ini. Namun, Garuda Muda harus tertinggal lebih dulu oleh gol Pak Kwangryong pada menit ke-18. Pemain bernomor punggung 19 tersebut berhasil menaklukkan kiper Andritany setelah menanduk bola dari umpan silang yang dilepaskan di sisi kanan pertahanan Indonesia.

Tertinggal, Indonesia terlihat kesulitan mengembangkan permainannya. Korut lebih percaya diri menguasai bola. Bahkan, Indonesia nyaris kembali kebobolan seandainya Andritany tidak sigap menepis tembakan Pak Kwangryong pada menit ke-30.

Di dalam kotak penalti lawan, Jong Ingwan dengan kepalanya berhasil memberikan bola kepada Kwangryong. Kwangryong langsung melepaskan tembakan keras tetapi beruntung bisa ditepis Andritany. Setelah itu, Korut terus-menerus menggempur pertahanan Indonesia. Dedi Kusnandar dan kawan-kawan berusaha memanfaatkan serangan balik tetapi transisi mereka terlalu mudah dipatahkan lawan.

Di balik terkenanan tersebut, Indonesia memiliki sebuah peluang emas melalui aksi Alfin yang berhasil merangsek ke dalam kotak penalti lawan. Alfin kemudian memberikan bola kepada Ferdinand. Sayang, penyerang Persib Bandung tersebut tak sempurna menguasai bola sehingga hilanglah peluang tersebut.

Korut membalasanya melalui dua gol cepat Jo Kwang (39) dan Jong Ingwan (40). Jo Kwang melepaskan tandukan keras usai memanfaatkan umpan silang yang dilepaskan Ri Yongjik dari sisi kiri pertahanan Indonesia.

Semenit kemudian, giliran Jong Ingwan yang mencatatkan namanya di papan skor. Pemain bernomor punggung 11 tersebut berhasil melepaskan tendangan meskipun dikawal ketat Manahati. Bola hasil tembakannya sempat membentur Manahati, sebelum bersarang di gawang Andritany. Gol ini pun mengunci keunggulan Korut 3-0 pada babak pertama.

Selepas jeda, Indonesia kembali memiliki peluang emas melalui pergerakkan Ramdani yang berhasil menembus kotak penalti lawan. Namun, pemain Persija Jakarta tersebut terjatuh, sebelum melepaskan tembakan. Wasit Al Marri Khamis menilai insiden tersebut bukan sebagai sebuah pelanggaran.

Indonesia akhirnya mampu memperkecil ketertinggalan melalui gol Fandi Eko Utomo pada menit ke-60. Gol bermula dari sepakan keras Dedi Kusnandar yang dilepaskan di luar kotak penalti lawan yang berhasil ditepis Ri Myongguk. Fandi yang tak terkawal berhasil menanduk bola rebound tersebut dan gol.

Namun, Indonesia kembali dibungkam oleh gol Jong Ingwan pada menit ke-66. Gol bemula dari kemelut yang terjadi di depan gawang Indonesia. Berdiri bebas, Jong tanpa kesulitan melepaskan tembakan yang membuat bola bersarang ke tengah gawang. Korut pun untuk sementara unggul 4-1.

Setelah itu, Indonesia gagal memanfaatkan waktu yang ada untuk mencetak gol balasan hingga laga usai. Korut pun menang 4-1. Dengan kemenangan ini, Korut akan menantang Uni Emirat Arab pada perebutan tiket semifinal yang akan digelar Minggu (28/9/2014).

Simak video Youtube yang memuat semua gol dan highlight pertandingan

Susunan Pemain

Korea Utara: 1-Ri Myongguk (An Taesong 75); 3-Jang Songhyok, 4-Jang Kukchol, 6-Kang Kukchol, 13-Sim Hyonjin; 11-Jong Ingwan, 12-Ri Yongjik, 14-Yun Ilgwang (Ju Jongchol 68), 20-So Kyongjin; 15-Ri Hyokchol (Jo Kwang 38), 19-Pak Kwangryong
Pelatih: Yun Jongsu

Indonesia: 12-Andritany Ardhiyasa; 26-Alfin Tuasalamony, 4-Victor Igbonefo, 13-Manahati Lestusen, 3-Dani Saputra; 11-Dedi Kusnandar, 15-Achmad Jufriyanto; 7-Ramdani Lestaluhu, 8-Fandi Eko Utomo, 23-Bayu Gatra; 17-Ferdinand Sinaga
Pelatih: Aji Santoso

Wasit:

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: