//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Ini Profil 5 Deputi Staf Kepresidenan yang Baru Dilantik

5. Mayor Jenderal TNI Andogo Wiradi, Deputi V

Mayjen TNI Andogo Wiradi

Mayjen TNI Andogo Wiradi. (lemhanas.go.id)

Mayjen Andogo Wiradi ditunjuk sebagai Deputi V yang menangani bidang analisis data dan informasi strategis. Andogo pernah menjadi Kasdam I Bukit Barisan dan akhirnya dimutasi menjadi tenaga ahli Pengkaji Bidang Geografi Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas).

Pelantikan Andogo ini masih belum dilakukan. Menurut Luhut, masih ada persoalan administrasi yang harus diselesaikan. Namun, Luhut menceritakan bahwa dirinya sudah mengenal Andogo sejak lama. “Ini adalah jenderal yang dari kecil bersama saya di Kopassus dan pernah juga di DOM (Daerah Operasi Militer) di Timor Timur, Aceh, Papua,” ucap dia.

Andogo menuturkan, awalnya Luhut menyerahkan empat nama kepada Presiden. “Pak Jokowi kemudian bilang Pak Andogo saja. Kebetulan saya pernah menjadi Danrem di Solo saat beliau jadi Wali Kota,” ucap Andogo.

Sekadar untuk diketahui, Andogo belum pensiun dan masih aktif sebagai tentara. Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin menilai penempatan perwira TNI aktif sebagai Deputi Presiden merupakan pelanggaran undang-undang. Purnawirawan TNI berpangkat Mayjen ini mengatakan perwira TNI yang bisa menduduki jabatan sipil adalah mereka yang pensiun dari dinas aktif.

Dia menjelaskan, perwira aktif itu hanya berhak menempati posisi di bidang yang sudah diatur dalam Pasal 47 ayat 2. Adapun bidang tersebut adalah politik dan keamanan, pertahanan negara, sekretaris militer (termasuk ajudan), Intelijen negara (BIN, BNPT), Lembaga Sandi Negara, Lemhannas, Wantanas, Badan SAR nasional, BNN dan MA .

Halaman Sebelumnya

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: