//
Anda membaca...
Bisnis

Muhammad Husen Akhirnya Dipilih Sebagai Plt Dirut Pertamina

Foto Muhammad Husen Gantikan Karen Pimpin Pertamina

Muhammad Husen akhirnya dipilih sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Dirut Pertamina untuk menggantikan Karen Agustiawan sejak 1 Oktober 2014 sebelum ditentukan pejabat definitif. Husen saat ini menjabat sebagai Direktur Hulu Pertamina. Meski sudah menggantikan Karen, tetapi Husen tetap merangkap jabatannya sebagai Direktur Hulu sebelum ada Dirut yang tetap.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Ali Mundakir menuturkan, dari hasil pertemuan tersebut, Dewan Komisaris menunjuk Direktur Hulu Pertamina Muhammad Husen sebagai pelaksana tugas (Plt) direktur utama Pertamina.

“RUPS belum memutuskan dirut secara definitif, dekom menunjuk plt, bapak Muhamad Husein, selain direktur hulu, beliau juga menjadi plt dirut pertamina sampai ditetapkan dirut definitif, suratnya sudah ditembuskan,” kata Ali di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (1/10/2014).

Ali menjelaskan, saat ini dewan komisaris Pertamina masih belum memutuskan bahwa pemilihan direktur utama Pertamina secara definitif. Tidak hanya itu, jabatan Muhammad Husen sebagai Direktur Hulu pun masih dijabatnya. “Mengenai pejabat definitif kewenangan Menteri BUMN sebagai pemegang saham, direktur pejabat dirut hulu tetap, dan memiliki kewenangan penuh,” tambahnya.

Tidak hanya itu, sambung Ali, dirinya menyebutkan bahwa masa jabatan Muhammad Husen sebagai Plt Direktur Utama Pertamina sampai Pemegang Saham dalam hal ini Menteri BUMN memutuskan secara definitif dirut yang baru.

“Masa tugas plt sampai dengan ditetapkan yang definitif oleh pemegang saham, semua keputusan ada di pemegang saham,” tutupnya. “Plt Dirut Pertamina memiliki kewenangan penuh sebagai Dirut. Artinya bisa mengambil keputusan-keputusan strategis,” kata Ali Mundakir.

Apa alasan penunjukan Husen? Bambang Brodjonegoro selaku komisaris Pertamina menyampaikan setidaknya ada 2 faktor yang melatarbelakangi keputusan tersebut.

“Pertama, di antara direksi yang ada saat ini, Pak Husen adalah yang paling senior,” kata Bambang kala ditemui di Gedung Kementerian BUMN, Rabu (1/10/2014). Faktor kedua adalah kemampuan Husen di bidang hulu. “Kami ingin Pertamina menggenjot sektor hulu. Terutama lifting minyak diharapkan bisa meningkat,” kata Bambang, yang juga menjabat sebagai Wakil Menteri Keuangan.

Menurut Bambang, memang sulit untuk mengejar target lifting minyak tahun ini yang sebesar 818.000 barel per hari. “Namun kami ingin Pertamina tetap berusaha untuk mencapainya,” tegasnya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: