//
Anda membaca...
Hiburan

Album Solo Terbaru Thom Yorke Telah Di-Download 1 Juta Kali

Cover Tomorrow's Modern Boxes, Album Solo Thom Yorke

Proyek album solo vokalis Radiohead, Thom Yorke berjudul Tomorrow’s Modern Boxes yang dirilis melalui BitTorrent pekan lalu telah di-download sebanyak 1,1 juta kali dalam waktu enam hari saja. Termasuk ke dalamnya adalah unduh berbayar full-album berisi delapan lagu, dan unduh single pertama A Brain in a Bottle, serta video klipnya.

Namun sayangnya, angka download fantastis tersebut tidak dapat tercatat ke dalam chart Billboard karena pihak BitTorrent tidak bersedia berbagi data angka penjualan resminya dengan Billboard. BitTorrent adalah layanan berbagi berkas online yang lazim digunakan untuk membagi dan mengunduh file dalam jumlah besar.

Penjualan album vokalis band Inggris Radiohead ini adalah pertama kalinya bagi BitTorrent dipakai sebagai sarana pendistribusian musik. BitTorrent diakses oleh 170 juta pengguna setiap bulannya. Sejak Jumat, 26 September 2014, pihak dari BitTorrent memastikan dalam waktu 24 jam saja, album tersebut telah diunduh sebanyak 116 ribu kali.

Versi gratis yang dibagikan berbentuk paket single plus video “A Brain In a Bottle”. Sedangkan untuk versi lengkap “Tomorrow’s Modern Boxes” dibanderol dengan harga 3,6 poundsterling atau sekitar Rp72 ribu.

Album Tomorrow Modern Boxes ini diproduseri oleh produser lama Radiohead, Nigel Godrich. Pembagian keuntungan hasil penjualan melalui BitTorrent ini 10% untuk pihak Bit Torrent, sedangkan 90% sisanya masuk ke kocek Thom Yorke. Sebuah metode bisnis yang adil dan tidak merugikan musisi bukan?

Berminat membeli album tersebut? Saksikan video lagu “A Brain in a Bottle” dalam album tersebut yang dirilis di Youtube, di bawah ini.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: