//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Penyebab Ledakan di PLTU Kanci Cirebon: Pipa Boiler Bocor

Foto Ledakan di PLTU Cirebon Akibat Pipa Boiler Pecah

Twitter

Ternyata penyebab ledakan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Kanci, Cirebon, Jawa Barat adalah akibat pipa boiler yang bocor yang terjadi sekitar pukul 13.00 WIB, Jumat (26/9/2014). “Pipa boiler bocor sehingga menimbulkan ledakan dan asap yang cukup tebal,” kata Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Jumat siang, seperti yang diberitakan Kompas.

Martinus mangatakan, menurut laporan dari pihak keamanan PLTU, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun, akibat dari kejadian tersebut, suplai listrik sebesar 660 MW ke PLN dari PLTU Kanci terhenti. Ledakan tersebut menyebabkan kerusakan di beberapa komponen PLTU.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan, penyebab ledakan sudah dipastikan berasal dari pecahnya saluran uap panas dari boiler yang disalurkan melalui pipa bertekanan tinggi. “Benar pecah, sehingga menimbulkan ledakan dan kerusakan di sekitar boiler berupa kaca-kaca yang ikut pecah,” kata Martinus saat dihubungi melalui ponselnya, Jumat sore.

Martinus mengatakan, ledakan tersebut menyebabkan awning penutup sobek, besi-besi penyangga di sekitarnya melengkung, serta endapan air laut yang dipanaskan berserakan. “Dapat dipastikan tidak ada korban jiwa. Di lokasi kejadian tidak ada pekerja yang bertugas karena lingkungannya panas dan bertekanan tinggi,” terangnya.

Ledakan tersebut sempat menarik perhatian warga karena terdengar hingga jarak lebih dari 15 kilometer. Warga pun berbondong-bondong memadati lokasi untuk menyaksikan kejadian yang cukup mengejutkan itu. “Saat ini Polres Cirebon sudah menempatkan personelnya untuk pengamanan lokasi, dan masyarakat sudah berangsur-angsur meninggalkan TKP,” tandasnya.

“Suaranya bergemuruh, seperti mau hujan besar. Ngeri dan cukup lama,” kata Yati, warga Cangkring, Kelurahan/Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat, yang berjarak sekitar 15 kilometer dari lokasi PLTU Cirebon di Desa Kanci, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon.

Suara ledakan yang sangat dahsyat lebih dirasakan oleh warga yang berada di sekitar PLTU Kanci. Seperti diungkapkan Anto, warga Desa Waruduwur, Kecamatan Astanajapura. “Suara dahsyat sekali. Seperti suara bom atau gunung meletus,” katanya. Akibat dahsyatnya suara ledakan, membuat 4 orang anggota keluarganya pingsan. Tidak hanya itu, dinding luar rumahnya pun mengalami retak-retak. Puluhan rumah warga lainnya pun mengalami kondisi yang sama.

Mereka pun akhirnya beramai-ramai mendatangi lokasi ledakan yaitu di PLTU Cirebon. Selain untuk mencari tahu penyebab ledakan besar, mereka pun menuntut agar PLTU Cirebon mengganti rugi rumah mereka yang mengalami retak-retak. Ledakan mengakibatkan kawasan PLTU diselimuti asap putih. Cukup lama asap yang berasal dari ledakan itu sebelum akhirnya berangsur-angsur hilang karena embusan angin.

PLN Pastikan Listrik Jawa-Bali Aman

PT PLN (Persero) memastikan pasokan listrik di wilayah Jawa-Bali tetap aman meski terjadi kebakaran di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Cirebon, Jawa Barat. Direktur Operasi Jawa-Bali-Sumatera PLN, Ngurah Adnyana mengatakan, PLTU tersebut dioperasikan oleh pihak swasta (Independent Power Producer/IPP). “Gangguan di PLTU Cirebon itu milik IPP,” kata Adyana saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Jumat (26/9/2014).

Meski terjadi kebakaran pada PLTU tersebut, Adnyana menuturkan saat ini sistem penyaluran listrik masih aman sehinggi tidak menyebabkan pemadaman. Pasalnya, cadangan listrik di sistem Jawa-Bali cukup tinggi. Saat ini total kapasitas pembangkit di sistem Jawa-Bali sekitar 31 ribu megawatt (MW), sedangkan beban puncak berada di level 23 ribu MW. “Sistem aman, tidak ada yang padam,” tegasnya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: