//
Anda membaca...

Foto Parade Pesawat Sukhoi dan F-16 di HUT TNI ke-67

Foto Parade Pesawat Sukhoi dan F-16 di HUT TNI ke-67

Sukhoi dan F-16

Inilah foto parade pesawat canggih Sukhoi dan F-16 di HUT TNI ke-67. Kedua pesawat tempur ini menjadi alutsista kebanggaan TNI AU. Sebanyak 12 pesawat Sukhoi memeriahkan HUT TNI ke-69. Pesawat tempur canggih buatan Rusia ini menjadi salah satu alternatif pesawat yang akan menggantikan pesawat F-5 Tiger yang akan segera dipensiunkan.

“Untuk udara (pesawat) F-5 akan diganti. Pilihannya Sukhoi, Gripen, dan F-16. Tapi saya lebih ke Sukhoi,” ujar Panglima TNI Jenderal Moeldoko di Dermaga Ujung, Surabaya, Sabtu (4/10/2014).

Pesawat Sukhoi dapat terbang lintas samudera dan menjangkau sasaran yang sangat jauh tanpa khawatir akan pasokan bahan bakar. Pesawat tempur jenis ini bersarang di Skuadron Udara 11 Lanud Hasanuddin, Makassar, dan telah lengkap dengan persenjataan peluru kendali canggih baik air to air maupun air to ground missile.

Sedangkan Pesawat F-16 yang dibeli dari Amerika Serikat belum lama dimiliki oleh jajaran TNI matra udara. Sebanyak 10 pesawat tempur ini tampil dalam perayaan HUT TNI lalu, bahkan 4 di antaranya memberikan salam penghormatan kepada penonton dengan melepaskan flare yang biasa digunakan sebagai taktik tempur pengalihan.

Nantinya akan datang lagi penambahan pesawat F-16. Sebanyak 16 pesawat akan ditempatkan di Skuadron 16 Pangkalan Udara Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, untuk menjaga keamanan wilayah udara barat Indonesia. Sisanya akan ditempatkan di Pangkalan Udara Iswahyudi, Madiun. “Ada 24 pesawat F-16 dibeli seharga 632 juta dollar. 16 ditempatkan di Pekan Baru, 8 di Lanud Iswahyudi Madiun,” jelas Kadispen TNI AU Marsma Hadi Tjahjanto dalam kesempatan yang sama.

« Sebelumnya Berikutnya »

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s