//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Berspekulasi Pilot AirAsia Tak Ngerti Sistem Metrik, Jurnalis Ini Dikecam

Pembawa Acara Fox News, Anna Kooiman di Clovelly

Pembawa Acara Fox News, Anna Kooiman di Clovelly, Australia. (Foto: Facebook)

Jurnalis atau pembawa acara stasiun TV Fox News yang berparas cantik bernama Anna Kooiman dikecam dan dibully di sosial media setelah setelah mengejek jatuhnya pesawat AirAsia dalam penerbangan dari Surabaya ke Singapura, Minggu, 28 Desember 2014.

Senin (29/12/2014), hal itu terjadi saat Kooiman sedang mewawancarai seorang mantan juru bicara lembaga regulator penerbangan sipil di Amerika Serikat (AS) atau FAA, Scott Brenner tentang penyebab dan pencarian pesawat nahas tersebut.

Kooiman menyebut perbedaan sistem metrik, seperti penyebutan suhu dan jarak bisa menjadi masalah bagi para pilot. Dirinya bahkan mempertanyakan otoritas penerbangan dunia mengenai apakah pilot diberikan pelajaran mengenai perbedaan sistem metrik tersebut.

“Ketika kita berpikir mengenai perbedaan penyebutan suhu, sepeti Fareinheit dan Celicius atau mengenai perbedaan bilangan jarak, seperi mil dan kilometer. Semua pelatihan mereka (pilot) memang terlihat sama, padahal faktanya berbeda,” ucap Kooiman.

Brenner pun mencoba meluruskan pernyataan Kooiman tersebut, dengan mengatakan walaupun hitungan tersebut berbeda, namun setiap pilot sudah terlatih dan terbiasa dengan perbedaan penyebutan sistem metrik tersebut.

Menurut Brenner, pilot-pilot Amerika Serikat (AS) sangat terlatih mengendalikan pesawat dalam cuaca buruk, karena mereka benar-benar menerbangkan pesawat, berbeda dengan pilot-pilot asing yang disebutnya mengandalkan pilot otomatis.

Pesawat AirAsia yang hilang dikendalikan oleh pilot asal Indonesia, Kapten Irianto, yang merupakan mantan perwira TNI Angkatan Udara. Brenner mengklaim fakta sebagian besar insiden jatuhnya pesawat, adalah karena kesalahan pilot.

Anna Kooiman saat membawakan acara di Fox News

Anna Kooiman saat membawakan acara di Fox News yang membuatnya mendapatkan cemooh di dunia maya. (Foto: Daily Mail)

Hal itu, kata dia, karena dalam situasi sulit pilot harus harus melakukan penerbangan manual. Namun, Kooiman tetap ngotot bahwa masalah pengertian sistem metrik ini bisa menjadi salah satu faktor yang menjadi penyebab beberapa kecelakan pesawat.

Menurutnya, perbedaan penyebutan dan perhitungan ini bisa menjadi masalah yang sangat besar bagi keamanan penerbangan. Tonton cuplikan videonya di bawah ini.

Kengototan dan spekulasi Kooiman ini sendiri langsung dicemooh oleh para pengguna media sosial, khusunya pada penggunan Twitter. Seorang pengguna Twitter bahkan menyebut apa yang diutarakan Kooiman adalah hal yang konyol.

Seorang pengguna menulis, bahwa semua spekulasi media adalah hal konyol, tapi Kooiman melakukan yang lebih buruk. Bahkan seorang jurnalis penerbangan menyebut Kooiman memenangkan penghargaan manusia terbodoh. Berikut adalah kicauan mereka.

Komentar di Twitter atas Spekulasi Anna Kooiman

Kecaman di Twitter atas Spekulasi Anna Kooiman.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: