Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

5 Pimpinan KPK Jaminkan Diri untuk Tangguhkan Penahanan Novel Baswedan

5 Pimpinan KPK gelar konferensi pers

5 Pimpinan KPK gelar konferensi pers. (Foto: Viva.co.id)

Untuk menangguhkan penahanan Novel Baswedan,ima pimpinan KPK menjaminkan diri dan menyurati Bareskrim Polri agar tak menahan penyidik KPK itu.

“Surat itu (penjamin) sudah dibuat atas nama lima pimpinan tadi pagi, tapi belum disampaikan ke sana,” kata Wakil Ketua KPK Johan Budi dalam konferensi pers di Kantor KPK, Jl HR Rasuna Said, Jakarta, Jumat (1/5/2015).

“Kami punya pertimbangan sebelum menjamin itu, itu kan peristiwanya 11 tahun lalu dan Novel juga sudah lama di KPK. Lalu kami berkeyakinan dengan menjaminkan ini Novel tidak akan lari. Oleh karena itu kami lima pimpinan KPK menjaminkan diri penangguhan penahanan,” kata Wakil Ketua KPK Johan Budi, dalam konferensi pers di Kantor KPK, Jl HR Rasuna Said, Jakarta, Jumat (1/5/2015).

Pimpinan KPK yakin Bareskrim Polri akan menjaga sinergi yang baik dengan KPK. “Saya masih berkeyakinan Kabareskrim memperhatikan kepentingan yang lebih besar. KPK-Polri saat ini masih dalam kondisi hubungan yang baik,” kata Johan yang didampingi Indriyanto Senoadji.

Johan berharap penyidik Bareskrim Polri memberikan ruang bagi pimpinan KPK untuk menjaminkan diri sehingga Novel Baswedan tidak ditahan. “Kalau memang lima pimpinan KPK sudah menjaminkan diri dan kalau itu diacuhkan itu dikembalikan ke masing-masing pimpinan,” kata Johan.

Novel Baswedan ditangkap tengah malam tadi di rumahnya di Kelapa Gading. Penangkapan itu terkait kasus lama yang dituduhkan kepadanya yakni kasus penganiayaan pencuri sarang burung walet di Bengkulu tahun 2004 lalu saat dia menjadi Kasatreskrim Polres Bengkulu.

Kasus ini mencuat kembali ketika Polri berseteru dengan KPK pada 2012 dan Novel menjadi penyidik KPK. Sempat dihentikan penyidikannya atas ‘perintah’ Presiden SBY, kasus ini kembali hidup di era Presiden Jokowi. Polri berdalih, pihaknya harus mengusut kasus Novel karena tahun depan kasus itu sudah kedaluwarsa.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: