//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

PDIP: Dalam Sejarah Pemilihan Pimpinan MPR, Tak Pernah Ada Voting

Foto Politisi PDIP Pramono Anung dalam Diskusi Publik

Salah seorang anggota Fraksi PDI Perjuangan PDIP Pramono Anung mengatakan tidak pernah ada dalam sejarah ada pimpinan MPR dipilih melalui voting dan keputusan didapat dari hasil mufakat musyawarah.Sebagai bagian Koalisi Indonesia Hebat, PDIP berharap ruang musyawarah untuk pemilihan pimpinan MPR tetap dibuka.

“Yang jelas tentunya kita berharap karena ini lembaga MPR harusnya ada ruang untuk musyawarah,” ujarnya di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (5/10/2014). Jika nantinya ruang musyawarah ditutup, maka koalisi Indonesia Hebat telah menyiapkan beberapa alternatif. Sayangnya, Pramono enggan menyebutkan alternatif tersebut.

“Maka alternatif pertama ada ruang musyawarah. Di MPR selama ini belum ada pemungutan suara,” terangnya. Pihak Koalisi Merah Putih disebut telah menyiapkan paket pimpinan MPR di mana PD akan memimpin lembaga tertinggi negara tersebut.

PDIP: Tidak Musyawarah, Koalisi Merah Putih Wujudkan Sistem Liberal

Koalisi Merah Putih (KMP) memborong kursi pimpinan DPR. Wasekjen PDIP Ahmad Basarah menyebut KMP telah wujudkan sistem liberal. “Koalisi pendukung Prabowo itu koalisi yang dukung demokrasi liberal karena tidak musyawarah,” ujar Basarah di kediaman Megawati Soekarnoputri, Jl Teuku Umar, Jakarta Pusat, Minggu (5/10/2014).

Ditambah lagi menurut dia mengenai isu bahwa KMP telah mengeplot Partai Demokrat untuk jabatan Ketua MPR dalam paket yang akan diajukan. Basarah menilai hal tersebut tak sesuai dengan azas musyawarah.

“Pasti kami punya strategi, tidak bisa dibocorkan. Yang jelas kami akan mewujudkan pemerintahan yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945,” imbuh Ketua Fraksi PDIP MPR RI ini. Basarah juga mennyindir sikap monopolistik KMP yang lebih parah dibandingkan orde baru. Pasalnya saat orde baru saja PDI yang saat itu oposisi masih diberi kesempatan berperan.

“Orde baru yang dipimpin Pak Harto saja, menyisakan kursi menteri untuk PDI dan PPP, biarlah rakyat yang menilai,” pungkas dia.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: