//
Anda membaca...
Olahraga

Profil dan Biodata Jonatan Christie, Pebulutangkis Muda Indonesia

Jonatan Christie, Pebulutangkis muda andalan Indonesia

Jonatan Christie, Pebulutangkis muda andalan Indonesia. (Foto: Instagram/jonatanchristieofficial)

Jonatan Christie kini menjadi magnet baru di dunia bulu tangkis Indonesia. Prestasi pria yang masih berusia 17 tahun ini memang paling tinggi di antara pemain yunior lainnya seperti hsan Maulana Mustofa (20 tahun), Anthony Sinisuka Ginting dan Firman Abdul Kholik (18 tahun).

Memang pemain senior seperti Sony Dwi Kuncoro, Dionysius Hayom Rumbaka, Simon Santoso dan Tommy Sugiarto masih aktif bermain. Dari segi peringkat (11 dunia) dan usia, tentu hanya Tommy yang diandalkan untuk saat ini. Sony sudah melewati masa jayanya, sementara Hayom tak kunjung matang setelah bergabung di pelatnas.

Jonatan atau Jo memenuhi kriteria untuk menjadi pemain harapan tersebut. Berpostur tinggi dengan penampilan good-looking, kini prestasinya termasuk sangat baik untuk seumuran dia. Setelah berlalunya era Taufik Hidayat, pemuda yang mengidolakan Lin Dan dan Taufik Hidayat ini seolah menjadi harapan baru untuk Indonesia di sektor tunggal putra.

Meskipun masih berusia muda, namun Jonatan sudah dipercaya untuk memperkuat tim Piala Sudirman 2015. Kini keberhasilannya menembus babak perempat final BCA Indonesia Open 2015 bersama Anthony Ginting membuat namanya kian bersinar.

Siapakah Jonatan Cristie? Berikut ulasan mengenai sosok pemuda yang pernah berperan sebagai Arya dalam film King, yang diperoleh dari berbagai sumber.

Awal Kehidupan dan Karir

Jonatan lahir pada tanggal 15 September 1987 dari pasangan Andreas Adi Siswa dan Marlanti Djaja. Sebenarnya sejak kecil Jo, sapaan akrabnya sangat menyukai olah raga renang tetapi ayahnya menginginkannya mencoba bermain bulu tangkis dan akhirnya ia menyukainya.

Sejak itulah, sang bapak, Andreas mendukung Jo untuk menekuni olahraga tepak bulu tersebut dan berlatih di klub Taurus, hingga meraih juara pada sejumlah turnamen. Sejak duduk di bangku kelas 3 Santa Antonius Jakarta Timur, ia sudah menjadi kampium pada kejuaraan cabang (kejurcab) Jakarta Timur.

Andreas melihat Jo memiliki potensi besar menjadi atlet masa depan sehingga memberikan program latihan rutin yang didukung dengan pola makanan yang bergizi untuk menunjang pertumbuhan postur tubuhnya. Alhasil, meski masih duduk di kelas 6 SD, namun Jo sudah memiliki tinggi badan hingga 166 sentimeter dan berat mencapai 60 kilogram.

Saat itu ia mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional dengan meraih dua emas dan satu perak pada cabang bulutangkis olimpiade pelajar sekolah dasar se-Asia Tenggara di Jakarta pada tahun 2008.

Atas keberhasilan tersebut, Jo mendapatkan penyematan penghargaan Satya Lencana sebagai anak bangsa yang berhasil menorehkan berprestasi pada bidang olahraga. Jo juga meraih lima gelar juara pada berbagai kejuaraan bulutangkis usia dini selama 2008, yakni juara I kejuaraan daerah (kejurda) DKI Jakarta, juara I kejuaraan usia dini BM-77, juara I kejuaraan Astec, juara I, juara I Olimpiade Olahraga dan Siswa Nasional (O2SN) dan juara I pada nomor tunggal putra anak pada kejuaraan “Tetra Pak Open Milk Cup” 2008.

Ia kemudian bergabung dengan klub Tangkas Jakarta dan memperoleh dana mengikuti pertandingan bulutangkis baik turnamen yang sudah diagenda secara rutin Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) maupun sponsor atau swasta.

Jo memang bercita-cita menjadi seperti legenda bulu tangkis Rudi Hartono. Agar meraih harapannya tersebut, Jo berlatih keras mulai pukul 05.30 WIB hingga 06.30 WIB dan dilanjutkan latihan rutin di klub Tangkas sejak pukul 17.00 WIB ditambah pengaturan pola makanan yang bergizi.

Prestasi terus diukirnya. Ia menjadi juara I Kejuaraan Yunior Asia U-15 (di bawah usia 15) di Ichiba, Jepang 2010; runner-up Djarum Sirkuit Nasional Bali Open 2012; juara ASEAN School 2013; serta juara I di Indonesia International Challenge (IIC), Juli 2013 lalu.

Sementara di segi peringkat, Jonatan juga mencatat prestasi spekatakuler. Masih menempati peringkat 628 yunior pada Mei 2013, ia langsung melonjak ke peringkat 51 pada Juli 2013. Sempat melorot ke posisi 76 pada September, Jo langsung meroket ke posisi 2 pada Januari 2014. Kini ia berada di posisi 4 untuk Yunior dan 53 untuk level senior.

Dengan lonjakan prestasinya ini, tak ayal bila Jonatan lolos masuk Pelatnas Cipayung dan bergabung dengan para pemain nasional Indonesia. Mundurnya Tommy Sugiarto dan Simon Santoso dari pelatnas, membuat Jo dipercaya menjadi tunggal pertama tim Indonesia untuk Piala Sudirman 2015.

Bersama Anthony Ginting, keduanya kini menjadi dua tunggal putra harapan Indonesia di BCA Indonesia Open 2015 karena secara mengejutkan melaju ke perempatfinal dengan mengalahkan unggulan dengan peringkat jauh di atas mereka. Semoga keduanya mampu membangkitkan kejayaan Indonesia di tunggal putra. Jonatan sendiri menargetkan meraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020.

Biodata Lengkap

Nama Lengkap   : Jonathan Christie
Lahir          : 15 Desember 1997
Nama Ayah      : Andreas Adi Siswa
Nama Ibu       : Marlanti Djaja
Agama : Kristen
Hobby         : Renang, Musik, Film
Klub           : Tangkas Jakarta
Idola          : Taufik Hidayat. Lin Dan
Akun Sosial Media : Twitter @jonatan979, Instagram @jonatanchristieofficial
Penghargaan    : Satya Lencana Wirakarya
Prestasi       :

1. Dua emas (tunggal putra, ganda campuran) dan satu perak (ganda putra) di Kejuaraan Bulutangkis Pelajar Asean tingkat SD di Jakarta (2008)
2. Juara 1 Kejuaraan ASTEC (2008)
3. Runner Up Djarum Sirkuit Nasional Bali Open
4. Juara Yunior Asia U-15 di Ichiba, Jepang (2010)
5. Runner-up Djarum Sirkuit Nasional Bali Open 2012
6. Juara ASEAN School 2013
7. Juara I di Indonesia International Challenge (IIC), Juli 2013
8. Juara Swiss International 2014
9. Juara II Astec Indonesia International Challenge 2014

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: