//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Siapa Dylann Roof, Pelaku Penembakan Jemaat Gereja di Charleston, AS?

Dylann Roof, pelaku penembakan jemaat gereja di Charleston, South Carolina, AS

Dylann Roof, pelaku penembakan jemaat gereja di Charleston, South Carolina, AS. (Foto: thedailybeast.com)

Dylann Roof (21), pelaku penembakan 9 jemaat gereja Emanuel AME di Charleston, South Carolina, Amerika Serika akhirnya ditangkap pihak kepolisian setempat di kawasan Shelby, North Carolina tak lama setelah pihak berwenang melansir identitas dan nama dirinya

Dylann Roof teridentifikasi berkat informasi dari salah seorang anggota keluarga. Hal itu dikuatkan dari informasi yang mengatakan bahwa sesaat sebelum insiden penembakan terjadi, ayah Roof baru saja membelikan pemuda 21 tahun tersebut sebuah senjata api kaliber 45 sebagai hadiah ulang tahun.

Dylann Roof saat terekam CCTV masuk ke dalam gereja Emanuel AME di Charleston, South Carolina, AS

Dylann Roof saat terekam CCTV masuk ke dalam gereja Emanuel AME di Charleston, South Carolina, AS. (Daily Mail)

Siapakah sebenarnya sosok Dylann Roof dan apa motifnya melakukan perbuatan sadis tersebut? Dilansir dari thedailybeast.com, Roof sebelumnya pernah ditahan pada 26 April yang lalu karena melanggar aturan masuk tanpa izin. Pada 3 Maret 2015, ia juga ditahan karena kepemilikan narkoba.

Sang paman, Carson Cowles sebelumnya menyatakan bahwa foto yang dirilis polisi itu merupakan keponakannya. Ia menyatakan Roof seorang pria yang pendiam dan hanya berbicara seperlunya. “ Tak seorang pun di keluarga kami menyangka peristiwa mengerikan ini akan terjadi,” kata Cowles. “Dia harus bertanggung jawab atas perbuatannya ini.”

Beberapa tahun yang lalu, pamannya pernah memberitahukan ibu Roof bahwa putranya terlalu bersifat introvert. “Saat itu ia berusia 19 tahun. Ia tak punya pekerjaan dan SIM. Dia hanya berdiam diri di kamarnya sepanjang hari, “ ujar Cowles.

Dylann Roof mengenakan jaket dengan simbol rasis Apartheid di Afrika Selatan

Dylann Roof mengenakan jaket dengan simbol rasis Apartheid di Afrika Selatan. (Foto: Facebook)

Kini di sosial media juga beredar foto Roof dengan menggunakan jaket menggunakan simbol apartheid yang dulu digunakan di Afrika Selatan dan Rhodesia (kini bernama Zimbabwe) sehingga memunculkan dirinya seorang rasis.

Bendera Afrika Selatan pada era apartheid ((1928–1994)

Bendera Afrika Selatan pada era apartheid ((1928–1994). (Wikipedia)

Di foto lain juga terlihat dirinya sedang duduk di atas mobil dengan nomor pelat LGF 330 dan bendera konfederasi.

Dylann Roof duduk di depan mobil Hyundai dengan pelat berlambang bendera konfederasi

Dylann Roof duduk di depan mobil Hyundai dengan pelat berlambang bendera konfederasi. (Daily Mail)

John Mullins, teman SMA Roof di White Knoll High School in Lexington, South Carolina menyatakan bahwa Roof merupakan seorang pria yang “liar” dan sering menggunakan narkoba yang lebih keras dari ganja seperti Xanax. Mullins mengatakan siswa di SMA campuran kulit putih dan hitam serta banyak siswa yang membentuk gang namun karena Roof seorang pemalu, ia tidak bergabung dengan gang mana pun.

Roof memang diketahui tidak pernah menyatakan pernyataan rasis sebelumnya namun Mullins menganggap Roof mempunyai pemikiran konservatif yang kuat terutama kebanggaan Selatan seperti yang terjadi pada Perang Saudara di AS pada periode tahun 1861-1865 yang lalu. “Dia sering melontarkan lelucon rasis namun kami tak menganggapnya serius.”

Pada Rabu (17/6/2015) waktu setempat, Dylann Roof memasuki gereja di Charleston, South Carolina, Amerika Serikat. Awalnya ia bergabung dengan kelompok jemaat yang sedang melakukan ibadah. Menurut saksi mata yang selamat, satu jam kemudian dia menembak ke arah jemaat sebanyak 5 kali sehingga membunuh 3 wanita dan 6 pria termasuk Pendeta Clementa Pinckney yang juga dikenal sebagai senator negara bagian South Carolina.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: