//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Kisah Hidup Malinda Dee, dari Bobol Bank Hingga Silikon di Payudara

Foto Malinda Dee Dirawat di RS Santosa Bandung

Inilah kisah hidup Malinda Dee alias Inong, narapidana di LP Wanita Sukamiskin Bandung yang kembali menjadi buah bibir. Sosoknya ramai diperbincangkan sejak melakukan penggelapan dan pencucian uang nasabah bank kelas dunia hingga jatuh sakit karena silikon yang ditanam di payudara dan bokongnya meleleh dan dirawat di RS Sentosa Bandung, Jawa Barat.

Kabar terbaru ini mengingatkan publik atas lika-liku hidupnya. Berikut liku hidup Malinda, Jumat (3/10/2014), seperti yang diberitakan detik.com.

1. Gelapkan Uang Nasabah 17 M

Kisah pertama Malinda terkuak saat dia diciduk Mabes Polri. Dia disangka menggelapkan dana uang nasabah bank besar senilai Rp 17 miliar. Menurut jaksa yang menuntutnya di pengadilan, Malinda Dee membobol dana nasabah Citigold Citibank sejak Januari 2007-Februari 2011. Malinda mengelabui 37 nasabah Citigold Citibank dengan menggunakan puluhan miliar uang mereka tanpa izin untuk berbagai keperluan pribadinya.

Malinda pun dituntut 13 tahun penjara dan denda Rp 10 miliar. “Menghukum terdakwa selama 13 tahun kurungan dikurangi masa tahanan dan denda Rp 10 miliar subsider 7 bulan kurangan,” ujar JPU Tatang Sutarna di PN Jakarta Selatan, Jl Ampera Raya, Kamis (16/2/2012).

Namun hakim majelis Hakim berkata lain. Hakim menjatuhkan vonis 8 (delapan) tahun penjara terhadap Malinda. Majelis hakim menyatakan bahwa mantan Relationship Manager Citigold Citibank, cabang Landmark, Jakarta Selatan tersebut terbukti melakukan serangkaian tindak pidana perbankan dengan cara melakukan pembobolan rekening, tanpa sepengetahuan dari para nasabahnya.

Selain menghukum penjara, hakim juga mewajibkan Malinda untuk membayar denda sebesar Rp 10 miliar. Namun apabila dia tidak sanggup untuk membayarnya, maka diganti pidana kurungan selama 3 bulan.

2. Cuci Uang dengan Beli Mobil Mewah

Malinda diketahui membeli mobil mewah dari dana hasil kejahatannya. Mobil yang dibelinya secara mencicil itu antara lain Ferrari Scuderia merah B 481 SAA, Ferrari California merah B 125 DEE, Hummer putih B 18 DIK, Fortuner hitam B 1443 SJB, dan Mercy E350 putih B 467 QW, serta membeli apartemen di Jalan Sudirman, Jakarta dan di Bali.

3. Nikah Siri dengan Bintang Iklan

Kehebohan tentang Malinda lainnya yakni soal suami sirinya Andhika Gumilang alias Juan Feron. Andhika merupakan bintang iklan sebuah produk rokok. Malinda dikabarkan sangat sayang pada Andhika. Buktinya, Malinda kerap memberikan transferan uang dengan total Rp 311 juta dan membelikan 3 buah jam tangan mewah.

Namun ucapan polisi bahwa Andhika suami siri Malinda dibantah pengacara. Andhika hanya dianggap sebagai anak angkat. Suami asli Malinda adalah seorang pengusaha showroom mobil bernama Adus Ali. Akibat menerima pemberian Malinda, Andhika divonis 4 tahun penjara oleh majelis hakim. Andhika terbukti bersalah melakukan tindakan pencucian uang secara berulang dan melakukan identitas palsu.

“Menyatakan bahwa Andhika Gumilang alias Juan Ferero telah terbukti bersalah dan secara sah melakukan tindakan pencucian uang secara berulang dan melakukan identitas palsu dan menghukum terdakwa selama 4 tahun dan denda Rp 350 juta subsider 3 bulan kurungan,” ujar Ketua Majelis Hakim Yonisman di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jl Ampera Raya, Kamis (19/1/2012).

4. Kasasi Ditolak

Malinda shock saat kasasinya ditolak MA. Dalam kasasi yang diputus Selasa (16/10/2012), majelis kasasi memberikan vonis yang memperbaiki dengan mengganti hukuman subsider menjadi satu tahun. Dalam banding di PT DKI Jakarta, majelis meringankan subsider kurungan Malinda Dee, dari 6 bulan menjadi 3 bulan, sedangkan masa kurungan tetap 8 tahun.

“Putusan ini memperbaiki pada amar, di PT dan PN menghukum dengan kurungan 8 tahun dan denda sebesar Rp 10 miliar subsider sebelumnya tiga bulan diganti menjadi satu tahun,” kata Kepala Biro Hukum dan Humas MA, Ridwan Mansyur, dalam konferensi pers di Gedung MA, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (17/10/2012). Malinda menjalani hukuman di Lapas Wanita Sukamiskin, Bandung.

5. Diizinkan Menghadiri Pernikahan Anak

Nyaris 2 tahun tak ada berita, foto Malinda mengenakan kebaya ternama di sebuah Instagram beredar di dunia maya. Usut punya usut, ternyata Malinda berdandan cantik untuk menghadiri pernikahan anaknya.

Kalapas Wanita Sukamiskin Rosnaida Lubis, saat berbincang dengan detikcom, Jumat (3/10/2014) membenarkan Malinda diizinkan menghadiri pernikahan anaknya pada 3 bulan lalu. Menurut Rosnaida, Malinda saat itu sedang sakit namun dia terlihat tegar karena sedang menghadiri pernikahan anaknya. “Itu kan memang dibolehkan, ada aturannya. Pulang hari dia,” katya Rosnaida.

6. Payudara Meleleh

Kehebohan Malinda yang terakhir yakni Malinda saat ini sedang berada di RS Sentosa Bandung karena sakit kanker payudara. Dia juga dikabarkan mendapatkan perlakuan istimewa karena tidak pernah tinggal di LP Sukamiskin.

“Itu dia baru operasi payudara. Di sebelah kanan dan kiri meleleh karena pakai silikon. Itu dipotong habis. Malinda kena kanker payudara juga. Masa kita biarkan, bisa mati orang,” jelas Kepala Divisi Pemasyarakata Kanwil Kemenkum HAM Jabar, Giri Purbadi, saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (3/10/2014).

Pihak Lapas Sukamiskin, Bandung, menepis memberi perlakuan istimewa pada Malinda. “Dia itu tidak tuntas berobatnya, jadi kena kanker. Sekarang sedang dioperasi,” kata Kalapas Wanita Sukamiskin Rosnaida Lubis. Menurut Rosnaida, Malinda tak bisa tidur terlentang. Silikon Malinda terlanjur bocor dan harus dioperasi.

Pengacara Malinda, Ina Rachman, menyebut payudara Malinda bukan meleleh melainkan ada gangguan. “Gangguan setelah operasi saja. Intinya bukan meleleh,” ucap Ina.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: