//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Adian Napitupulu: Penghasilan Anggota DPR Rp 90 Juta/Bulan

Foto Gaya Adian Napitupulu Merokok Santai

Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Adian Napitupulu, membocorkan penghasilan yang diterimanya setiap bulan sebagai wakil rakyat. “Kalau dirata-rata per bulannya, kami bisa dapat Rp 80-90 juta per bulan. Itu sudah include semua,” katanya saat dihubungi pada 2 Oktober 2014.

Ia menjelaskan gaji sebenarnya seorang anggota DPR itu sekitar Rp 50 juta. Jumlah itu belum dipotong untuk beberapa keperluan, seperti untuk partai, pajak, dan beberapa potongan lain. “Jadi take home pay kira-kira Rp 30-35 juta,” katanya.

Uang Rp 30-35 juta itu belum ditambah dari uang rapat, uang transport, dan beberapa uang tambahan lain bila para anggota Dewan melakukan kegiatan. Kalau ditotal setahun dan dibagi per bulan, jumlahnya bisa mencapai Rp 80-90 juta yang bisa diterima seorang legislator.

Menurut Adian, jumlah itu akan besar bila hanya digunakan untuk keluarga dengan dua anak seperti keluarga intinya. Namun jumlah itu akan semakin kecil bila digunakan untuk memberikan tanggung jawab kepada daerah pemilihannya.

“Saya kan harus menjaga jaringan dengan 400 desa di daerah pemilihan saya,” kata wakil dari Daerah Pemilihan Jawa Barat V, Kabupaten Bogor, itu. Ia masih ingin melaksanakan janjinya dengan mengurus daerah yang sudah memenangkan namanya itu. (Baca: Profil Lengkap Adian Napitupulu, Caleg dari PDIP)

Yakin Balik Modal Tanpa Korupsi

Anggota DPR, Adian Napitupulu, percaya dirinya bisa bekerja secara bersih saat menjadi salah satu wakil rakyat. Ia pun merasa tidak perlu untuk mencari sumber dana lain atau bahkan korupsi untuk mengembalikan modal kampanye yang sempat ia keluarkan. “Kalau dihitung-hitung, gue sudah bisa balik modal dalam waktu satu tahun kok,” katanya saat dihubungi pada 2 Oktober 2014

Apabila jumlah penghasilannya dikali satu tahun, maka uang yang diraih Adian bisa mencapai kira-kira Rp 960 juta hingga Rp 1 miliar 80 juta setahun. “Saat kampanye, gue menghabiskan sekitar Rp 1,1 miliar. Jadi bisa balik modal kan,” katanya.

Karena itu pula, ia tidak perlu terlalu repot untuk mencari sumber penghasilan lagi, atau bahkan korupsi untuk mengganti jumlah modal kampanye yang dikeluarkannya terdahulu. “Yang legal saja lah,” kata pria penyuka jaket kulit itu. (Baca: Dilantik Jadi Anggota DPR, Adian Napitupulu Pakai Jas Rp 80 Ribu dan Jeans Hitam)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: