//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Golkar Klaim Dapat Jatah Ketua DPR dan Wakil Ketua MPR

Foto Suasana dan Hasil Rapat Pleno Golkar

Partai Golkar mengklaim sebagai pimpinan KMP sehingga akan mendapat jatah kursi Ketua DPR dan MPR sebagai bagian pengaturan kursi di Koalisi Merah Mutih. “Kami sudah membicarakan tentang pimpinan DPR dan MPR dari Fraksi Golkar.

“Semalam kita sudah membicarakan mengenai pimpinan DPR dan pimpinan MPR dari fraksi Golkar, kalau tidak aral melintang fraksi Golkar akan mengambil posisi Ketua DPR dan wakil ketua MPR,” kata Priyo usai diskusi “Drama Paripurna” di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (27/9/2014).

Kalau tidak ada aral melintang, Fraksi Golkar akan mengambil ketua DPR dan wakil ketua MPR,” ujar Priyo. Menurut Priyo, telah banyak nama kader Golkar yang dimunculkan untuk menjadi ketua DPR atau wakil ketua MPR. Sebut saja Setya Novanto, Ade Komaruddin dan Fadel Muhammad untuk kursi ketua DPR.

“‎Nama wakil ketua MPR yaitu Titiek Soeharto, Rambe Kamaruljaman, Mahyuddin dan Agun Gunandjar Sudarsa. Nama-nama itu pleno memutuskan diserahkan kepada ketua umum (Aburizal Bakrie) dengan waktu tidak terlalu lama, paling lambat besok diumumkan,” ujar Priyo.

Lalu bagaimana dengan kursi ketua MPR? Apakah Partai Demokrat yang akan mengisi? Priyo pun tak menjawabnya secara tegas. “Ini masih dikerucutkan, tapi tanda-tandanya Golkar berkeinginan mengambil ketua DPR dan wakil ketua MPR. Yang lainnya sedang dikonfigurasikan,” tutup Priyo.

Salah satu sayap oraginasi Partai Golkar yakni Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) menilai sosok Ade paling layak untuk menjabat sebagai Ketua DPR RI. Sekretaris Dewan Pembina SOKSI, Bobby Suhardiman angkat bicara perihal pencalonan orang nomor satu di DPR ini. Menurutnya, ini adalah momentum yang tepat bagi Partai Golkar untuk mengembalikan marwahnya sebagai partai besar.

“Ade Komarudin lebih layak dan pantas untuk dipertimbangkan,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima, Sabtu (27/9). Ade Komarudin merupakan legislator terpilih periode 2014-2019 dengan tingkat kepercayaan tinggi dari konstituennya. Ini dibuktikan dengan jumlah perolehan suara Ade yang menempati urutan ketiga terbanyak dalam internal Partai Golkar setelah Nusron Wahid dan Dodi Alex Noerdin.

Capaian ini diraih Ade Komarudin di tengah kesibukannya menjadi Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Golkar Wilayah Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat. Di bawah komandonya, tercatat 21 legislator berhasil lolos ke Senayan. Sebelumnya Ade Komaruddin menyatakan siap menjadi ketua DPR jika mendapat perintah DPP. “Saya ikut saja lah. Dicalonkan ya saya siap,” ujarnya.

Sementara itu, Setya Novanto menilai lawan terberatnya dalam bursa calon Ketua DPR RI adalah Fadel Muhammad. Fadel Muhammad sudah lama menjadi politisi di partai beringin, terlebih dengan jabatan yang diembannya saat ini Wakil Ketua Umum Partai Golkar. “Pak Fadel yang kuat,” singkat pria yang akrab disapa Setnov ini di Kantor DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli Murni, Slipi, Jakarta, Jumat (26/9/2014).

Setnov juga tidak mempersoalkan dirinya menjadi kandidat terkuat di kursi calon Ketua DPR RI. Lantaran, menurutnya yang penting bisa berkontribusi demi Indonesia khususnya di parlemen. “Terserah saja, gimana yang terbaik buat kepentingan partai, dan kepentingan DPR yang akan datang untuk membesarkan kepentingan bangsa dan negara. Karena ke depan banyak tugas-tugas yang berat dan banyak tantangan,” tegasnya. (Baca: Bagaimanakah Pembagian Jatah Kekuasaan di Koalisi Prabowo?)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: