//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Demokrat Berubah Sikap, Dukung Pemilihan Pimpinan DPR Malam Ini

Foto SBY Berteriak Mencari Mencari Presiden Terpilih Jokowi

Partai Demokrat (PD) kembali membuat manuver politik dan berubah sikap dengan mendukung pemilihan pimpinan DPR digelar malam ini juga. Padahal. awalnya PD bersama koalisi pendukung Jokowi-JK meminta agenda tersebut ditunda, namun kini balik badan.

“Awalnya kita ingin mengundur sampai besok karena melihat sudah sangat lelah, masa sih kita mau sampai jam 12 malam. Lagipula tidak ada sesuatu yang dikejar-kejar. Tapi kemudian begitu kita sadari bahwa rangkaian acara ini kalau dipending berpengaruh ke besok-besok proses lobi jadi terlalu panjang, karena kita sudah siap, ya sudah sekarang saja,” kata Juru Bicara Dewan Pembina PD Dede Yusuf kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (1/10/2014).

Perubahan sikap PD ini mengubah peta dukungan waktu pemilihan anggota DPR. Awalnya, ada 6 parpol yang mendukung penundaan pemilihan pimpinan DPR, yaitu PDIP, Hanura, PKB, NasDem, PPP, dan PD. Namun kini petanya sama kuat. PD kini bergabung di barisan Gerindra, PAN, PKS, Golkar yang mendukung pemilihan pimpinan DPR digelar malam ini juga.

Waktu pemilihan pimpinan DPR ini ramai dibahas karena terkait lobi-lobi paket pimpinan DPR. Koalisi pendukung Jokowi-JK masih butuh waktu untuk menarik anggota Koalisi Merah Putih. Tak ingin kehilangan anggotanya, Koalisi Merah Putih tak mau memberi jeda waktu.

PD masih berdiri di tengah, belum memutuskan akan masuk ke salah satu paket pimpinan DPR. Namun ada sinyal PD bersedia masuk ke koalisi pendukung Jokowi-JK. “Yang jelas pasti Pak SBY berharap agar legacy pembangunan yang sudah dibangunnya bisa diteruskan Pak Jokowi. Dari sisi politik saya nggak tahu,” ujar Dede.

PDI-P Keluhkan Manuver Demokrat

Koalisi pendukung Jokowi-Jusuf Kalla di parlemen pun mengeluhkan sikap Demokrat ini. “Sebenarnya Partai Demokrat ini belum firm apakah ditunda ataukah nanti malam. Jadi akhirnya dibuat terpaksa dibuat forum lobi yang dimulai pukul 19.00 nanti, ini sudah disepakati bersama,” ujar politisi PDI-P Pramono Anung di sela-sela rapat konsultasi pimpinan DPR sementara dengan pimpinan partai politik di Komplek Parlemen, Rabu (1/10/2014).

Sebelumnya, ada enam fraksi yang menginginkan agar penetapan pimpinan DPR dilakukan besok. Keenamnya yakni Fraksi PDI-P, Fraksi PKB, Fraksi Partai Hanura, Fraksi Partai Nasdem, Fraksi Partai Demokrat, dan Fraksi PPP.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Agus Hermanto bahkan menyatakan partainya meminta ditunda karena harus melakukan konsolidasi internal terlebih dulu. Namun, berselang dua jam kemudian, Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan menyatakan Partai Demokrat akhirnya meminta agar penetapan pemilihhan pimpinan DPR dilakukan hari ini.

Fraksi PPP menginginkan penentuan ditunda karena masih mengurus konflik internal. Sementara empat fraksi lainnya ingin menunda lantaran masih berusaha merangkul partai yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih.

Pramono mengatakan apabila rapat dilanjutkan pada pukul 19.00 untuk lobi, maka diperkirakan rapat konsultasi pun molor. Sehingga, dia memperkirakan tidak mungkin penetapan pimpinan DPR dilakukan malam ini. “Apalagi karena ada agenda tambahan pengesahan tatib karena kan itu baru ditetapkan kemarin,” ucap Pramono.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: