//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Sertifikat Rumah Rian Hilang, Polisi Akan Periksa Mantan Suami

Almarhum Hayriantira (Rian) yang tewas dibunuh Andy Wahyudi

Almarhum Hayriantira (Rian) yang tewas dibunuh Andy Wahyudi. (Foto: Twitter)

Pihak kepolisian akan memeriksa Dian Wijayana, mantan suami Hayriantira alias Rian, eks sekretaris Presidir XL terkait sertifikat rumah milik Rian yang sekarang ada di tangannya. Hal ini didasarkan pada pengakuan ibunda Rian, Rukmila (62).

Tapi Kasat Reskrim Polres Garut, Ajun Komisaris Esti Prasetyo, membantah soal itu. “Saat diperiksa, Ibu Rukmila bilang ke kami bahwa sertifikat rumah itu terakhir memang ada di Rian dan selalu dibawa Rian kemana-mana. Tapi kami tak bilang bahwa sertifikat rumah itu ada di suaminya,” ucap Esti, dilansir dari Warta Kota, Kamis (20/8/2015).

Namun kini sertifikat rumah itu tak diketahui keberadaannya usai Rian meninggal. Makanya, ucap Esti, pihaknya akan meminta keterangan mantan suami Rian terkait sertifikat rumah tersebut.

“Akan kami panggil nanti mantan suaminya. Akan kami gelar perkara dulu dengan Pak Kapolres, baru kami lakukan pemanggilan,” ujar Esti.

Sementara itu, kata Esti, tersangka Andi Wahyudi (38)—pembunuh Rian–memberi pengakuan ke Polisi bahwa dirinya tak tahu menahu soal sertifikat rumah tersebut. Andi, kata Esti, saat membuang pakaian dan barang-barang milikRian ke Halte di Terminal Guntur mengaku sama sekali tak melihat ada sertifikat rumah di tas Rian.

Usai membunuh Rian, Andi memang membuang seluruh barang milik Rian yang dibawa ke Garut,Jawa Barat. Menurut Esti, keberadaan sertifikat rumah itu memang penting untuk ditelusuri. Sebab antara Rian dan suaminya memang bermasalah soal hal itu sebelum bercerai.

Apalagi diketahui bahwa sertifikat itu dibuat atas nama Dian (mantan suami Rian). Namun kemudian dikuasai Rian dan selalu dibawa kemana-mana oleh Rian karena bermasalah dengan suaminya.

Rumah itu sendiri berada di Kompleks Hankam, Jalan Kucica, Blok E, No 13, RT 04/05, Kelurahan Palsi Gunung, Kecamatan Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Rumah itu berada satu blok dengan rumah orangtua mantan suami Rian.

Sementara itu, Kriminolog Universitas Indonesia (UI), Eko Haryanto, menyebut mantan suami Rian memang punya motif dalam pembunuhan Rian. Terutama terkait sertifikat rumah.

Makanya Eko tak menyalahkan ketika Ibunda Rian berdasarkan informasi dari Polisi menyebut sertifikat rumah yang sebelumnya selalu dibawa Rian kini ada di tangan mantan suaminya, Dian. Walaupun kemudian dibantah Polisi bahwa Polisi menyampaikan informasi itu ke Rukmila.

“Dalam sebuah kasus pembunuhan, kecurigaan seperti ini normal,” kata Eko. Apalagi keberadaan sertifikat rumah itu memang tak jelas sampai saat ini. Eko mengaku paham maksud Rukmila menyebut itu. Itu adalah bentuk kecurigaan Rukmila bahwa mantan suaminya terlibat dalampembunuhan Rian.

Lalu menurut Eko, mantan suami Rian memang punya motif dalampembunuhan Rian. “Polisi harus mencurigai kesana,” kata Eko. Apalagi diketahui bahwa soal sertifikat rumah itu memang jadi masalah antara Rian dan suaminya yang sudah bercerai.

“Harus ditelusuri dan dicari tahu dulu. Nanti jadi akan ketahuan apakah itu benar atau tidak (sertifikat rumah ada di tangan mantan suami Rian),” ucap Eko.

Namun, kata Eko, amat mudah mengelak dari tuduhan itu. Apabila memang kini sertifikat rumah dikuasai suaminya, dengan mudah suaminya bisa menyebut Rian memberikan itu sebelum Dia pergi ke Garut, Jawa Barat. “Tak ada saksinya soalnya ini,” kata Eko.

Lebih mudah lagi untuk mengelak apabila memang sertifikat rumah itu tak ada di tangan mantan suaminya itu. Eko mengatakan, keberadaan sertifikat rumah itu memang ‘bola panas’ yang bisa saja membuktikan ada persekongkolan dalam kasus pembunuhan Rian.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: