//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Ini Alasan Paripurna Pemilihan Pimpinan MPR Ditunda Besok

Foto Suasana Rapat Gabungan Pimpinan Sementara MPR RI

Karena alasan mau melakukan konsultasi, pemilihan pimpinan MPR yang seharusnya digelar malam ini akhirnya diputuskan untuk ditunda besok. “Jadinya ditunda besok jam 10.00 WIB karena mau konsultasi, bukan hanya dari DPD, tapi mereka (fraksi-fraksi DPR -red) juga,” kata Wakil Ketua DPD GKR Hemas kepada wartawan di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Senin (6/10/2014).

Hemas mengatakan 9 nama yang diajukan oleh DPD dikembalikan oleh fraksi-fraksi DPR. Sebagai gantinya, fraksi-fraksi DPR meminta DPD hanya mengusung satu nama. Nah, DPD perlu rapat lagi untuk menentukan satu nama itu. “Sekarang kita lakukan internal dulu untuk kita ajukan salah satu nama sebagai calon pimpinan MPR,” ujarnya.

Rapat DPD ini akan digelar malam ini. Ada harapan agar Koalisi Merah Putih dan Koalisi pendukung Jokowi-JK bersepakat untuk mau bersatu mengusung calon pimpinan MPR. “Penundaan juga untuk memberikan kesempatan masing-masing fraksi atau kelompok untuk berbicara lagi,” pungkasnya.

Sebelumnya Ketua Fraksi Demokrat di MPR EE Mangindaan di Gedung DPR, Jakarta, Senin (6/10/2014) menyatakan pemilihan MPR malam ini ditunda hingga besok pagi pukul 10.00 WIB karena DPD belum bisa menentukan satu nama.

Mangindaan mengatakan hal tersebut usai mengadakan rapat konsultasi partai. Rapat tersebut dihadiri oleh semua fraksi di MPR, yaitu F-NasDem, F-Hanura, F-PPP, F-PKS, F-PAN, F-PKB, F-Demokrat, F-Gerindra, F-Golkar, dan F-PDIP.

Sebelumnya anggota dewan menggelar rapat gabungan antara MPR dan DPD sejak siang tadi. Dirapat itu disebutkan bila proses musyawarah mufakat yang diusulkannya buntu, maka masing-masing fraksi dan kelompok DPD berhak mengajukan 1 nama. Namun, DPD hingga sore ini belum bisa mengajukan satu nama. Sehingga paripurna pemilihan pimpinan MRP ditunda.

KMP Kalah Voting, Enam Fraksi Setuju

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Aria Bima, mengatakan Dewan Pewakilan Daerah meminta waktu untuk mengusung satu nama calon pimpinan MPR. Satu nama itu, kata Aria, akan masuk dalam paket Koalisi Merah Putih dan Koalisi Indonesia Hebat.

“Mereka butuh waktu musyawarah supaya satu calon ini bisa diusulkan dalam dua paket, kalau nanti dibutuhkan voting,” ujar Aria di Gedung DPR, Jakarta. Aria menjelaskan dari 10 fraksi yang ada di parlemen, sebanyak enam fraksi bisa menyetujui permintaan DPD itu. Sehingga Rapat Paripurna MPR akan digelar Selasa 7 Oktober 2014 pukul 10.00 WIB.

“Empat partai yang nggak setuju dan tetap meminta hari ini yaitu Fraksi Golkar, Fraksi Gerindra, Fraksi Demokrat, dan Fraksi PKS,” ungkap dia.

Sementara itu, Sekretaris Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa di MPR RI, Abdul Kadir Karding, mengatakan sebelum pukul 10.00 WIB besok, semua nama kandidat yang akan diusung sebagai pimpinan MPR harus sudah dimasukan ke Sekretariat Jenderal MPR/DPR. “Sementara waktu yang ada dilakukan pemilihan internal DPD, dan lobi fraksi yang ada,” jelasnya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: