//
Anda membaca...
Bisnis

Profil Lengkap Kuncoro Wibowo, Bos Ace Hardware Indonesia

Foto Kuncoro Wibowo

Foto Kuncoro Wibowo

Inilah profil dan biografi lengkap Kuncoro Wibowo seorang pengusaha Indonesia yang dikenal sebagai bos toko retail dan pusat perlengkapan alat rumah tangga, teknik dan industri nomor satu di Indonesia, PT. Ace Hardware Indonesia, pemegang lisensi tunggal asal Amerika Serikat. Namanya masuk dalam peringkat ke-20 orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes untuk tahun 2014 dengan total kekayaan $1.6 Miliar.

Bagaimanakah sebenarnya awal kehidupan Kuncoro sehingga memperoleh kesuksesan hingga sekarang? Berikut adalah profil mengenai beliau yang awalnya hanya memiliki toko kecil berukuran 3×3 di kawasan Glodok Jakarta.

Kehidupan Awal

Kuncoro lahir di Jakarta pada tahun 1956. Ia bukan anak juragan kaya di Glodok. Wong Jin, ayahnya, hanya memiliki toko peralatan keras berukuran 3×3 meter. Namun, fase belajar Kuncoro Wibowo tidak lama, ayahnya meninggal dan beliau harus berjibaku bersama saudara-saudaranya untuk meneruskan tersebut.

Beruntung, sejak kecil Kuncoro Wibowo dan saudaranya termasuk pekerja keras. Menurut Alex Widjaja, sahabat dari Wong Jin sekaligus pemilik toko di kawasan Glodok, anak-anak Wong Jin membantu ayahnya dengan rajin, bekerja sangat keras tiap harinya.

“I want to be something different. Saya kalau sudah punya keinginan, harus dapat,” ucap Kuncoro Wibowo yang membantu ayahnya sejak masih SD. Beliau dan saudara laki-laki akan membantu melayani toko, sedangkan saudara perempuan akan menjadi kasir. Prinsip Kuncoro Wibowo adalah learning by practicing. Lakukan saja, apabila salah, tinggal diperbaiki.

“Kami terus membuat kesalahan dan memperbaiki kesalahan tersebut sampai mandiri, sampai dilepas oleh ayah,” ujar Kuncoro Wibowo. Kematangan bisnis beliau terbentuk dengan natural atas bimbingan ayahnya. Sejak usia 13 tahun, ia membantu pekerjaan ayah di toko Glodok sepulang sekolah, hingga tutup toko, mulai dari buka, membungkus barang, kirim barang, mengantarkannya ke pelanggan hingga tugas sales.

Disiplin dan kerja keras juga diterapkan sejak kecil. Ketika umur 17 tahun, Kuncoro Wibowo sering diutus ke luar negeri untuk mencari produk-produk perkakas dan bernegosiasi sendiri agar bisa menjadi agen produk tersebut. Istilahnya, dia benar-benar terjun sendiri sejak kecil, merasakan kesempatan dan timing yang pas untuk menjual suatu produk luar negeri di Indonesia. Pengembangan bisnis juga menjadi salah satu fokus utamanya. Ketika mendapatkan keuntungan, beliau fokus untuk menginvestasikan keuntungan tersebut kembali ke bisnis, bukan untuk kepentingan pribadi.

Kuncoro tidak sempat mengenyam pendidikan formal. Sekolah-sekolah Tionghoa saat itu banyak yang ditutup, karena peristiwa Gestapu tahun 1966an. Sekolah ia jalani di rumah, belajar private terutama belajar bahasa Mandarin di rumahnya dengan mengundang guru. Akibatnya ijasah SD resmi pun ia tidak memilikinya. Walau begitu ia belajar di rumah hingga setingkat SMA.

Mendirikan Kawan Lama Group

Setelah kematian ayahnya, Kuncoro Wibowo bersama dengan kelima saudaranya mengembangkan usaha yang dibuat ayahnya itu menjadi distributor, importir dan peralatan teknik. Kuncoro menamakan perusahaannya Kawan Lama Group.

Tahun 1982-1990 merupakan era ekspansi besar-besaran dengan mengembangkan jaringan distribusi ke berbagai wilayah di Indonesia. Beberapa anak perusahaan didirikan dengan spesialisasi memasok dan melayani kebutuhan-kebutuhan pasar yang sifatnya khusus. Toko pun pindah ke pusat pertokoan empat lantai di Glodok Jaya yang nyaman, dengan konsep one stop shopping.

Beberapa perusahaan yang berada di bawah naungan Kawan Lama Group salah satunya adalah PT. Ace Hardware Indonesia yang didirikan pertama kali pada tahun 1995 dan Home Center Indonesia (Informa). Kesuksesan Kuncoro dalam mengembangkan bisnisnya menjadi salah satu perusahaan retail terbesar di Asia Tenggara karena prinsipnya untuk mengutamakan kepuasan pelanggan.

Tahun 1996, kantor pusat pindah ke gedung baru berlantai 9 di kawasan Meruya-Kembangan, Jakarta Barat. Perpindahan ke kantor dengan total luas sekitar showroom 2.000 m2 ini bukannya tanpa alasan. Kemajuan bisnis Kawan Lama membutuhkan fasilitas kantor yang benar-benar bisa menjadi tempat yang bagus untuk melayani pelanggan dan mitra bisnis dengan baik dan memuaskan. Letaknya yang sangat strategis bagi pengembangan bisnis juga tidak lepas dari pertimbangan utama untuk memilih tempat di kawasan Puri-Kembangan ini.

Toko ACE Hardware Indonesia pertama dibuka di Supermal Karawaci, Tangerang, pada tahun yang sama, diikuti rentetan toko lain di berbagai wilayah secara cepat. Pertumbuhan pesat ini ditunjang penuh oleh berbagai gudang logistik di titik-titik sentral, sistem distribusi modern yang terintegrasi, beserta para staf profesional yang kemampuannya senantiasa ditingkatkan via berbagai training, seminar, dan sistem peningkatan keterampilan yang lain.

Saat ini ACE adalah Pionir dan Pusat Perlengkapan Rumah & Gaya Hidup Terlengkap, dengan 99 toko di beraneka pusat keramaian pada kota-kota besar di Indonesia. Toko ACE terbesar, yang sekaligus paling besar di Dunia, terletak di Alam Sutera, Serpong – Tangerang. ACE Alam Sutera ialah Flagship dari Toko ACE di negeri ini, yang memiliki luas 15.000 meter persegi, dan menyediakan lebih dari 75.000 tipe produk berkualitas dalam kategori lengkap. Terobosan dalam hal menyediakan banyak macam produk di bawah satu atap membuat ACE menjadi destinasi utama dalam mencari solusi perlengkapan rumah dan gaya hidup keluarga modern Indonesia.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: