//
Anda membaca...
Olahraga

Atlet Wushu Malaysia Doping, Indonesia Raih Emas ke-4

Foto Atlet Wushu Indonesia, Juwita Niza Wasni

Pewushu Malaysia, Tai Cheau Xuen dinyatakan doping sehingga Indonesia mendapat tambahan satu medali emas lewat atlet wushu, Juwita Niza Wasni, menyusul dibatalkannya emas yang didapat atlet Malaysia tersebut di nomor nanquan dan nandao, Selasa (30/9/2014).

Tai Cheau Xuen menjadi atlet ketiga yang gagal tes doping pada Asian Games ke-17 di Incheon, Korea Selatan. Tai menjalani tes doping setelah memenangi nomor nanquan dan nandao pada 20 September, yang merupakan emas pertama bagi Malaysia. Dia kedapatan memakai stimulan sibutramine.

“Atlet tersebut (Tai) telah didiskualifikasi dari Asian Games, gelarnya dibatalkan, dan medalinya juga ditarik,” ujar Dewan Olimpiade Asia (OCA), Selasa (30/9/2014). Pengumuman ini ditunda karena ofisial Malaysia meminta sampel B untuk diuji.

Sebelumnya, pesepak bola Tajikistan, Khurshed Beknazarov, dan pemain soft tennis Kamboja, Yi Sophany, juga dikeluarkan dari Asian Games 2014 setelah gagal tes doping. OCA berencana melakukan tes doping bagi 1.900 atlet peserta Asian Games 2014.

Juwita berada di urutan kedua pada nomor ini yang merupakan medali pertama bagi Indonesia, Sabtu (20/9/2014). Sementara atlet wushu Indonesia lainnya, Ivana Ardelia Irmanto, yang ketika itu berada di urutan keempat, kini berhak atas medali perunggu. Medali perak kini jadi milik atlet Tiongkok, Wei Hong.

Dengan perubahan ini, berarti kini Indonesia sudah mengumpulkan empat medali emas, empat perak, dan sembilan perunggu. Indonesia naik ke urutan 14 klasemen sementara. Sementara bagi Malaysia, ini adalah kerugian besar. Dicabutnya medali Tai, otomatis mengurangi jumlah emas mereka menjadi dua keping. Posisinya pun merosot ke posisi ke-16.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: