//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Siapa Jadi Ketua DPR, Puan Maharani atau Setya Novanto?

Foto Setya Novanto dan Puan Maharani

Perebutan Ketua DPR sekarang sepertinya mengerucut kedua nama, Puan Maharani dan Setya Novanto. Ini mungkin ‘pertempuran’ pertama kubu koalisi merah putih dan koalisi Indonesia hebat di periode anggota DPR 2014-2019. Pantauan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (1/10/2014) sejak rapat konsultasi di siang hari, sudah berlangsung tegang. Beberapa anggota DPR dari berbagai fraksi hilir mudik ke ruang konsultasi.

Informasi yang beredar, kubu koalisi merah putih sudah menyiapkan paket pimpinan DPR dengan calon ketua Setya Novanto. Hal ini sudah diamini Waketum Golkar Fadel Muhammad yang menyebut partainya menyiapkan Setya Novanto menjadi Ketua DPR. Sedang di kubu koalisi Indonesia hebat kabarnya mengusung politisi PDIP Puan Maharani. Juru bicara PDIP Eva K Sundari beberapa hari lalu sudah menyebut soal Puan ini.

Nah, tarik ulur terjadi partai pengusung Puan menghendaki agar rapat paripurna memilih Ketua DPR dilakukan besok, Jumat (2/10). Sedang partai pengusung Setya Novanto ingin agar paripurna diputuskan malam ini. Soal waktu pertemuan ini cukup genting, mengingat sejumlah partai masih ‘galau’

Peta terakhir dalam rapat konsultasi ini adalah Partai Gerindra, Golkar, PAN, dan PKS menginginkan sidang paripurna pimpinan DPR digelar malam ini. Sementara PDIP, PKB, Hanura, dan Nasdem ingin paripurna ditunda hingga besok.

Sementara itu Demokrat yang awalnya meminta agar paripurna ditunda hingga besok, sebelum rapat diskors tiba-tiba menginginkan rapat paripurna tetap digelar malam ini. PPP masih pada posisi yang belum jelas. Nah, malam ini rapat konsultasi DPR dengan perwakilan partai politik masih berlangsung tertutup dan alot. Kita tunggu saja babak selanjutnya.

PPP Juga Bermanuver, Kini Dukung Pimpinan DPR Dipilih Malam Ini

PPP kini berubah sikap. Awalnya partai berlambang kakbah ini mendukung agar pemilihan pimpinan DPR ditunda besok, namun kini ikut kubu yang mendukung pemilihan digelar malam ini. “Ya, nanti malam. Insya Allah,” kata Sekjen PPP versi Suryadharma, Syaifullah Tamliha, kepada wartawan di DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (1/10/2014).

Dengan berubahnya sikap PPP, berarti kini ada 6 parpol yang mendukung pemilihan pimpinan DPR digelar malam ini, yaitu PPP, Golkar, Partai Demokrat, PKS, Gerindra, dan PAN. Sedangkan parpol yang mendukung penundaan pemilihan pimpinan DPR tinggal 4, yaitu PDIP, PKB, NasDem, dan Hanura.

Waktu pemilihan pimpinan DPR ini ramai dibahas karena terkait lobi-lobi paket pimpinan DPR. Koalisi pendukung Jokowi-JK masih butuh waktu untuk menarik anggota Koalisi Merah Putih. Tak ingin kehilangan anggotanya, Koalisi Merah Putih tak mau memberi jeda waktu.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: