//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

16 WNI yang Hilang di Turki Ditemukan Saat Coba Melintas ke Suriah

Tentara Turki mencegah warga Suriah yang ingin melewati perbatasan

Tentara Turki mencegah warga Suriah yang ingin melewati perbatasan. (Telegraph)

Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Turki menyatakan pihak berwenang negara itu telah menahan 16 WNI dari 3 keluarga yang mencoba melintas menuju Suriah dan bergabung dengan ISIS. Disebutkan juga, adanya rute yang sering digunakan oleh simpatisan ISIS untuk menyeberang dari Turki.

“Keenam belas orang tersebut saat ini tengah ditahan oleh pihak imigrasi di pusat penampungan. Dan kami memiliki informasi bahwa Kedutaan Indonesia di Ankara telah berhubungan dengan orang-orang itu,” ucap juru bicara Tanju Bilgic dalam pernyataannya seperti dilansir Reuters dan Detikcom, Kamis (12/3/2015).

Kedutaan Indonesia di Ankara tidak membuat permintaan formal kepada Kemenlu Turki terkait 16 WNI tersebut. Dalam pernyataannya, juru bicara itu tidak memberikan informasi detail mengenai alasan penahanan tersebut.

Ribuan warga asing dari 80 negara lebih termasuk Inggris, sebagian Eropa, Tiongkok dan Amerika Serikat telah bergabung dengan grup radikal ISIS di Suriah dan Irak. Mereka kebanyakan menyeberang melalui Turki.

Turki sendiri menegaskan bahwa mereka membutuhkan informasi lebih dari agen intelijen asing untuk mencegat simpatisan tersebut. Hal itu merujuk pada 3 gadis asal London yang terbang dari Inggris untuk bergabung dengan ISIS bulan lalu.

Sebelumnya, keluarga Fauzi Umar dan Hafid Umar Babher, dua warga Indonesia asal Solo yang hilang di Turki, menyangkal keterkaitan kedua pria tersebut dengan kelompok ISIS. Ia menyebutkan perjalanan adik-adiknya tersebut untuk tujuan wisata dan bisnis.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: