Iklan
//
Anda membaca...
Bisnis

Profil dan Biografi Sofyan Basir, Dirut Baru PLN

Foto Sofyan Basir, Bos Baru PLN

Foto Sofyan Basir, Bos Baru PLN

Akhirnya Sofyan Basir resmi ditunjuk sebagai direktur utama (dirut) oleh Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT PLN (Persero) menggantikan Nur Pamudji. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. Di bawah kendalinya, bank BUMN tersebut menjadi bank yang paling menguntungkan di Indonesia.

Menurut Sofyan, ada kesamaan antara BRI dengan PLN. Keduanya memiliki jangkauan layanan yang luas hingga ke pelosok daerah, dari Sabang sampai Merauke serta jumlah pegawai hampir sama, sekitar 125 ribu orang. Sofyan berjanji memperbaiki segala kekurangan yang ada di kepemimpinan PLN sebelumnya.

Pria yang senang membaca ini bukanlah wajah baru di kancah perbankan nasional. Dia sudah malang-melintang di sektor ini sejak 1981 dengan bekerja di Bank Duta. Pada 1985 dia bergabung dengan Bank Bukopin. Jabatannya diawali dari kepala cabang di beberapa cabang Bank Bukopin, Group Head Line of Business, Direktur Komersial hingga akhirnya Ia menjabat Sebagai Direktur Utama Bukopin di tahun 2000 lalu.

Setelah itu dia menjadi pimpinan Bank BRI pada 16 Mei 2005 menggantikan Rudjito. Di tangan Sofyan, BRI yang dulu kerap diidentikkan dengan bank pasar dan desa. Tetapi kini, bank pelat merah itu telah berubah menjadi bank modern yang siap bersaing dengan bank umum lain.

Beberapa keputusan strategis Sofyan terbukti berdampak baik terhadap kinerja dari BRI. Salah satunya adalah keputusan masuk ke sektor consumer yang tepat. Selama ini kekuatan BRI menancap kokoh di pedesaan diperkuat lagi dengan cara masuk ke kawasan perkotaan. Dengan penggabungan ini akhirnya membuat dana pihak ketiga BRI terus meningkat

Dia mampu mengubah BRI menjadi bank yang mampu bersaing dengan bank-bank nasional bahkan internasional. BRI berhasil menjadi sejajar dengan berbagai Bank lainnya yang ada di Indonesia. Berkat adanya semangat dan kegigihannya juga, berbagai penghargaan telah diberikan kepada dirinya dan juga BRI sebagai bank terbaik. Alumni SMA Negeri 1 Bogor mendapat penghargaan sebagai Marketer of The Year 2008 yang digelar MarkPlus Inc.

Menurutnya, sejak lama BRI sudah menguasai pangsa pasar hingga ke pedesaan. Seiring persaingan ketat di sektor perbankan, pedesaan tidak lagi menjadi monopoli BRI. Lantaran hal tersebut, Sofyan tergerak hatinya untuk memperluas jangkauan di perkotaan.

Di bawah kepemimpinannya, BRI berhasil mempertahankan diri sebagai Bank BUMN dengan laba terbesar. BRI membukukan perolehan laba bersih (angka bank saja) sebesar Rp. 18,12 triliun per triwulan III 2014 atau per 30 September 2014, meningkat sebesar 19 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2013 sebesar Rp. 15,23 triliun.

Namun ukuran keberhasilan BRI bukan di laba semata. Keberhasilan BRI dilihat dari penyaluran kredit mikronya. Secara keseluruhan realisasi outstanding Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disalurkan BRI mencapai Rp 32,03 triliun, atau meningkat 21,94 persen dari tahun sebelumnya, dengan jumlah nasabah yang meningkat menjadi 3,0 juta nasabah dari 2,5 juta nasabah di triwulan III 2013.

Dibalik segala prestasi yang diraihnya, pria kelahiran Bogor ini memiliki kepribadian yang sederhana. Sifat dirinya maupun filosofi perusahaan yang selalu mendekatkan diri dengan wong cilik ternyata berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari Sofyan, misalnya dalam hal gaya berpakaian yang sangat sederhana.

Biasanya Sofyan mengenakan baju batik, jas, atau kemeja plus dasi yang bergaya konservatif atau menyesuaikannya dengan pertemuan yang akan dikunjungi. Kesederhanaan bankir yang satu ini juga terlihat dari tempat tinggalnya di bilangan Permata Hijau (Jakarta Selatan) dan Bendungan Hilir (Jakarta Pusat). Tempat tinggalnya tidak tampak mewah, model klasik, seperti rumah kuno.

Tidak hanya itu, saat melakukan kunjungan ke daerah, dia juga tak pilih-pilih hotel. Dia tidak mempermasalahkan apakah hotel tersebut berkelas atau tidak. Yang penting, dia dapat mengunjungi karyawan hingga pelosok.

Keunikan lain seorang Sofyan Basir, dia senang mengutak-atik mobil. Setiap akhir pekan, waktu luangnya diisi dengan merawat mobil kesayangannya, Range Rover, supaya tetap nyaman dikendarai. Biasanya dia mengemudikan sendiri mobilnya saat hendak bermain golf.

Biodata Lengkap

Nama Lengkap : Sofyan Basyir
Profesi : Bankir
Tempat dan Tanggal Lahir : Bogor, 2 Mei 1958

PENDIDIKAN:

  • SMA Negeri 1 Bogor, (lulus tahun 1976)
  • STAK Trisakti tahun 1980

Karir

  • Chief Executive Officer BRI
  • Direktur Komersial Bank Bukopin
  • Group Head Line of Business Bank Bukopin
  • Pimpinan Cabang Bank Bukopin

Penghargaan

  • Marketer of The Year 2008
  • Gelar Doktor Kehormatan Universitas Trisakti
  • Top National Banker 2011 versi Majalah Investor

Pelatihan dan Seminar

  • Seminar Risk Management Certification Refreshment Program (Frankfurt)
  • Eksekutif Manajemen Risiko, ABN Amro (Denpasar)
  • Islamic Finance Forum (Swiss)
  • Seminar Business Continuity Planning, Ernst & Young SESPIBANK (Jakarta)
  • Strategy Development Session, IBM
  • Structuring Loans & Short Term, The Institute Banking & Finance.
Iklan

Diskusi

One thought on “Profil dan Biografi Sofyan Basir, Dirut Baru PLN

  1. Ass.wwb.
    Bpk org hebat, yg menjadi sumber inspirasi generasi muda, smg Bpk bisa membantu dan mengangkat masa depan generasi Indonesia agar bisa sukses jg seperti Bpk dan nasib anak bangsa bisa lbh cerah dan saling bantu kedepannya Amin…

    Posted by Atika | Mei 3, 2017, 1:38 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: