//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

3 Pendaki yang Hilang di Gunung Slamet Akhirnya Ditemukan Selamat

Tiga pendaki gunung Slamet asal Yogyakarta yang sebelumnya dinyatakan tersesat

Tiga pendaki gunung Slamet asal Yogyakarta yang sebelumnya dinyatakan tersesat. (Twitter @bayeeck)

Tiga pendaki yang merupakan mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta yang hilang beberapa hari yang lalu di Gunung Slamet, Jawa Tengah akhirnya ditemukan dalam kondisi selamat oleh Tim SAR gabungan.

“Iya tadi sudah ditemukan. Kondisinya Alhamdulilah sehat, cuma yang satu agak lumayan parah karena beberapa hari survival, ya kehabisan bahan makanan sekian hari,” kata petugas SAR Purbalingga, Slamet Ardiansah di Purbalingga, Minggu (15/2/2015) sore, seperti diberitakan Detikcom.

“Mereka tadi turun sekitar pukul 15.00 WIB. Mereka tersesat di atas dan tidak menemukan jalur turun,” sambung Slamet yang mewakili tim SAR gabungan yang berasal dari Pos SAR Cilacap, SAR Purbalingga, Ubaloka, SAR DI Yogyakarta, SAR Banyumas, dan UMP Banyumas.

Disebutkannya, saat ditemukan ketiganya sudah berada di atas Dukuh Kaji, Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Purbalingga. “Mereka ditemukan di atas Dukuh Kaji, kondisi mereka sedang turun,” ungkapnya.

Sebelumnya, mereka diduga melakukan pergerakan atau berpindah-pindah, sebab tim SAR juga menemukan ada bekas tenda dan perapian. Bekas tenda dan perapian ini ditemukan di dekat pos 5 dan sudah keluar dari jalur pendakian. Atau sekitar Gunung Malang dengan ketinggian 2.658 meter dari permukaan laut (mdpl).

Menurut informasi ketiga pendaki ditemukan oleh pencari kayu bakar yang berada di sekitar dusun wilayah Gunung Malang. Ketiga pendaki tersebut diketahui yakni Ronald Dicky (20) yang beralamat di Jalan Tambak Bayan 4 Catur Tunggal Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Zanuar Renaldo (19) yang beralamat di Jalan Jendral Soedirman 99 Swadaya Rt 07 No 224 Desa Damai, Kecamatan Balikpapan, dan Airlangga Virgianto (20) yang beralamat di Jalan Niaga 9 Blok 114 Kemang Pratama 1 Bekasi.

Ronald dan Zanuar sudah lulus dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta, sementara dan Airlangga masih kuliah.

Mereka melakukan pendakian sejak hari Sabtu (7/2) melalui Pos Pendakian Bambangan, Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Purbalingga. Pendakian itu dilakukan secara tanpa izin karena gunung tertutup untuk aktivitas pendakian karena statusnya Waspada (Level II). Beberapa hari lalu mereka mengirim SMS ke petugas pos pendakian, menyatakan tersesat.

Diskusi

Satu respons untuk “3 Pendaki yang Hilang di Gunung Slamet Akhirnya Ditemukan Selamat

  1. kadang itu yah resiko yg harus dihadapi ketika mendaki

    Posted by doni | Januari 22, 2019, 4:14 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: