//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Hanya 4 Fraksi, Koalisi Jokowi Terancam Tak Bisa Ajukan Paket Pimpinan DPR

Foto Para Pimpinan Partai Koalisi Indonesia Hebat dan PPP

Karena hanya terdiri dari 4 fraksi partai, koalisi Joko Widodo-Jusuf Kalla (Indonesia Hebat) terancam tak bisa mengajukan paket Pimpinan DPR untuk diajukan dan dipilih dalam sidang paripurna yang akan digelar pada Rabu (1/10/2014) malam ini.

Sebelumnya, keempat fraksi itu, Fraksi PDI Perjuangan; Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa; Fraksi Hanura, dan Fraksi Partai Nasdem, tak sepakat paripurna langsung digelar malam ini. Dalam satu paket Pimpinan DPR, ada lima calon yang disiapkan untuk mengisi posisi ketua dan empat wakil ketua.

“Di dalam undang-undang, harus ada satu paket pimpinan yang diajukan yakni ada lima posisi yaitu satu ketua, empat wakil ketua. Yang pasti koalisi Merah Putih ada enam kan, jadi sudah dapat satu tiket,” ujar Wakil Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejatera Fahri Hamzah, di Kompleks Parlemen, Rabu malam.

Enam fraksi yang dimaksud Fahri adalah Koalisi Merah Putih yang mendukung penentuan pimpinan DPR dilakukan malam ini. Enam fraksi itu adalah Fraksi PKS, Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai Amanat Nasional, Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, Fraksi Partai Gerindra, dan Fraksi Partai Demokrat.

Menurut dia, jika koalisi pendukung Jokowi-JK ingin mengajukan paket Pimpinan DPR, akan terbentur aturan dalam UU MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3). “Ya terpaksa kalau hanya satu paket yang bisa diajukan, bisa-bisa aklamasi,” kata dia. Fahri yakin Koalisi Merah Puti solid dalam rapat paripurna malam ini. “Mudah-mudahan, kami dengar solid,” kata dia.

Akan tetapi, Fahri tak mau membuka paket yang akan ditawarkan Koalisi Merah Putih. “Masih belum final karena ada satu partai yang konflik internal kan,” kata Fahri. Seperti diketahui, PPP yang berada dalam barisan Koalisi Merah Putih masih berkonflik. Dualisme juga terjadi dalam penentuan pimpinan fraksi.

Partai NasDem Relakan Kursi Pimpinan DPR?

Koalisi Indonesia Hebat Jokowi-JK dinyatakan salah satu anggotanya, yakni Partai NasDem, bakal merelakan kursi Pimpinan DPR lepas dari genggamannya. Ini karena Koalisi Indonesia Hebat tak bisa memenuhi syarat pengajuan paket calon Pimpinan DPR.

“Lepas (kesempatan mengajukan paket Calon Pimpinan DPR). Nggak ada (calon),” kata Sekjen NasDem Patrice Rio Capella di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (1/10/2014). “Paket diajukan lima fraksi. Kita nggak bisa ngajuin. Kurang satu,” ucap Patrice.

Konstelasi perkubuan politik dalam pembahasan paket calon Pimpinan DPR tak menguntungkan Koalisi Jokowi-JK. Koalisi Merah Putih bisa memenuhi syarat paket calon pimpinan, yakni lima orang dari lima fraksi yang berbeda, bahkan sisa satu fraksi. Namun Koalisi Jokowi-JK justru kekurangan satu fraksi untuk bisa mengajukan paket calon.

Lantas, bagaimana dengan PPP? Bukankah PPP merupakan partai yang tidak digaet Koalisi Merah Putih (KMP) dalam paket Calon Pimpinan DPR? Kenapa tidak digaet Koalisi Indonesia Hebat saja? “PPP nyeberang, sudah ke sana (KMP),” jawab Patrice.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: