Iklan
//
Anda membaca...
Fauna

Merlin Bird Photo ID, Situs yang Bisa Mengenali Burung dari Foto

Tampilan Merlin Bird Photo ID, situs pengenal foto burung

Tampilan Merlin Bird Photo ID, situs pengenal foto burung

Jika anda mencintai dunia fotografi alam bebas dan memotret seekor burung dan tak tahu jenis atau mengenai hewan tersebut, kini ada sebuah situs yang dapat membantu anda mengenali burung tersebut.

Ya, kini Merlin Bird Photo ID, yang bisa mengenali spesies burung hanya dari foto yang diunggah penggunanya. Situs ini dibuat atas kolaborasi antara Cornell dan Visipedia Project, yang saat ini bisa mengenali sekitar 400 jenis burung yang berhabitat di Amerika Serikat dan Kanada.

Pembuat situs ini mengklaim bahwa layanan buatannya ini punya tingkat akurasi yang tinggi dalam mengenali spesies burung, yaitu sekitar 90%. Dan keakuratan pengenalan itu akan terus meningkat dengan semakin banyak orang yang menggunakan layanan ini.

Itu karena dalam proses pengenalannya juga dibantu oleh pengguna situs ini. Setelah mengunggah foto, si pengguna juga turut andil dalam proses pengenalan, yaitu dengan menandai beberapa bagian dari burung, seperti paruh, mata dan ekor.

Lalu arficial intelligence (AI) situs ini baru bisa melakukan pengenalan terhadap spesies burung. Proses tersebut diklaim bisa terjadi dalam hitungan detik saja, seperti dilansir Petapixel, Senin (8/6/2015).

Tim pembuatnya tak akan berhenti sampai di sini. Setelah sistemnya sudah berjalan dengan baik, mereka juga telah membuat layanan sejenis dalam bentuk aplikasi android dan iOS untuk smartphone ataupun tablet. Silahkan download di merlin.allaboutbirds.org/download.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: